BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Orf Pada Hewan Kambing

By On Monday, January 30th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Orf – Ada beberapa penyakit yang dapat menyerang hewan kambing salah satunya yang sering terjadi yaitu penyakit Orf.

Penyakit Orf adalah penyakit kulit yang dapat menyerang hewan kambing dan juga domba yang disebabkan oleh virus.

Di beberapa daerah di Indonesia, penyakit Orf ini memiliki sebutan nama yang berbeda, misalnya di Sumatera Barat penyakit Orf ini dikenal dengan penyakit purung dan juga di Bali penyakit Orf ini dikenal dengan nama dakangan.

Baca Juga : Beberapa Ciri dan Cara Mengatasi Kambing Yang Keracunan

Jika kambing atau domba terkena penyakit Orf ini tidak akan berakibat kematian tapi akan menurunkan harga jual dari kambing atau domba itu sendiri.  Penyakit Orf ini dapat menular ke kambing atau domba lainnya.

Ada beberapa gejala yang ditunjukan oleh kambing yang terkena penyakit Orf ini diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Gejala yang dialami kambing saat pertama kali terkena penyakit Orf adalah munculnya bintik-bintik merah pada kulit kambing biasanya di daerah mulut kambing.
  2. Gejala selanjutnya adalah terjadi peradangan pada bintik-bintik merah tersebut.
  3. Peradangan tersebut jika tidak segera diobati maka akan berakibat melepuhnya kulit kambing dan akan keluar cairan yang akan membentuk kerat pada mulut kambing.
  4. Menurunnya nafsu makan kambing yang dapat mengakibatkan kambing terlihat semakin kurus.

Jika penyakit ini tidak segera diobati pada kambing maka akan mengakibatkan tertularnya penyakit Orf tersebut kepada kambing lainnya. Ada beberapa cara untuk mengobati penyakit Orf pada hewan kambing ini yaitu sebagai berikut ini:

  1. Pengobatan yang dapat dilakukan untuk kambing yang terkena penyakit Orf adalah membersihkan luka kambing yang berbentuk kerak lalu memberikan yodium tincture atau semprotan (spray) antibiotic misalnya Limoxyn-25 Spray untuk mencegah infeksi bakteri sekunder.
  2. Memberikan betadin pada kulit kambing yang terinfeksi agar pada saat kambing makan tidak terlalu merasakan sakit.
  3. Menghindari pemberian makan ternak dengan struktur kasar, lebih baik jika memberikan makanan yang strukturnya lunak agar kambing tidak sakit ketika makan sehingga kulit yang terkena penyakit orf dapat segera kering dan bersih.
  4. Menghindari luka kambing yang terkena penyakit orf dari lalat agar luka cepat sembuh. Luka yang sudah diberikan antibiotic biasanya akan dihindari oleh lalat.
  5. Jika kerak pada kulit kambing yang terkena penyakit Orf sudah menghitam, maka buka kerak tersebut dengan cara menggosoknya dengan kain yang sudah direndam dengan air hangat atau bisa juga dengan kapas. Setelah kerak benar-benar hilang berikan obat luka atau betanin pada kulit kambing.

Penyakit Orf ini juga dapat dicegah agar kambing tidak terkena penyakit Orf ini berikut adalah tips-tipsnya :

  1. Melakukan karantina jika kambing terkena penyakit Orf yaitu dengan memisahkan hewan kambing yang terkena penyakit Orf dengan kambing yang sehat agar kambing yang sehat tidak tertular penyakit Orf juga.
  2. Jangan memotong kambing yang terkena Orf karena akan menular kepada manusia. Lebih baik jika memusnahkan kambing yang terkena Orf jika sudah tidak dapat disembuhkan lagi.
  3. Melakukan sanitasi kandang kambing dan lingkungan pemeliharaan kambing pada daerah yang tertular.
  4. Menjaga kesehatan kambing dengan rutin memandikan kambing, menjaga kebersihan kandang, peralatan ternak, tempat makan kambing agar bebas dari virus dan bakteri yang membawa penyakit serta memberikan pakan yang bernutrisi cukup serta memberika vitamin yang cukup agar kambing terhindar dari penyakit yang dapat menyerang hewan kambing termasuk penyakit Orf.
  5. Melakukan vaksinasi yang teratur pada kambing untuk mencegah terkena penyakit Orf.

Baca Juga : Cara Penanganan pasca kelahiran pada kambing

Loading...
Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Orf Pada Hewan Kambing | ilmuhewan | 4.5