Cara Mengetahui Jenis Kelamin Kura – kura

By On Friday, November 18th, 2016 Categories : Info Lainnya

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Kura – kura – Membedakan jenis kelamin kura – kura jantan dan betina sebenarnya tidak terlalu sulit Hal ini disebabkan karena ke dua jenis kura – kura ini baik yang jantan atau betinanya memiliki  perbedaan yang bisa dikatakan mencolok.

Hanya saja jika ingin mengetahui jenis kelamin kelamin kura – kura yang masih berukuran kecil lebih sulit apabila dibandingkan dengan menentukan jenis kelamin kura – kura  yang memiliki ukuran lebih besar dan juga sistem reproduksinya sudah bekerja secara optimal.

kelamin-kura2

Baca Juga : Cara Mengonsumsi Daging Sapi yang Baik

Ada dua jenis kura-kura yang tersebar di dunia yaitu turtle dan tortois. Turtle adalah kura-kura yang hidupnya di darat dan juga di air misalnya jenis turtle brazilinensis dan jenis box turtle.

Sedangkan, kura – kura jenis tortois adalah kura-kura yang hidupnya hanya di darat saja, sebagai contoh kura – kura jenis galapagos tortois.

Kura-kura dengan jenis tortois ini tidak bisa dipelihara secara bebas dikarenakan jumlahnya yang sangat sedikit dan sudah mendekati ambang batas kepunahan. Kura-kura dikalangan pecinta reptil sangatlah familiar.

Di Indonesia kebanyakan para pecinta reptil lebih memilih kura – kura jenis Turtle Brazilinensis dan Box turtle dengan beberapa alasan, seperti mudah didapat, kemudian harganya yang terjangkau, serta perawatannya yang mudah dan murah.

Sedangkan kura – kura tortois yaitu kura – kura yang hidupnya hanya di darat saja, sepertinya sudah jarang sekali dipelihara, karena kura – kura jenis ini adalah termasuk jenis kura – kura yang langka, sehingga jika ingin memelihara kura – kura jenis ini terlebih dahulu harus memperoleh izin dari lembaga – lembaga dan instansi terkait.

Saat ini masih banyak pecinta reptil yang mengalami kebingungan dalam menentukan jenis kelamin kura – kura. Karena jenis kelamin sangat diperlukan bagi pecinta reptil, semua ini tergantung dari tujuan dan pemeliharaannya.

Jika pecinta reptil mengetahui jenis kelamin dari kura – kura yang dipelihara maka pecinta reptil tersebut bisa mengembangbiakkan kura – kura ini sehingga akan banyak menghasilkan jenis kura – kura lainnya, selain untuk mempertahankan keberadaan kura – kura dari kepunahan.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara mengetahui jenis kelamin kura – kura.

  1. Alat Kelamin

Jika ingin mengetahui jenis kelamin kura – kura yang dipelihara, terlebih dahulu coba perhatikan alat kelaminnya.

Alat kelamin kura-kura jantan bentuknya berupa hemipenis yang terletak di bagian bawah ekor. Cukup dengan memberikan tekanan pada bagian plastron atau tempurung bawah kura – kura terlebih dahulu hal ini bertujuan untuk merangsang agar kura – kura segera mengeluarkan hemipenisnya.

Jika hemipenis ini muncul, dapat dipastikan kura – kura yang sedang diamati tersebut adalah kura – kura berjenis kelamin jantan.

Sebaliknya, jika kura -kura tidak ada memperlihatkan tanda – tanda untuk mengeluarkan hemipenis, hal ini menunjukkan bahwa kura – kura tersebut adalah kura – kura berjenis kelamin betina.

  1. Permukaan Tempurung Bawah

Tempurung bawah kura-kura dinamakan plastron, sedangkan tempurung atasnya disebut karapas. Coba raba permukaan tempurung bagian bawah dari kura – kura atau plastronnya. Dengan meraba plastron kura – kura, maka jenis kelamin kura – kura dapat diketahui dengan cara ini.

Kura – kura dengan jenis kelamin betina mempunyai bentuk permukaan plastron yang datar sedangkan kura – kura dengan jenis kelamin jantan memiliki plastron yang bentuknya agak cekung.

Bentuk plastron jantan yang agak cekung ini berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi kura – kura jantan saat menaiki kura – kura betina saat musim kawinan.

  1. Ukuran Kuku Kaki

Ukuran kuku kaki kura – kura juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengetahui jenis kelamin kura – kura.

Kuku kura – kura dengan jenis kelamin jantan selalu tampak lebih panjang jika dibandingkan dengan kuku kura – kura dengan jenis kelamin betina. Fungsi kuku kaki kura – kura jantan yang sedikit lebih panjang ini akan membantu kura – kura jantan saat menaiki punggung kura – kura betina saat melakukan perkawinan.

Selain itu fungsi kuku kaki kura – kura yang panjang juga dapat digunakan dalam mempertahankan diri dan saat  menangkap mangsanya.

  1. Karakteristik Ekor

Jika diperhatikan karakteristik ekor kura – kura, maka kura – kura dengan jenis kelamin jantan ini mempunyai ekor yang bisa dikatakan cukup panjang dan sedikit membesar di bagian pangkalnya.

Sementara itu untuk karakteristik ekor kura – kura dengan jenis kelamin betina berukuran lebih pendek dengan pangkalnya yang terlihat sedikit kurus.

Baca Juga : Fakta Unik Tentang Ayam Ketawa

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Kura – kura | ilmuhewan | 4.5