Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Menghilangkan Kutu Pada Burung Kenari

By On Thursday, August 10th, 2017 Categories : Hama Hewan

Cara Menghilangkan Kutu Pada Burung Kenari – Kutu burung sering menjadi masalah bagi para pecinta burung terutama burung kenari, karena keberadaan kutu tersebut sangat mengganggu dan merugikan.

Pada burung kenari atau burung lainnya jika sudah terkontaminasi dengan kutu maka mereka merasa tidak nyaman. Perlu kalian ketahui, kutu burung merupakan sejenis parasit yang menghisap darah burung melalui kulit.

Tentunya ini sangat merugikan sekali bagi para pemilik dan burung tersebut.

Kutu pada burung kenari umumnya menempel pada sayap dan disela-sela sayapnya, pada bulu ekor yang biasanya terlihat seperti debu-debu kecil yang menempel tapi kapan saja bisa menggigit si burung.

Baca Juga :

Manfaat Mentimun Untuk Burung Kenari

Tips dan Trik Agar Suara Burung Kenari Semakin Keras

Cara Merawat dan Ternak Burung Kenari Jenis Mabung (Molting)

Manfaat Telur Puyuh untuk Pakan Burung Kenari

Manfaat Apel untuk Burung Kenari

Lantas bagaimana nih cara menghilangkan kutu tersebut?, simak yuk ulasan berikut ini.

Menggunakan Obat Kutu

Obat kutu tak hanya untuk manusia saja melainkan dapat digunakan ke hewan yang terkontaminasi kutu. Jika diberikan secara rutin sehabis memandikannya, dijamin kutu-kutu akan kabur secara perlahan.

Mandikan Secara Rutin

Dengan kita memandikan secara rutin, maka kutu atau kotoran-kotoran akan perlahan juga hilang. Tak lupa diberikan sabun agara semakin cantik bulunya dan terjaga dari kutu burung.

Menggunakan Air dari Rendaman Daun Sirih

Caranya siapkan daun sirih sebanyak 10 helai setelah itu rebus dengan air sebanyak 1 liter. Kemudian tunggu hingga matang dan menghasilkan air yang berwarna hijau pekat.

Lakukan dengan cara menyemprotkan ke badan si burung atau dengan membasuhnya sambil menyikat bulunya dengan sikat gigi.

Menggunakan Air Tajin atau Air Cucian Beras

Air tajin ini bisa menembus lapisan lilin pada bulu burung yang banyak kutunya dan caranya bisa dengan membasahinya saja langsung ke burungnya. Kemudian didiamkan atau dibiarkan kering dengan sendiri baru setelah itu kutu dapat diambil sedikit demi sedikit.

Cara-cara itulah bis anda lkukan setiap hari sampai burung kesayangan anda bebas dari kutu dan telurnya. Cara alami memang harus rutin lain dengan cara yang praktis menggunakan obat kutu yang hanya dilakukan sekali atau dua kali saja sudah dapat membasmi kutu burung. Ciri-ciri burung yang terkena kutu sebagai berikut :

  • Burung lesu
  • Malas untuk bersuara atau berkicau
  • Burung sering mencabuti bulunya sendiri
  • Bulu burung sering patah dan berwarna kusam

Demikian beberapa informasi yang dapat di sampaikan semoga bermanfaat dan dapt dipraktikan jika burung yang kita miliki terkena kutu burung.

Tipsnya juga kita harus rutin merawat hewan peliharaan kita setidaknya berkunjunglah ke pet shop hanya sekedar untuk memeriksakan kebersihan an kesehtan hewan peliharaan kita. Rawatlah pula kebersihan kandang.

Karena sangkar burung yang kotor adalah pemicu awal yang menyebabkan burung terkontaminasi kutu yang akan merusak bulu burung.

Selain itu rutinlah untuk menguras sangkar burung yang sekiranya dilakukan selama seminggu sekali, agar kebersihan sangkar lebih terjaga.

Membersihkan tempat makannya dan minumnya agar tidakadanya jamur yang bersarang ditempat tersebut.

Pembasmi yang masih dipilih saat ini adalah obat kutu, padahal adayang lebih mudah dicari yaitu dengan daun sirih tadi. Mengapa sih daun sirih?.

Karena daun sirih mengandung antiseptik yang tidak disukai bakteri atau hewanparasit lainnya.

Yuk, kita jaga kebersihan kandang hewan peliharaan kita agar hewan tak terkena bakteri atau jamur yang merugikan burung itu sendiri.

Kesehatan terus diperhatikan jika kita lalai akan kesehatan hewan peliharaan kita.

Loading...
Cara Menghilangkan Kutu Pada Burung Kenari | ilmuhewan | 4.5