Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Mengatasi Penyakit Burung Akibat Kekurangan Asupan

By On Friday, July 29th, 2016 Categories : Info Lainnya, Penyakit Hewan

Cara Mengatasi Penyakit Burung Akibat Kekurangan Asupan – Bukan hanya manusia saja yang mengalami gizi buruk.

Burung pun sebenarnya bisa memiliki penyakit seperti kekurangan asupan. Hal ini dapat terjadi pada berbagai jenis burung, khususnya burung hias dan burung rumahan yang dipelihara.

Penyakit ini tak jarang terjadi pada burung baik dengan harga murah maupun burung dengan harga yang cukup mahal.

Untitled

Hal sepele memang bahwa burung yang sakit hanya karena kekurangan asupan, namun kekurangan asupan ini dapat disebabkan berbagai macam.

Baca Juga : Teknik dan Cara Memilih Indukan yang Baik untuk Burung Cucak Ijo

Kekurangan asupan akan berdampak pada kesehatan burung tersebut, bahkan menjadi mudah lemas kemudian mati.

Penyakit Kekurangan Asupan yang Membahayakan

Mungkin pemikiran kita bahwa burung yang mengalami kekurangan asupan akan berakhir sakit saja atau bahkan mati.

Tidak seperti itu, terkadang burung yang kekurangan asupan akan terganggu mentalnya. Seperti merusak bulu atau membuat bulu yang dimilikinya rusak.

Selain itu kekurangan asupan juga akan menjadikan sistem pencernaan burung rusak. Karena bagian usus atau pencernaan pada burung yang paling rentan terkena penyakit.

Jika anda salah memberi pakan maka usus atau pencernaan yang akan terserang terlebih dahulu. Selain itu burung akan mengalami kelumpuhan.

Gejala Keseluruhan Penyakit Kekurangan Asupan

Gejala yang dialami burung jika terkena kekurangan asupan seperti pandangan atau penglihatan menjadi rabun, sehingga burung mudah menabrak.

Pertumbuhan terhambat, hal ini mudah terlihat jika anda membeli burung sejak masih kecil. Kulit dan bulu menjadi kasar secara mendadak.

Memang perubahan bulu yang tumbuh dapat mengindikasi bahwa burung tersebut sakit. Persendian membengkak, seperti sendi di kaki dan disayap yang dapat terlihat.

Gangguan reproduksi, hal ini dapat dilihat jika anda memang menternakan burung. Terkadang kekurangan nafsu makan membuat burung hias anda seperti linglung misalnya berputar dan berjalan kesamping.

Setelah yang disebutkan ada juga, Nafsu makan hilang dan Jika kondisi kekurangan asupan parah gejalanya hingga menyebabkan burung mengalami kebutaan total.

Beberapa penyakit yang disebabkan kekurangan asupan seperti Avitaminosis baik A, B, C, D dan K (Kekurangan vitamin), Tokoferol E (kekurangan vitamin E), asam pantonetat (kekurangan vitamin B5).

Asupan yang Seharusnya Diberikan

Asupan yang seharusnya diberikan bukan hanya makanan seperti buah atau phor namun harus dilihat apakah makanan tersebut bergizi dan berkualitas.

Sayang bukan jika anda memelihara burung dan harus sia-sia karena mati. Jika anda memutuskan untuk merawat berikan burung anda vitamin atau makanan yang membuatnya terhindar dari jamur atau bakteri.

Selain itu bersihkan kandang dan jaga kualitas makanan burung. Jangan membukanya disembarang tempat dan belilah phor atau makanan burung bukan dengan harga ecek-ecek.  

Solusi  dan Asupan Tambahan yang Dapat Diberikan

Ada beberapa asupan tambahan yang mungkin dapat anda berikan pada burung sakit kekurangan asupan, diantaranya : BirdVit, BirdFirstAid (BFA), terapi BirdVit, ikan mentah karena mengandung thiamine bagi kekurangan vitamin B1, terapi BirdMineral, dan terapi BirdFine.

Asupan yang disebutkan sudah mengandung berbagai macam vitamin, kalsium, yang dapat memberikan tambahan asupan bagi burung hias anda.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya sebelum terlambat berikan burung peliharaan anda seperti vitamin – vitamin khusus burung, selain itu anda dapat memberikan kroto.

Anda juga dapat mencairkan makananya sehingga burung memakan dalam bentuk cair. Hal ini dapat memudahkan burung anda yang kekurangan asupan untuk makan dan langsung masuk kedalam tenggorokan. Semoga bermanfaat dan membuat burung anda cepat sehat dan lincah kembali.

Baca Juga : Cara Pengendalian Penyakit Burung yang Disebabkan oleh Bakteri, Virus dan Jamur

Loading...
Cara Mengatasi Penyakit Burung Akibat Kekurangan Asupan | ilmuhewan | 4.5