Cara menghilangkan Hama Kutu Pada Bulu Burung

By On Monday, November 7th, 2016 Categories : Burung

Cara menghilangkan Hama Kutu Pada Bulu Burung – Hai para pencinta burung, apakah burung peliharaan kita terjangkit kutu?

Jika burung kesayangan kita terjangki kutu, maka artikel ini akan sangat membantu kita untuk menghilangkan dan memberantas kutu-kutu tersebut.

Kutu adalah sejenis parasit penggangu yang sering menyerang burung dengan cara menghisap darah burung peliharaan kita.

kutu-burung

Baca Juga : Penyakit Berikut Ini Yang Sering Menyerang Kambing Jawa

Selain menghisap darah, kutu juga dapat membuat bulu burung rusak sebab sering digaruk dan membuat burung tidak mau berkicau.

Umumnya, kutu mampu menghasilkan enam telur dalam sehari dan dapat menetas hanya kurang dari delapan hari saja. Bila kutu yang ada di burung kesayangan kita tidak segera diberantas atau dihilangkan, akan mengakibatkan hal buruk bagi burung kesayangan kita.

Pada burung yang sudah terserang oleh kutu, bulu dan kulitnya akan terdapat banyak kutu yang menepel. Ketika kutu tersebut mengigit atau bergerak, burung kesayangan kita merasa gatal dan mengakibatkan tidak akan berkicau karena ia berusaha untuk mematuk kutu tersebut dengan paruhnya.

Untuk menghilangkan hama kutu pada burung kesayangan kita, sebenarnya dapat dilakukan dengan beberapa cara yang sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan serta menggunakan bahan yang alami.

Bahan alami yang dimaksud merupakan bahan yang tidak mengandung unsure kimia, meski ada juga bahan penghilang kutu insektisida atau berbahan kimia yang sudah dijual luas.

Akan tetapi, jika kita menggunakan penghilang kutu insektisida akan berdampak buruk bagi burung tersebut. Berikut beberapa cara menghilangkan hama kutu pada burung kesanyangan kita dengan cepat, tanpa menggunakan bahan kimia atau insektisida.

  • Cara Menghilangkan Kutu Menggunakan Air Bekas Cucian Beras (Air Tajin)

Air bekas cucian beras yang memiliki warna putih yang sering kita buang dengan cuma-cuma, ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan hama kutu pada bulu burung.

Bagi orang jawa terutama daerah Jawa Tengah dan DIY, sering menyebut air ini sebagai air tajin. Walaupun air tajin tidak memiliki sifat meracuni, tetapi ternyata dapat melarutkan telur dan kutu yang ada di bulu-bulu burung. Kita hanya perlu menggunakan air tajin sebagai air mandi untuk burung kesayangan kita.

Ketika burung dimandikan dengan air tajin, maka air tersebut akan membasahi bulu burung dan menembus lapisan lilin pada bulu tersebut. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, biarkan burung mengeringkan bulunya sendiri.

  • Cara Menghilangkan Kutu Menggunakan Air Daun Sirih

Untuk mendapatkan air daun sirih, kita hanya perlu merebus sepuluh lembar daun sirih menggunakan satu liter air.

Tunggu beberapa saat, hingga air berubah warna menjadi hijau gelap. Selanjutnya angkat air tersebut dan tunggu hingga air tersebut dingin.

Setelah air rebusan daun sirih sudah dingin, kita dapat menyemprotkan air tersebut ke burung secara merata dan usahakan untuk menyemprotkan air hingga ke bagian dalam sayap.

Selain di semprotkan, kita juga dapat memandikan burung dengan memeganginya dan membasuhinya dengan air rebusan sirih tersebut.

Tunggu hingga bulu burung kering, baru kita bilas dengan air biasa. Tujuannya, agar telur dan kutu yang ada di bulu burung teracuni oleh air rebusan sirih.

Cara tersebut dapat kita lakukan hingga beberapa kali hingga hama kutu dan telurnya benar-benar hilang dari bulu burung kesayangan kita.

Selain itu, cara-cara tersebut tidak akan membahayakan burung. Demikian informasi yang dapat kita lakukan agar menghilangkan kutu-kutu pada burung. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kita semua.

Baca Juga : Cara Mengobati dan Pencegahan bakteri Brucello Pada Sapi

Loading...
Cara menghilangkan Hama Kutu Pada Bulu Burung | ilmuhewan | 4.5