Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Toxoplasma pada Anjing Peliharaan

By On Friday, January 6th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Toxoplasma pada Anjing PeliharaanIlmuhewan.com – Toxoplasma adalah penyakit yang disebabkan oleh protozoon (bersel satu) yang disebut toxoplasma gondii yaitu suatu parasit intraselluler yang banyak terinfeksi pada manusia dan juga hewan peliharaan maupun hewan lain di sekitar kita.

Toxoplasma dapat menyerang hewan yang sering berada di sekitar kita seperti sapi, kuda, kambing,kelinci, harimau, tikus, domba, babi, ayam, burung dan juga anjing.

Berdasarkan hasil penelitian, di Jakarta sebanyak 77,7% kucing terinfeksi toxoplasma, sebanyak 76,5 % anjing terinfeksi toxoplasma dan sebanyak 28% babi terinfeksi toxoplasma.

Baca Juga : Bagaimana Cara Merawat Hewan Iguana Forest Dragon?

Tapi berdasarkan fakta juga bahwa kucing dan anjing bukan sumber utama dari menularnya toxoplasma kepada manusia.

Toxoplasma dapat mengganggu kesehatan hewan yang terinfeksi maupun manusia yang terinfeksi toxoplasma.

Toxoplasma pada hewan anjing misalnya akan mengakibatkan diare dan cacat pada fetus anjing jika infeksi toxoplasmanya sangat parah.

Tapi sebagian besar, infeksi toxoplasma pada hewan termasuk anjing, bersifat ringan dan tidak menunjukkan gejala sama sekali.

Sedangkan pada manusia, infeksi toxoplasma pada pria dapat menyebabkan pembekakan kelenjar getah bening dan infeksi saluran telur wanita jika seorang wanita terinfeksi toxoplasma.

Toxoplasma terdapat diseluruh dunia secara meluas. Orang yang terinfeksi Toxoplasma biasanya adalah yang suka memakan daging yang tidak matang sempurna atau sayuran yang tidak bersih dan matang sempurna, karena di dalamnya mengandung kista toxoplasma yang masih hidup yang dapat menyebabkan infeksi toxoplasma.

Penularan Toxoplasma juga dapat tertular melalui kotoran hewan yang mengandung ookista (telur toxoplasma), yang kemudian ikut tertelan kedalam tubuh manusia.

Sama halnya seperti manusia, anjing dapat terinfeksi toxoplasma karena sering mengkonsumsi makanan mentah atau daging mentah yang kebanyakan mengantun kista toxoplasma.

Toxoplasma pada hewan dalam hal ini adalah pada anjing, sebenarnya dapat dicegah dan apabila anjing telah terinfeksi toxoplasma maka dapat disembuhkan. Adapun cara-cara mengatasi dan mengobati toxoplasma pada anjing adalah sebagai berikut ini;

  1. Periksakan anjing ke dokter hewan secara rutin, minimal sebulan sekali untuk mengecek kesehatan dari anjing itu sendiri dan juga untuk mengetahui apakah anjing terinfeksi toxoplasma apa tidak. Biasanya dokter akan melakukan tes laboraturium ntuk mengetahui apakah anjing terinfeksi toxoplasma apa tidak.
  2. Hindari memberikan daging mentah kepada anjing karena daging mentah dapat menyebabkan anjing terinfeksi toxoplasma.
  3. Jaga kebersihan dari anjing anda karena anjing yang bersih kemungkinan tertular toxoplasma sangat kecil. Selalu bersihkan kandang anjing, pasir tempat kotoran anjing dan juga mandikan anjing secara rutin minimal seminggu sekali dengan sabun khusus anjing agar tidak mudah terinfeksi toxoplasma.
  4. Berikan anjing makanan kaleng atau makanan kering karena menurut hasil penelitian, anjing yang diberikan makanan kaleng atau makanan kering tidak akan terinfeksi toxoplasma.
  5. Jangan biarkan Anjing anda memangsa hewan lain di alam liar misalnya kecoa dan tikus karena hal tersebut dapat menjadi penyebab anjing terinfeksi toxoplasma.
  6. Hindari anjing peliharaan berinteraksi dengan anjing liar karena kita tidak dapat mengetahui dengan pasti apakah anjing di alam liar tersebut sehat atau terserang penyakit.
  7. Jika anjing sudah terlanjur terinfeksi toxoplasma, segera berikan obat berupa antiobiotik clyndamicin dengan berkonsultasi kepada dokter sebelumnya terlebih dahulu.

Oleh karena itu sebisa mungkin anda harus dapat menjaga kesehatan anjing sangat penting agar anjing tidak mudah terinfeksi toxoplasma yang mana akan dapat menular ke manusia juga.

Baca Juga : Sistem Pencernaan makanan pada Hewan Menyusui

Loading...
Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Toxoplasma pada Anjing Peliharaan | ilmuhewan | 4.5