Cara mengatasi landak mini yang tidak mau makan

By On Thursday, June 1st, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Cara mengatasi landak mini yang tidak mau makan – Landak mini adalah salah satu jenis hewan mamalia yang memiliki duri namun tidak tajam, sehingga banyak juga yang menjadikan mereka sebagai salah satu hewan peliharaan.

Jika sudah menentukan menjadikan hewan peliharaan maka mau tidak mau anda harus menerima resiko yang ditimbulkan bukan? Salah satunya ketika mereka tidak mau makan.

Ada saatnya landak mini akan mengalami tidak mau makan, yang mana kondisi ini akan menjadikan anda khawatir, karena dapat mempengaruhi kehidupan si landak itu sendiri.

Baca Juga : Cara Budidaya dan Ternak landak Mini

Biasanya mereka akan berkurang nafsu makannya ketika mereka sedang mengalami hamil atau akan melahirkan, dan saat sakit seperti stres.

Namun, tidak bisa di sangkal juga ketika mereka bosan dengan makanannya, maka mereka juga tidak akan tertarik untuk makan dan nafsu makan menurun.

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi landak mini yang tidak mau makan :

Memberinya makan ulat Jerman atau hongkong

Kenapa anda harus memberi makan ulat Jerman maupun hongkong ? Bukankah sudah jelas mereka tidak mau makan?

Hal ini jelas harus anda lakukan karena ketika mereka habis melahirkan nafsu makan mereka akan menurun akibat kelelahan saat melahirkan.

Nafsu makan mereka akan menurun sekitar 2 harian.

Memberi mereka makanan ulat bisa dijadikan sebagai suplemen tubuh agar mereka tetap bugar, dengan begitu mereka masih bisa mengurus anak – anaknya dengan baik.

Mengganti menu makanan

Bukan manusia saja yang terkadang bosan dengan menu makanan yang mereka makan, tetapi pada landak mini juga terjadi. Bisa saja nafsu makan mereka menurun akibat menu sehari – hari yang mereka makan membosankan, sehingga mereka tidak tertarik makan.

Anda bisa mengganti makanan mereka atau melakukan amis antara beberapa makanan menjadi satu atau mengganti menu makanan setiap harinya.

Yang terpenting adalah menu yang anda berikan tersebut sudah mengandung gizi yang cukup tapi jangan terlalu banyak lemak, karena bisa jadi jika berlebihan akan mengakibatkan obesitas. Dengan cara ini, kemungkinan nafsu makan mereka akan kembali normal lagi.

Membawanya ke dokter

Nafsu makan menurun dan tidak mau makan berhari – hari? Bisa jadi mereka sedang sakit, bisa jadi stres atau mengalami PUP Ijo.

Misalkan saja mereka mengalami pupijo, maka anda bisa memberinya madu atau sari kurma agar mereka tidak mengalami dehidrasi, membersihkan kandangnya yang terkena pupijo tersebut, selalu menyiapkan ulet hongkong dan minuman yang segar pada wadahnya.

Anda bisa langsung membawanya ke dokter hewan agar bisa langsung tertangani atau dengan memberi mereka diatab dan norit terlebih dahulu.

Untuk diatab berikan dengan dosis 1/16 yang dicampurkan dengan minuman mereka 2 – 3 kali sehari. Anda dapat memberikan norit untuk membersihkan racun yang ada di dalam pencernaan landak mini. Namun, jika tidak ada perubahan segera bawalah ke dokter.

Biasanya mereka akan mengalami pupijo yang di tandai dengan nafsu makan yang menurun  pastinya, kondisi yang lemas, pup mereka berwarna hijau dan terdapat lendir, pup memiliki warna hijau muda yang kemudian menjadi hijau tua dan makin lama semakin encer bentuknya.

Jika kondisi parah, mereka akan muntah yang memiliki warna hijau. Namun, untuk mengatasi penyakit ini dengan segera adalah dengan membawanya ke dokter, karena di beberapa kasus landak mini ini tidak selamat.

Baca Juga : Cara Membuat Kandang Landak Mini

Loading...
Loading...
Cara mengatasi landak mini yang tidak mau makan | ilmuhewan | 4.5