Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Mengetahui Ciri Ciri Burung Parkit Jantan dan Betina

By On Monday, October 31st, 2016 Categories : Burung

Cara Mengetahui Ciri Ciri Burung Parkit Jantan dan Betina – Bagi para pemilik burung peliharaan, mengetahui jenis kelamin dari seekor burung mutlak diperlukan.

Lebih-lebih jika ingin membudidayakan atau mengembangbiakkannya.

Pengetahuan dasar mengenai jenis kelamin dari seekor burung antara yang jantan dan betina diperlukan dalam proses perjodohan atau perkawinan burung sehingga nantinya bisa menghasilkan telur.

ciri-burung-parkit-pria

Baca Juga : Jenis Makanan Untuk Burung Parkit

Jika melihat sepasang burung yang terlihat mesra, bukan berarti pasangan burung tersebut adalah burung berjenis kelamin jantan dan betina, bisa jadi pasangan burung tersebut adalah pasangan sesama jenis (burung homo).

Rasanya pasti sangat mengecewakan apabila sepasang burung yang dipunyai dan diharapkan bisa bertelur serta berkembang biak, ternyata tidak kunjung bertelur karena ternyata sepasang burung tersebut berjenis kelamin yang sama. Jantan vs jantan atau betina vs betina.

Burung parkit adalah salah satu burung yang agak sulit dalam membedakan jenis kelaminnya. Burung yang jantan tidak sama dengan hewan jantan lainnya yang memiliki penis.

Baik burung yang berjenis kelamin betina maupun jantan sama-sama menggunakan sebuah saluran reproduksi yang berfungsi sebagai saluran pembuangan sekaligus digunakan untuk kawin dan bereproduksi. Sehingga untuk menentukan jenis kelaminnya sangat sulit.

Para pemilik burung atau peternak yang berencana untuk mengembangbiakan burung parkit perlu untuk mengetahui jenis kelamin burung parkit yang dipunyainya.

Karena burung parkit tidak punya kelamin yang bisa dilihat secara kasat mata, maka dibutuhkan ciri-ciri lain untuk membedakan mana burung jantan dan mana burung betina.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengetahui jenis kelamin burung parkit jantan dan betina :

  1. Melihat Warna Cere

Cere adalah nama lain dari lubang hidung yang dimiliki oleh burung. Burung Parkit jantan yang sudah dewasa memiliki ciri-ciri cere yang berwarna kebiru-biruan. Warna biru itu bisa dilihat di bagian atas paruh atau sekitar lubang hidung.

Untuk burung parkit jantan yang anakan (belum dewasa) ciri dari cerenya adalah berwarna biru pudar hampir sama seperti warna ungu.

Berbeda dengan burung jantan, warna cere dari burung parkit betina dewasa adalah berwarna putih. Sedang burung parkit betina anakan warna cerenya putih agak kecoklatan. Warna cere burung parkit akan semakin terlihat jelas ketika parkit sudah semakin dewasa.

  1. Kicauan

Cara lainnya untuk membedakan jenis kelamin burung parkit adalah dengan memperhatikan tingkah laku sehari-harinya.

Burung parkit jantan biasanya bersifat lebih aktif bergerak kesana kemari dan juga lebih suka berkicau untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Berbeda dengan burung parkit betina yang cenderung pasif dan jarang mengeluarkan suara.

  1. Menyuapi Makanan

Ciri lain dari Burung parkit jantan adalah burung jantan biasanya suka menyuapi burung betina. Sedangkan burung parkit betina sebaliknya, lebih suka disuapi daripada menyuapi.

  1. Tes Darah

Cara lainnya  yang paling efektif dalam membedakan jenis kelamin burung parkit adalah dengan melakukan tes darah.

Akan tetapi cara ini jarang dilakukan karena berbiaya mahal walaupun sebenarnya cara ini paling mudah dan 100% akurat dalam mengidentifikasi jenis kelamin.

Baca Juga : Cara Mudah Menangkap Burung Parkit Agar Tidak Tergigit

Loading...
Cara Mengetahui Ciri Ciri Burung Parkit Jantan dan Betina | ilmuhewan | 4.5