Cara Menghasilkan Pendapatan Tinggi dari Budidaya Daphnia

By On Saturday, April 22nd, 2017 Categories : Peluang Bisnis

Cara Menghasilkan Pendapatan Tinggi dari Budidaya Daphnia – Daphnia merupakan hewan yang bentuknya mirip seperti kutu air namun sebenarnya digolongkan ke dalam  jenis udang-udangan renik air tawar dari golongan Brachiopoda.

Daphnia biasanya dijumpai di danau-danau dengan kandungan ph sedikit alkalin yaitu antara 6,7 hingga 9,2.

Daphnia dapat hidup di daerah tropis maupun subtropics dan dipengaruhi oleh suhu serta oksigen terlarut.

Bentuk tubuh Daphnia lonjong, beruas-ruas yang tidak terlihat serta pipih, pada bagian bawah terdapat moncong yang bulat dan tumbuh lima pasang alat tambahan yang terdiri dari antennula, dan 3 alat tambahan  pada bagian mulut. Perkembangbiakan Daphnia yaitu secara asexual dan secara sexual.

Daphnia memiliki banyak kegunaan adalah sebagai sumber pakan bagi ikan kecil. Daphnia memiliki kandungan protein lebih dari 70% kadar bahan kering, mudah di cerna oleh benih ikan karena mengandung enzim pencernaan yang berfungsi untuk menghancurkan diri sendiri dan nilai nutrisinya sangat tinggi.

Karena manfaatnya banyak, banyak sekali orang yang tertarik untuk membudidayakan Daphnia. Selain itu, keuntungan dari budidaya Daphnia sangat besar mengingat manfaatnya banyak dan cara budidayanya pun mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk berbudidaya Daphnia :

  1. Menyediakan media pembudidayaan Daphnia

Sediakan wadah untuk pembudidayaan Daphnia bisa berupa bak semen, akuarium, ember, bisa juga kolam disesuaikan dengan volume Daphnia yang akan di budidayakan.

Pastikan wadah bersih dan tempatkan pada ruangan terbuka agar Daphnia dapat tumbuh dengan maksimal.

  1. Pemupukan

Kultur Daphnia bisa dilakukan dengan dipupuk pada wadah tujuannya adalah untuk menumbuhkan phytoplankton dalam wadah budidaya yang digunakan sehingga menjadi makanannya sendiri agar tumbuh dan berkembang dengan baik. Pupuk yang baik digunakan adalah kotoran ayam yang sudah kerng dengan dosis 1 kg per m2.

  1. Pengisian air

Isilah air ke dalam wadah, sebaiknya lebih dari 60 cm agar Daphnia terhindar dari intensitas cahata matahari yang sangat terik pada siang hari.

  1. Parameter kualitas air

Air yang digunakan memiliki kesadahan 250 mg per liter CO3 dan pH air dipertahankan sekira 7-8 dengan cara dilakukan pengapuran dalam wadah kultur dengan kapur pertanian. Kandungan amoniak yang bagus untuk pertumbuhan Daphnia adalah 0,35-0,61 ppm.

Sebaiknya berikan aerator untuk menghasilkan oksigen dalam wadah agar nilai oksigen terlarut di dalam wadah bisa mencapai diatas 3,5 ppm dan kadar amonianya kurang dari 0,2 mg per liter.

  1. Penebaran bibit daphnia

Setelah langkah 1 hingga 4 dilakukan, tebarkan bibit daphnia ke dalam wadah. Dalam satu minggu akan terlihat warna kemerahan di permukaan kolam.

  1. Panen

Panen Daphnia dapat dilakukan dengan 2 cara, cara pertama dengan memanen seluruh dapnia yang ada dalam wadah dan cara kedua dengan cara panen parsial.

Dengan cara pertama jauh lebih praktis namun untuk mendapatkan hasil dapnia secara terus menerus, sering kali gagal  dan harus diluang kembali dari awal.

Cara kedua dengan teknik parsial yaitu hanya memanen sebagian saja yaitu sebanyak 50% volume wadah dan maksimum 70%.

Sisanya pindahkan ke wadah lain yang sudah di bersihkan dan dimasukkan air sebanyak 50-70% yang telah dipupuk selama 12 hari sebelumnya.

Pada hari ke 4-5 panen kedua sudah bisa dilaksanakan kembali namun, untuk panen ke tiga kalinya anda harus mengulang dari tahap pertama lagi.

Hasil panen Daphnia dapat langsung diberikan kepada ikan kecil atau dimasukkan ke plastik dan disimpan di freezer untuk kembali diberikan kepada ikan.

Loading...
Loading...
Cara Menghasilkan Pendapatan Tinggi dari Budidaya Daphnia | ilmuhewan | 4.5