Cara Mengobati dan Mengatasi Kucing Tidak Nafsu Makan

By On Wednesday, February 22nd, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Cara Mengobati dan Mengatasi Kucing Tidak Nafsu Makan – Sungguh sedih rasanya ketika si kucing kesayangan tiba tiba menjadi tidak nafsu makan.

Padahal, biasanya ia begitu lahap dan menghabiskan semua makanan di atas mangkoknya. Jika sudah tidak nafsu makan, pasti terjadi masalah dalam sistem pencernaan maupun terdapat gangguan kesehatan.

Jika tidak segera ditangani, maka kucing yang kehilangan nafsu makan akan terlihat lesu dan lemah, bahkan pada kasus yang serius dan tidak tertangani bisa menyebabkan penurunan kesehatan drastis hingga kematian.

Baca Juga : Cara Mudah Dalam Melatih Kucing Siam

Inilah penyebab kucing tidak nafsu makan

Bosan dengan makanan

Kucing yang dipelihara sejak kecil di rumah, kemungkinan sudah kehilangan insting untuk berburu. Sehingga ia mengandalkan makanan yang diberikan majikan. Kucing juga bisa bosan atau jenuh dengan makanan yang sama dari hari ke hari.

Ada infeksi pada mulut

Coba periksa kenapa kucing tidak nafsu makan. Apakah ada masalah dengan mulutnya? Karena kucing juga bisa terkena masalah mulut seperti sariawan, sakit gusi, gusi membengkak, gigi lepas dan sebagainya.

Gangguan pencernaan

Kucing mungkin merasa tidak nyaman di bagian sistem pencernaan sehingga tidak nafsu makan. Coba periksa apakah feses kucing berbentuk cairan atau tidak normal sebagai indikasi jika terdapat masalah pada pencernaan kucing.

Terdapat benda asing

Bisa saja, kucing menelan benda asing sehingga membuat tubuhnya tidak nyaman. Mainan kecil. Atau mungkin bulu-bulu bisa menyumbat pencernaan sehingga ia kurang nafsu makan.

Cara Mengobati Dan Mengatasi Kucing Tidak Nafsu Makan

Ganti makanan dan bervariasi

Makanan kucing yang kering atau biskuit terkadang baunya menyengat. Variasikan makanan kucing dengan yang basah atau diganti-ganti setiap hari agar kucing tidak bosan.

Berikan vitamin

Agar merangsang nafsu makan kucing bertambah, berikan vitamin atau suplemen penambah nafsu makan. Sudah banyak dijual vitamin suplemen untuk hewan khususnya vitamin B kompleks berbentuk sirup atau asam amino lysine.

Tube Feeding

Kucing yang tidak nafsu makan atau bahkan tidak mau makan sama sekali bisa berakibat fatal jika tidak tertangani. Tube feeding adalah alat bantu berupa selang yang dimasukkan ke dalam perut kucing untuk memasukkan makanan. Dokter hewan akan membantu memasang alat ini.

Merangsang Nafsu Makan

Merangsang nafsu makan kucing bisa dilakukan dengan cara memberikan aroma makanan yang merangsang nafsu makan. Misalnya menambahkan makanan basah dari kalengan bermerek yang mudah dibeli di toko hewan terdekat.

Atau olesi makanan basah ke dalam mulutnya. Bau daging juga bisa meningkatkan makan kucing yang suka pilih pilih makanan.

Coba menyuapi kucing

Jalan terakhir dalam cara mengobati dan mengatasi kucing tidak nafsu makan adalah mencoba menyuapi kucing kesayangan. Suapan ini bisa melalui sendok, tangan langsung atau suntikan (tanpa jarum).

Makanan kucing pertama dihaluskan dan diencerkan, kemudian, disuapkan sedikit demi sedikit. Tunggu hingga kucing mengunyah dengan baik dan habis.

Baru kemudian menyuapinya lagi secara perlahan. Perhatikan dosis atau porsi makanan yang akan disuapkan. Tidak perlu terlalu banyak yang penting ada makanan yang masuk ke dalam perut si kucing. Agar perut kucing kesayangan tidak kosong.

Makan sedikit tapi sering

Jika nafsu makan kucing kesayangan berkurang atau tidak nafsu makan. Cobalah untuk memberikan makanan sedikit demi sedikit tapi dengan intensitas yang sering.

Misalnya memberinya biskuit atau makanan yang sudah diberi vitamin B kompleks, lalu coba berikan sedikit atau separuh porsi terlebih dahulu.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing yang Selalu Mengeong

Loading...
Cara Mengobati dan Mengatasi Kucing Tidak Nafsu Makan | ilmuhewan | 4.5