Cara Mengatasi Penyakit Cascado Pada Sapi Karena Infeksi Cacing

By On Monday, January 23rd, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Apa itu penyakit Cascado?

Mungkin saja, sebenarnya Anda sudah pernah melihat penyakit ini pada hewan sapi, akan tetapi belum mengetahui jenis dan nama penyakitnya.

Penyakit Cascado pada sapi adalah tipe penyakit kulit yang menyerang permukaan tubuh sapi dengan bentuk seperti keropeng atau koreng.

Penyakit kulit ini mungkin terlihat sepele, akan tetapi apabila sudah menyebar atau meluas di permukaan kulit sapi tentu akan membuat kondisi kesehatan sapi menurun sehingga menurunkan harga jual ataupun produktivitas sapi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Gangguan Reproduksi Pada Hewan Sapi

Penyebab Penyakit Cascado pada sapi?

Menurut penelitian Penyakit Cascado pada sapi seringkali disebabkan oleh infeksi hewan cacing dari jenis stephanofilaria sp. Cacing ini berukuran kecil dan bisa dilihat langsung dengan mudah pada bagian sekitar mata ternak sapi kita.

Jika sudah membuat kondisi yang parah, mata hewan sapi bisa membengkak, berair dan merah. Jangan sampai keliru mengenali luka koreng atau keropeng pada permukaan kulit sapi, karena pada beberapa kasus di lapangan, para peternak sapi seringkali menganggap sepele koreng pada kulit sapi.

Mereka berasumsi luka tersebut berasal dari luka hasil trauma seperti tergores, atau cakaran. Padahal, Penyakit Cascado pada sapi perlu ditangani lebih lanjut karena berhadapan dengan infeksi cacing parasit.

Masa penularan Penyakit Cascado pada sapi?

Hadirnya lalat di sekitar kandang hewan ternak sapi mungkin adalah hal yang biasa dan dianggap wajar.

Padahal, justru hewan kecil inilah yang menjadi perantara untuk menularkan Penyakit Cascado pada sapi. Lalat dengan jenis lalat tanduk haematobia irritans akan menginfeksi hewan ternak sapi dengan menetaskan larva di sekitar permukaan kulit sapi.

Kemudian, dalam hitungan antara 15 sampai 20 hari, telur lalat akan menetas dan menjadi bayi lalat alias larva. Larva yang bersifat parasit atau menumpang pada inang untuk memperoleh makanan akan semakin menyebar secara infektif dan menjangkiti hewan sapi.

Gejala Penyakit Cascado pada sapi

Gejala Penyakit Cascado pada sapi yang disebabkan oleh parasit berupa cacing ini dalam beberapa waktu yang lama bisa berdampak pada peradangan yang parah. Kulit hewan ternak sapi akan menebal dan permukaannya keras.

Bahkan, pada kasus yang sudah parah terdapat benjolan berisi darah serta permukaan kulit menjadi bersisik dan menebal.

Tidak heran jika permukaan kulit demikian, pasalnya cacing dari jenis cacing nematoda memang bersifat nomaden atau berpindah-pindah hingga permukaan kulit yang terinfeksi semakin meluas dan menyebar.

Gejala yang sering ditimbulkan oleh Penyakit Cascado pada sapi ini biasanya jaringan kulit sapi menjadi gatal, sisik, radang, dan keras.

Cara mengenali Penyakit Cascado pada sapi

Untuk mengindikasi suatu Penyakit Cascado pada sapi bisa dilihat langsung dari berbagai gejala yang timbul di bagian permukaan kulit sapi serta bagian mata sapi.

Apabila hewan ternak sapi sering bergerak atau berusaha menggesek badan karena gatal serta bagian mata, segera lakukan tindakan preventif untuk mencegah meluasnya permukaan kulit terinfeksi.

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan pemeriksaan di lab apakah sampel berupa hasil kulit yang terinfeksi sudah dikerok mengandung cacing parasit nematoda atau tidak.

Hasil sampel akan ditempatkan dalam formalin dalam kadar 10 % lalu dibawa ke lab.

Cara mengatasi Penyakit Cascado pada sapi karena infeksi cacing

Cara mengatasi Penyakit Cascado pada sapi sebenarnya tidak terlalu sulit. Bisa memakai obat berupa salep yang mengandung asuntol 2% yang dapat membunuh jamur dan cacing.

Pemakaian dioles secara teratur pagi dan malam. Kemudian, dilanjutkan pemakaian salep ivermectin 1 atau 2 % untuk mencegah penyebaran atau perluasan di area kulit lain yang belum terinfeksi.

Baca Juga : Cara Pembuatan Biogas dari Kotoran Sapi

Cara Mengatasi Penyakit Cascado Pada Sapi Karena Infeksi Cacing | ilmuhewan | 4.5