Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Mengobati Kutil Pada Sapi dan Kambing

By On Thursday, April 13th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Cara Mengobati Kutil Pada Sapi dan Kambing – Pernahkah kalian makan daging sapi atau kambing?

Apakah rasanya enak dan lezat? Jika memang kalian penikmat makanan dari olahan daging sapi atau kambing, pernahkah kalian berpikir bagaimana keadaan sapi atau kambing itu saat masih hidup?

Apakah tubuhnya bersih?

Apakah tidak berkutil?

Terkadang sapi dan kambing memiliki kutil di tubuh mereka.

Baca Juga : Cara Mengatasi Penyakit Cascado Pada Sapi Karena Infeksi Cacing

Lantas mengapa sapi atau kambing tersebut bisa memiliki kutil di tubuhnya? Berikut penjelasan mengenai kutil pada tubuh sapi dan kambing:

Penyebab Kutil pada Sapi dan Kambing

Kutil biasanya kita jumpai pada tubuh manusia yang kurang memperhatikan kebersihan tubuhnya. Namun, bukan berarti hewan tidak bisa terkena penyakit ini.

Hewan yang biasa terkena penyakit ini rata – rata berasal dari hewan ternak seperti sapi, kambing, kuda, babi, domba, kelinci, dll.

Penyakit ini memang sering sekali kita lihat pada tubuh hewan ternak. Kutil (Cutaneous papillomatosis) sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh Bovine papillomavirus (BVP) yang merasuk ke pori – pori kulit mahluk hidup. Virus ini memiliki tiga type, yaitu:

  • BPV – 1
  • BPV – 2
  • BPV – 5

Virus – virus tersebut termasuk kedalam famili Papovaviridae. Biasanya virus ini akan membentuk sebuah benjolan pada tubuh yang terlihat seperti kembang kol dengan warna keabu – abuan. Kita akan menemukan penyakit ini pada bagian leher maupun punggung dari hewan ternak.

Kerugian yang didapat

Karena ini adalah sebuah penyakit, pasti ini akan memberikan kerugian pada peternak yang hewannya mengalami penyakit ini. Lalu apa saja kerugian yang akan dialami akibat penyakit ini? Akibatnya sebagai berikut:

  • Pertumbuhan hewan ternak yang tidak maksimal.
  • Menurunnya harga jual hewan ternak yang terkena kutil.
  • Menurunnya daya tahan tubuh hewan ternak.

Gejala yang Harus Diperhatikan

Setiap penyakit pasti memiliki tanda yang dapat memperingatkan kita untuk mencegah datangnya penyakit tersebut. Lalu bagaimana cara kita mengetahui gejala – gejala yang timbul pada hewan ternak kita?

Berikut beberapa gejala yang terjadi pada hewan ternak yang akan terkena kutil:

  • Hewan ternak yang sering terlihat letih.
  • Tubuh hewan ternak yang agak kurus.
  • Mudahnya hewan ternak terkena penyakit.
  • Rasa sakit yang dirasakan ternak (menimbulkan agresifitas atau berisik).
  • Permukaan kulit yang menjadi kasar.

Cara Mengobati Penyakit Kutil pada Ternak

Penyakit ini memerlukan penanganan yang serius secara medis. Namun ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menangani penyakit ini:

  1. Melakukan karantina atau mengisolasi hewan yang terkena penyakit kutil agar hewan yang lain tidak tertular penyakit tersebut.
  2. Membuat autovaksin yang dapat diinjeksikan secara subcutaneous ke daerah yang ditumbuhi oleh kutil tersebut.
  3. Ini adalah cara terakhir yang bisa dilakukan, yaitu melakukan pembedahan dengan mengikat bagian dasar kutil menggunakan benang jahit. Cara ini harus memperhatikan tipe, ukuran, dan lokasi tumbuhnya kutil.

Jika cara – cara diatas telah dilakukan, kita dapat melihat hasil dari pengobatan tersebut dalam kurun waktu 2 – 3 minggu lamanya. Dan kutil akan menghilang secara penuh dalam kurun waktu 5 – 6 minggu.

Setelah itu, hewan ternak anda dapat sembuh dan kembali normal. Karena sudah sembuh, jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan kandang hewan ternak. Jangan lupa pula untuk selalu memperhatikan pakan dan kebersihan hewan ternak itu sendiri.

Terimakasih telah membaca artikel yang telah saya buat. Saya harap artikel ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca yang mau meluangkan waktu untuk membacanya.

Baca Juga : Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Jembrana Pada Sapi Bali

Loading...
Cara Mengobati Kutil Pada Sapi dan Kambing | ilmuhewan | 4.5