Cara Mengetahui Jenis Kelamin Anak Ayam

By On Thursday, July 26th, 2018 Categories : Info Lainnya

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Anak Ayam – Untuk dapat membedakan anak ayam jantan dan betina pada saat usia anak ayam baru berusia satu atau pun 2 bulan memang bukanlah hal yang mudah.

Meski begitu cara yang paling mudah untuk dapat membedakan anak ayam jantan dan betina adalah dengan melihat postur tubuh.

Jika anak ayam jantan akan memiliki postur tubuh yang cenderung lebih tegap dan besar jika dibandingkan dengan ayam betina.

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Anak Ayam

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Anak Ayam

Namun meski begitu untuk dapat benar-benar memastikan mana yang anak ayam jantan dan mana yang anak ayam betina dapat dilakukan beberapa metode berikut.

Baca Juga : Daftar Harga Ayam Broiler Terbaru

Memeriksa kelamin anak ayam ( vent sexing)

Cara ini dilakukan dengan langsung melihat ke dalam bagian kloaka ayam. Cara ini sebaiknya dilakukan saat anak ayam masih kecil karena semakin dewasa anak ayam maka akan semakin sulit untuk menggunakan cara ini. Berikut langkah yang harus dilakukan:

  1. Peganglah anak ayam yang baru saja menetas, kira-kira yang berumur semingguan.
  2. Pegang leher anak ayam diantara jari tengah dan jari manis, dengan cara menjepitnya menggunakan tangan yang lainnya.
  3. Gunakan ibu jari dan jari kelingking untuk meraba bagian bawah perut, apabila terasa keras maka kotoran dari perut perlu dibuang keluar.
  4. Tepuk pundak anak ayam dengan perlahan-lahan menggunakan jari tengah hingga kotoran keluar. Siapkan tempat penampungan bagi kotoran ayam.
  5. Setelah bersih, tekan bagian anus dengan menggunakan kedua ibu jari ke arah atas.
  6. Jari telunjuk juga diletakan pada bagian anus.
  7. Lalu ketiga jari, yaitu dua ibu jari dan jari telunjuk digerakan bersama-sama sehingga membuka anus dan membuat kloaka menjadi terlihat.
  8. Usahakan saat sedang mengamati kloaka menggunakan pencahayaan yang cukup. Apabila terdapat tonjolan besar pada bagian kloaka menandakan anak ayam tersebut jantan. Tetapi apabila tida terdapat tonjolan atau lubang kloaka hanya berbentuk bulat saja maka anak ayam tersebut berjenis kelamin betina.

Memeriksa bulu anak ayam ( feather sexing)

Cara yang kedua adalajh dengan memeriksa bulu pada sayap anak ayam. Anak ayam yang baru saja lahir pada umumnya belum mempunyai bulu-bulu lebat pada bagian sayapnya.

Bagian sayap ayam terdapat dua bagian yaitu bagian atas dan bawah, untuk dapat membedakan anak ayam jantan dan betina yang perlu diperhatikan adalah bagian bawahnya saja.

karena pada bagian bawah bulu-bulu sayap belum tumbuh sempurna dan masih dapat diperhatikan denga mudah, untuk mengetahui anak ayam yang jantan biasanya, bulu pada sayap bagian bawah cenderung lebih pendek dan sedikit atau renggang, sedangkan pada anak ayam yang betina bulu pada sayap bagian bawah jauh lebih panjang dan rapat.

Cara tradisional

Cara ini terbilang cukup mudah, untuk dapat membedakan mana anak ayam yang jantan dan mana anak ayam yang betina caranya cukup dengan melihat reaksi dari anak ayam tersebut.

Apabila anak ayam cenderung diam ketika kita pegang maka dipastikan anak ayam tersebut adalah jantan, sebaliknya apabila anak ayam memberontak ketika kita pegang maka anak ayam tersebut berjenis kelamin betina.

Ada beberapa cara untuk memegang anak ayam, berikut caranya:

  1. Pegang kulit bagian leher anak ayam dan menggantungnya. Jika sewaktu di gantung mereka diam maka anak ayam berjenis kelamin jantan, apabila memberontak maka anak ayam berjenis kelamin betina.
  2. Taruh anak ayam di atas telapak tangan dalam posisi terbalik. Apabaila sewaktu dibalik mereka diam maka anak ayam berjenis kelamin jantan sedangkan ketika dibalik mereka memberontak maka mereka betina.
  3. Pegang kedua kaki anak ayam lalu gantung dengan bagian kaki di atas. Jika mereka diam maka anak ayam adalah jantan sedangkan jika mereka memberontak maka anak ayam berjenis kelamin betina.

Baca Juga : Cara Mudah Membersihkan Usus Ayam dari Kotoran

Loading...
Loading...
Cara Mengetahui Jenis Kelamin Anak Ayam | ilmuhewan | 4.5