Cara Mengobati Bisul Pada Kucing Peliharaan

By On Monday, December 19th, 2016 Categories : Penyakit Hewan

Cara Mengobati Bisul Pada Kucing Peliharaan – Bisul yaitu sebuah kondisi dimana terjadinya pengumpulan dan juga pengumpalan nanah pada kulit kucing akibat luka yang ada pada kulit kucing tersebut.

Luka pada kucing tersebut bisa disebabkan karena gigitan akibat perkelahian. Perlu diketahui bahwa mulut pada seekor kucing memiliki banyak sekali bakteri, sehingga saat terjadi perkelahian antar kucing maka bakteri – bakteri yang ada pada mulut dan gigi kucing akan segera mampu menginfeksi kulit yang akhirnya dapat menyebabkan munculnya nanah setelah beberapa hari atau terjadinya abses pada kulit kucing tersebut.

Kebanyakan kejadian bisul pada kulit kucing banyak terjadi pada kucing yang sering bermain keluar rumah atau juga sering terjadi pada kucing rumahan dimana dalam rumah tersebut juga terdapat banyak kucing, beragam umur dan berbagai karakter jenis kucing.

Baca Juga : Cara Mengobati dan Mengatasi Kucing Mencret/Diare

Selain itu munculnya bisul biasanya sering terjadi pada kucing yang baru dimasukkan atau tinggal pada rumah yang sama dan didalam rumah tersebut juga banyak kucing lainnya sehingga akan terjadi perkelahian antara kucing yang lama dengan kucing yang baru.

Bisul termasuk jenis abses yang terbentuk dibawah kulit. Abses merupakan sekumpulan nanah yang berada pada satu titik pada bagian tubuh tertentu.

Kebanyakan abses atau bisul ini  menyebabkan peradangan dan pembengkakan di daerah sekitarnya. Ciri-ciri bisul pada kulit kucing ditandai dengan adanya gumpalan nanah pada kulit, terasa sedikit bengkak, panas, dan akan terasa sangat sakit jika diberikan sentuhan.

Apabila nanah tersebut dibuka kemudian disayat maka akan keluar cairan berwarna kuning kental dari abses tersebut.

Nanah pada bisul itu sendiri adalah kumpulan dari neutrofil yang mati / sel darah putih akibat terjadinya pertempuran dengan bakteri.

Bakteri yang telah berkembang biak dalam kulit nantinya akan bereaksi sehingga akan muncul sel darah putih sebagai pertahanan tubuh lalu terjadilah pertempuran antara sel darah putih dengan bakteri.

Sehingga pada bekas pertempuran tersebut akan ada sel darah putih yang mati dan kemudian mengumpal, inilah yang disebut bisul yang dalam bahasa latin dikenal dengan abscessus.

Cara yang paling ampuh untuk mencegah terjadinya abses pada kulit kucing yaitu menghindari perkelahian antar kucing. Salah satu caranya yaitu dengan menjauhkan kucing-kucing terutama jenis jantan dengan jalan membuat kandang khusus masing – masing untuk kucing.

Selain itu dengan cara mengkebiri kucing jantan sehingga akan jadi lebih jinak dan tidak agresif lagi. Dengan cara ini maka perkelahian akan bisa dicegah sedini mungkin.

Terjadinya perkelahian antar kucing bisa menyebabkan abses atau gumpalan nanah pada kulit kucing selain itu juga bisa menyebabkan terjadinya penularan rabies pada kucing, penyakit feline leukemia / FeLV atau feline immunodeficiency virus (FIV).

Cara mengobati bisul pada kucing peliharaan sangat mudah. Pengobatan abses pada kucing cukup dengan cara mengeluarkan nanah yang menggumpal di dalam kulit kucing menggunakan pinset dan skapel. Setelah itu lokasi abses dibersihkan dengan memakai antiseptik seperti alkohol 70 % dan rivanol.

Apabila terjadi demam pada kucing sangat disarankan untuk memberikan antibiotik via injeksi. Namun jika tidak terjadi demam, maka injeksi tersebut tidak perlu untuk dilakukan.

Namun, untuk pemberian antibiotik spray sangat disarankan untuk menghindari adanya infeksi oleh bakteri pada kulit bekas luka sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan.

Antibiotik spray yang akan digunakan sebaiknya berdasarkan saran dokter guna untuk menghindari hal – hal yang tidak dinginkan.

Demikian informasi mengenai cara mengobati bisul pada kucing peliharaan, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara mengobati sakit mata pada kucing persia dan angora

Cara Mengobati Bisul Pada Kucing Peliharaan | ilmuhewan | 4.5