Cara Mengobati dan Mengatasi Ikan Louhan yang Kembung

By On Thursday, May 11th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Cara Mengobati Ikan Louhan yang Kembung – Memelihara ikan hias di dalam akuarium memang menjadi kegemaran bagi sebagian orang.

Melihat keindahan dari warna-warna ikan tersebut, oleh beberapa orang dipercaya dapat menghilangkan stres yang disebabkan karena berbagai hal, salah satunya pekerjaan.

Namun, memelihara ikan ternyata juga tidak segampang yang dipikirkan karena cara pemeliharaan yang salah akan menyebabkan ikan terkena penyakit, dan tentu akan membutuhkan perawatan yang lebih intensif, tak terkecuali dengan penyakit kembung.

Baca Juga : Cara Mengobati Penyakit White Spot Pada Ikan Louhan

Salah satu ikan hias yang gampang terkena penyakit kembung adalah ikan louhan. Jika ikan louhan Anda terkena penyakit kembung, berikut cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengobati dan menangani penyakit kembung tersebut.

Lakukan karantina pada ikan louhan

Penyakit kembung pada ikan louhan ditandai dengan mulut ikan tersebut yang memerah dan membengkak.

Jika ikan louhan peliharaan Anda mengalami ciri-ciri tersebut, Anda harus segera melakukan karantina, yaitu dengan memisahkan ikan louhan yang terkena penyakit kembung dari ikan-ikan yang lain yang tidak terkena penyakit ini.

Hal ini dilakukan agar ikan louhan tersebut bisa mendapat perawatan atau penyembuhan yang intensif tanpa mengganggu ikan-ikan di dalam akuarium yang lainnya.

Terapi ikan louhan pada larutan antibiotik

Setelah dikarantina pada tempat yang berbeda dengan ikan yang lain, tetesi atau campurkan air tersebut dengan larutan antibiotik, antijamur, atau antiparasit.

Cara ini dilakukan karena penyebab ikan louhan terkena penyakit kembung adalah pakan yang diberikan tidak higenis dan mengakibatkan munculnya jamur pada bagian mulut ikan louhan.

Oleh karena itu larutan antibiotik dan antijamur akan sangat membantu dalam penyembuhan penyakit kembung tersebut.

Untuk waktu perendaman tersebut sekitar 5 sampai 7 hari, disesuaikan dengan parah tidaknya penyakit yang menyerang ikan louhan peliharaan Anda.

Jangan beri makan ikan louhan

Selama proses karantina atau terapi tersebut, Anda tidak diizinkan untuk memberikan makan pada ikan louhan yang terkena penyakit kembung. Istilah lainnya yakni mempuasakan ikan louhan tersebut.

Hal ini dilakukan karena penyakit kembung menyerang bagian mulut ikan louhan, dan jika terus mendapat makanan ditakutkan justru akan semakin memperburuk penyakit kembung tersebut.

Anda tak perlu takut ikan louhan peliharaan Anda akan mati karena tidak diberi makan karena ikan tersebut tetap akan bisa bertahan hidup selagi tetap ada oksigen pada airnya.

Jika kondisi mulut pada ikan louhan mulai membaik, Anda boleh memberi makan kembali ikan louhan peliharaan Anda.

Terapi ikan louhan dengan air hangat dan garam

Cara lain untuk mengobati ikan louhan yang terkena penyakit kembung yaitu dengan melakukan terapi dengan air hangat. Anda hanya perlu meningkatkan suhu pada tempat ikan louhan Anda, salah satu caranya yaitu dengan meningkatkan sistem pencahayaan di akuarium tersebut.

Jangan lupa untuk mencampurkan air tersebut dengan garam ikan. Larutan air garam yang hangat dipercaya dapat menjadi antibiotik alami karena dapat menghilangkan jamur maupun bakteri-bakteri yang menyebabkan kembung pada ikan louhan.

Demikian empat cara yang dapat dilakukan untuk dapat menyembuhkan penyakit kembung yang menyerang ikan louhan peliharaan Anda.

Tak perlu panik karena penyakit tersebut dapat disembuhkan dengan mudah asal Anda memang melakukannya dengan sungguh-sungguh.

Anda juga harus melakukan upaya pencegahan dengan selalu menjaga kebersihan akuarium maupun pakan yang akan diberikan pada ikan-ikan hias yang Anda pelihara agar penyakit kembung maupun penyakit-penyakit lainnya tidak akan kembali menyerang ikan tersebut.

Baca Juga : Jenis dan Cara Mengatasi Penyakit Pada Ikan Louhan

Loading...
Loading...
Cara Mengobati dan Mengatasi Ikan Louhan yang Kembung | ilmuhewan | 4.5