Cara Mengobati Kura-kura yang Terserang Penyakit Jamur

By On Sunday, May 21st, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Cara Mengobati Kura-kura yang Terserang Penyakit Jamur – Kura-kura merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara.

Seperti halnya makhluk hidup lainnya, kura-kura juga dapat terserang penyakit. Salah satu penyakit yang sering menyerang kura-kura adalah jamur.

Penyakit ini membuat seluruh tubuh kura-kura dipenuhi jamur dan membuat kura-kura menjadi malas makan. Kura-kura yang dapat mengalami penyakit ini adalah jenis kura-kura yang hidup di air atau kura-kura akuatik.

Baca Juga : Ciri dan Karakteristik Kura-kura Air Tawar

Jamur yang menyerang kura-kura diakibatkan oleh lingkungan yang lembab dan basah, karena lingkungan tersebut merupakan media yang tepat untuk jamur berkembang.

Tanda-tanda yang terlihat jika kura-kura terserang jamur yaitu munculnya bintik-bintik putih di tubuh kura-kura. Selain itu, jamur pada kura-kura terkadang menyerupai lumut (rambut) dan lendir.

Apabila penyakit jamur pada kura-kura ini dibiarkan maka akan tercium bau busuk pada tubuh kura-kura bahkan penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada kura-kura.

Oleh karena itu, jika terlihat bercak-bercak putih pada tubuh kura-kura sebaiknya langsung segera diobati. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengobati kura-kura yang terserang penyakit jamur.

  • Mengganti Air

Apabila kura-kura terserang jamur, langkah awal yang dilakukan adalah mengganti air yang ada di akuarium kura-kura dengan air bersih.

Selain itu, bersihkan pula akuarium tersebut dari sisa-sisa makanan dan kotoran. Untuk membersihkan jamur yang terdapat pada kura-kura, jangan membersihkannya dengan menggosok tempurung maupun bagian tubuh lainnya yang terkena jamur menggunakan spons atau sikat halus.

Sedangkan untuk membersihkan lendir yang terdapat pada tubuh kura-kura dapat dilakukan dengan mencampurkan garam ikan ke dalam air. Untuk 1 liter air, garam ikan yang digunakan sekitar 10 gram. Air yang telah dicampurkan dengan garam ikan tersebut digunkan untuk merendam kura-kura selama 20 hingga 30 menit setiap harinya.

  • Menjemur Kura-kura

Setelah direndam di dalam air yang telah dicampur garam, langkah selanjutnya yaitu jemur kura-kura secara rutin di bawah sinar matahari pagi. Jemur kura-kura setiap pagi hingga kura-kura tersebut bebas dari jamur.

  • Memberikan Garam Ikan di Akuarium

Selain digunakan untuk merendam kura-kura yang terserang jamur setiap paginya, garam ikan tersebut juga dapat dimasukkan ke dalam akuarium dengan dosis yang lebih sedikit untuk mengatasi jamur yang menyerang kura-kura.

Penyakit jamur yang menyerang kura-kura juga dapat diatasi dengan memberikan obat biru pada air akuarium.

Obat biru ini dapat ditemukan di berbagai toko ikan. Berikan obat biru tersebut selama 2 hingga 3 hari sampai jamur yang terdapat pada tubuh kura-kura hilang.

  • Menggunakan Salep

Untuk mengobati penyakit jamur yang menyerang kura-kura, Anda juga dapat memberikan salep dengan dosis yang sesuai untuk kura-kura yang terserang jamur.

Itulah beberapa cara atau langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengobati jamur yang menyerang kura-kura kesayangan Anda.

Selain penyakit jamur, beberapa penyakit yang dapat menyerang kura-kura di antaranya flu, mencret, dan pyramiding. Penyakit flu disebabkan oleh suhu kandang yang terlalu dingin dan kura-kura tersebut jarang dijemur di bawah sinar matahari. Penyakit mencret disebabkan oleh pakan yang tidak cocok.

Sedangkan penyebab penyakit pyramiding adalah pemberian protein yang terlalu tinggi. Namun yang perlu Anda perhatikan agar kura-kura tidak mudah terserang penyakit yaitu rutin menjemur kura-kura di bawah sinar matahari pagi dan selalu menjaga kebersihan lingkungan akuarium.

Pastikan tidak ada sisa makanan dan kotoran yang mengendap di dalam akuarium sehingga membuat air akuarium menjadi kotor.

Baca Juga : Daftar Harga Kura-kura Air Tawar untuk Hewan Peliharaan

Loading...
Cara Mengobati Kura-kura yang Terserang Penyakit Jamur | ilmuhewan | 4.5