Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Mengetahui Kualitas Daging Ayam

By On Saturday, March 24th, 2018 Categories : Produksi

Cara Mengetahui Kualitas Daging Ayam – Setiap pembeli pasti akan meneliti atau melakukan pengecekan barang yang akan dibelinya terlebih dahulu, seperti melihat kualitas dan tanggal kedaluarsa untuk makanan ataupun minuman.

Namun, bagaimana caranya ketika mereka tahu barang mereka bagus atau sudah lewat masa kedaluarsa ketika tidak ada label yang tertempel pada bungkus, misalnya daging ayam.

Walauapun secara kasat mata daging ayam berkualitas mudah untuk di bedakan, tetapi sesuai perkembangan zaman, daging ayam rusak mudah saja di poles menjadi segar agar laku di pasaran. Hal ini jelas menguntungkan para penjual tapi merugikan para pembeli.

Baca Juga : Sejarah dan Ciri Ayam Bangkok

Agar tidak dirugikan oleh para penjual ayam yang curang dan memperoleh daging ayam berkualitas maka perhatikan hal – hal berikut :

  1. Kulit ayam

Cara sederhana untuk menentukan kualitas daging ayam adalah dengan melihat kulitnya. Jika ayam berkualitas baik maka warna kulitnya dan putih mengkilap, bersih dari bulu halus dan tidak terdapat memar kebiruan.

Sedangkan ayam yang tidak berkualitas atau tidak segar akan memiliki kulit tak segar dan terdapat bercak – bercak merah yang lambat laun berubah menjadi kebiruan.

  1. Leher dan kepala ayam

Selanjutnya perhatikan leher dan kepala ayam yang akan anda beli. Ayam berkualitas akan memiliki ciri pembuluh darah pada leher dan kelana tidak terlihat, tidak mengeluarkan darah dengan bekas sembelihan tergolong pucat dan tidak rata.

Sedangkan ayam tidak berkualitas akan terdapat pembuluh darah yang terlihat dan mengeluarkan darah antara kepala dan leher, terdapat juga bekas sembelihan kecil dan rata.

  1. Aroma daging

Ketika anda membeli daging ayam berkualitas maka akan menemui aroma khas ayam segar seperti amis, sedangkan daging ayam sudah rusak akan memiliki aroma yang berbeda atau berbau busuk.

  1. Tekstur

Memiliki tekstur daging yang kenyal dan akan kembali seperti semula ketika di tekan sehingga bisa di bilang elastis. Sedangkan daging tidak berkualitas akan lembek dan berair.

Pada umumnya daging ayam berkualitas atau masih segar akan memiliki ciri :

  1. Warna daging putih pucat atau putih kemuning – kuningan tidak terdapat tanda memar.
  2. Memiliki serat daging halus
  3. Kurang padatnya konsistensi
  4. Tidak ada lemak diantara serat daging
  5. Lemaknya berwarna kuning – kekuningan berkonsistensi lunak dan di bawah kulit terlihat secara merata.
  6. Berbau segar biasanya amis.
  7. Daging segar biasa akan tahan selama 4 – 6 jam setelah potong
  8. Daging segar dingin atau yang dimasukkan ke dalam lemari es atau chiller akan tahan selama 24 jam.
  9. Daging ayam beku akan mampu bertahan berhari – hari dengan catatan di simpan dalam suhu 24 derajat di bawah nol.

Daging ayam tidak berkualitas memang di pengaruhi oleh beberapa faktor, seperti pra pemotongan (Kondisi kesehatan ayam), proses pemotongan (Sudah sesuai aturan belum) dan pasca pemotongan (Penyimpanan dan pemasakan).

Maka dari itu, belilah daging ayam pada tempat yang bersih, pemotongan resmi dan pastikan bahwa daging ayam tersebut memang sehat. Karena jika daging rusak tetap dikonsumsi akan menyebabkan keracunan dan berefek tidak baik untuk tubuh.

Cara memilih daging ayam berkualitas :

  1. Normalnya bentuk dan ukuran ayam memiliki berat 0,9 – 1,7 kg
  2. Karkas ayam tidak terlalu basah ataupun kering.
  3. Permukaan seluruh Karakas mulus berwarna putih kemerahan (darah) dan tidak ada guratan berwarna biru atau hitam. Hal ini perlu diperhatikan karena ayam yang mati lalu di sembelih akan terlihat kebiruan karena darah pada tubuh ayam tidak dapat keluar.
  4. Tidak memiliki bau busuk.

Baca Juga : Ciri Dan Karakteristik Ayam Batik

Loading...
Cara Mengetahui Kualitas Daging Ayam | ilmuhewan | 4.5