Cara Mengobati dan Mengatasi Kerontokan Bulu Pada Hamster

By On Friday, January 6th, 2017 Categories : Info Lainnya, Penyakit Hewan

Cara Mengobati dan Mengatasi Kerontokan Bulu Pada Hamster – Hamster merupakan hewan peliharaan sejenis tikus yang digemari oleh anak-anak maupun orang dewasa untuk dijadikan hewan peliharaan.

Hamster terdapat dihampir seluruh pelosok dunia dan jenisnya dibedakan berdasarkan Negara asalnya misalnya hamster turki, hamster Tibet dan lain sebagainya.

Di alam liar, hamster dapat dijumpai di daerah padang rumput dan padang pasir.Di Indonesia Hamster sangat banyak dijual di petshop atau pun di kaki lima dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca Juga ; Cara Ternak Hamster yang Baik

Namun, memelihara hamster bukanlah perkara yang dapat disepelekan dan bukan hal yang mudah. Kesehatan hamster harus tetap dijaga agar hamster tidak terkena penyakit. Masalah kesehatan yang umum terjadi pada hamster adalah kerontokan bulu.

Kerontokan bulu pada hamster tidak dapat disepelekan karena dapat mengganggu kesehatan hamster itu sendiri dan bisa juga sebagai pertanda bahwa hamster sedang terserang penyakit.

Bulu pada hamster berfungsi sebagai pertahanan bagi hamster untuk menjaga agar suhu tubuhnya tetap hangat dan hamster merasa nyaman. Bulu hamster yang sehat dapat dilihat dari halusnya bulu tersebut, terlihat mengkilap dan juga tidak mudah rontok.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kerontokan bulu pada hamster diantaranya bulu hamster terserang oleh kutu, faktor usia hamster itu sendiri yang mana semakin hamster menua semakin besar peluang kerontokan bulu hamster tersebut, kekurangan vitamin khusus hamster, dan juga karena alergi terhadap sesuatu dapat menyebabkan kerontokan bulu pada hamster misalnya pada beberapa hamster ditemukan penyebab dari kerontokan bulunya karena alergi terhadap makanan dan juga semua hamster sebenarnya alergi terhadap kayu cemara dan pinus.

Lalu, cara apa yang dapat dilakukan di rumah untuk mengobati dan mengatasi kerontokan bulu pada hamster? Berikut ini adalah tips-tipsnya :

  1. Berikan makanan yang banyak mengandung vitamin E untuk hamster. Selain itu, anda juga bisa memberikan vitamin E khusus hamster dengan takaran yang sesuai setiap hari sekali jika hamster anda mengalami kerontokan bulu. Vitamin E dapat anda beli di petshop atau toko yang menjual hamster.
  2. Jika hamster anda terserang kutu, maka segeralah berikan obat khusus untuk mematikan kutu yang bersarang di bulu hamster agar kutu tidak semakin banyak dan membuat bulu hamster semakin rontok.
  3. Jaga kesehatan bulu hamster dengan memberikan minyak ikan setiap sebulan sekali.Minyak ikan bagus untuk kesehatan bulu hamster.
  4. Hindari memberikan makanan yang dapat menyebabkan kerontokan bulu hamster misalnya adalah jagung manis. Jagung manis menyebabkan bulu hamster rontok. Berikan hamster makanan seperti kacang kedelai, kacang hijau, beras merah, buah-buahan seperti strawberry, apel, sayur-sayuran seperti sawi dan kol. Hindari juga pemberian biji bunga matahari karena dapat menyebabkan obesitas pada hamster jika diberikan terlalu sering dengan porsi yang berlebihan.
  5. Jauhkan hamster dari sesuatu yang terbuat dari kayu cemara dan kayu pinus karena hamster alergi terhadap 2 jenis kayu tersebut dan dapat menyebabkan kerontokan bulu hamster.
  6. Jaga kebersihan kandang hamster dengan rutin mengganti alas kandang hamster dan mencuci kandang secara rutin.
  7. Jaga suhu kandang hamster agar tidak terlalu panas sekitar 25 celcius. Suhu panas akan menyebabkan bulu hamster mengalami kerontokan. Selain itu juga jangan biarkan alas kandang hamster lembab karena dapat menyebabkan bulu hamster rontok juga.

Jika anda secara rutin menerapkan cara-cara diatas maka kerontokan bulu pada hamster perlahan kerontokan bulu hamster akan berkurang bahkan akan berhenti rontok.

Jika telah menerapkan cara-cara yang disebutkan diatas namun bulu hamster peliharaan anda tidak berhenti mengalami kerontokan maka segeralah priksakan hamster anda ke dokter untuk mendeteksi penyebabnya dan pengobatan terhadap kerontokan tersebut.

Baca Juga : Makanan yang Baik Untuk Hewan Peliharaan Hamster

Cara Mengobati dan Mengatasi Kerontokan Bulu Pada Hamster | ilmuhewan | 4.5