Cara Mengobati Penyakit Kucing Karena Menelan Rambut  

By On Sunday, January 8th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Mengobati Penyakit Kucing Karena Menelan Rambut -Memiliki hewan peliharan merupakan hal yang menyenangkan dan dapat menghilangkan penat bagi sebagian orang yang menggemarinya. Salah satu hewan peliharaan yang banyak dipelihara yaitu kucing.

Memelihara kucing sebagai hewan peliharaan berarti anda juga harus menjaga kesehatan hewan peliharaan anda agar tidak gampang terkena penyakit.

Ada beberapa penyakit yang dapat menyerang kucing salah satunya yaitu penyakit pencernaan karena tersembutnya saluran pencernaan oleh rambut yang tertelan oleh kucing.

Baca Juga : Cara mengobati sakit mata pada kucing persia dan angora

Menelan rambut yang mana kebanyakan bersumber dari bulu kucing itu sendiri merupakan hal yang sering terjadi pada kucing.

Kucing biasanya akan memuntahkan sendiri rambut tersebut namun ada juga kucing yang tidak dapat memuntahkannya dan rambut yang tertelan tersebut dapat mengganggu pencernaan kucing itu sendiri.

Jika volume rambut yang ditelan sedikit maka tidak akan menggangu pencernaan kucing dan rambut tersebut dapat keluar dalam bentuk fases kucing.

Tetapi jika volume rambut terlalu banyak yang akhirnya akan menggumpal di dalam perut kucing dalam waktu yang lama dan sulit untuk dicerna sehingga mengakibatkan tersumbatnya usus kucing atau saluran pencernaan kucing yang dapat akan mengganggu pencernaan dari kucing itu sendiri.

Gejala yang dapat kita ketahui apabila kucing menelan rambut yang dapat mengganggu pencernaan kucing yaitu sebagai berikut ini:

  1. Kucing mengalami depresi biasanya terlihat dari gerak-gerik kucing yang resah.
  2. Kucing kehilangan nafsu makannya secara drastis.
  3. Memuntahkan rambut berupa gumpalan secara terus menerus.
  4. Lemas dan kurangnya aktivitas yang dilakukan kucing seperti di hari-hari biasanya.

Jika anda menemukan gejala-gejala seperti yang telah disebutkan diatas maka dapat diduga kucing sedang mengalami gangguan pencernaan karena menggumpalkan rambut yang tertelan oleh kucing. Jika hal ini terjadi janganlah panik.

Lalu bagaimanakah solusi apabila terjadi kucing peliharaan anda tidak sengaja menelan rambut? Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengobati penyakit kucing karena menelan rambut yang dapat anda lakukan sendiri di rumah:

  1. Berikan akar kucing atau akar anting –anting jika kucing tersedak rambut. Akar kucing dapat menambah serat agar pencernaan kucing tidak terhambat karena rambut atau biasa disebut hairball.
  2. Jika anda kesulitan untuk menemukan akar kucing, anda bias memberikan serat khusus untuk kucing yang dapat membantu rambut atau hairball yg mengganggu pencernaan pada kucing yang dapat anda beli di petshop.
  3. Jika yang ingin praktis anda bisa memberikan margarin pada makanan kucing untuk membantu agar hairball dapat tercerna oleh pencernaan kucing sehingga tidak mengganggu pencernaan kucing.

Anda juga bisa mencegah agar kucing tidak menelan rambut yang dapat menggangu pencernaan kucing yaitu dengan cara berikut :

  1. Berikan kucing shampoo khusus kucing untuk menjaga agar bulu kucing tidak mudah rontok. Bulu kucing yang rontok dapat menyebabkan kucing menelan bulunya sendiri ketika kucing sedang menjilati bulu-bulunya.
  2. Sisir bulu kucing secara berkala untuk mencegah bulu kucing termakan saat kucing menjilati bulu-bulunya. Selain itu, menyisir bulu kucing juga berguna untuk menjaga kesehatan kucing agar tidak gampang terkena penyakit.
  3. Berikan makanan yang mengandung minyak yang baik untuk kucing dan probiotik untuk kebaikan lambung kucing.

Jika cara-cara yang telah disebutkan diatas tidak ampuh, maka segeralah bawa kucing anda ke klinik hewan terdekat agar kucing anda dapat diperiksa dan dirotgen untuk dapat diberikan solusi yang tepat agar pencernaan kucing berfungsi normal kembali.

Baca Juga : Cara Mengobati dan Mengatasi Kucing Mencret/Diare

Cara Mengobati Penyakit Kucing Karena Menelan Rambut   | ilmuhewan | 4.5