Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Jembrana Pada Sapi Bali

By On Monday, January 9th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Jembrana – Sapi adalah salah satu hewan ternak yang mana dagingnya dapat dikonsumsi untuk manusia dan juga menghasilkan susu untuk dikonsumsi manusia sehari-hari.

Untuk menjaga kualitas daging dan susu sapi agar tetap sehat dan baik untuk di konsumsi tidaklah mudah. Kesehatan sapi dan asupan makanan sapi haruslah dapat dijaga oleh petugas ternak agar dapat menghasilkan susu dan daging yang terbaik yang terhindar dari penyakit.

Ada beragam penyakit yang dapat menyerang hewan ternak sapi diantaranya adalah anthrax yang dapat menular ke manusia juga, Surra, kuku busuk, kembung perut atau bloat, demam, malignant catharral fever, kudis, cacingan, septichamea epizootica, diare, brucellosis, radang paha, botulisme, dan Jembrana yang banyak menyerang sapi Bali.

Baca Juga : Cara Mengatasi Penyakit Mastitis Pada Sapi Perah

Jembrana merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus yang biasanya ditemukan pada Sapi Bali. Virus yang menyebabkan penyakit Jembrana pada sapi bali adalah berasal dari virus Retroviridae, sub-family Lentivirinae.

Virus ini merupakan virus baru dan merupakan virus yang satu kelompok dengan virus HIV pada manusia. Penularan penyakit Jembrana ini pada Sapi Bali berasal dari gigitan lalat yang menghisap darah, misalnya Tabanus rubidus.

Penyakit Jembrana ini berawal dari Kabupaten Jembrana, Bali, sekitar tahun 1964 sapi-sapi ternak di Bali terkena penyakit dengan gejala tertentu yang kemudian dinamakan penyakit Jembrana. Setelah itu, penyakit Jembrana menyebar hingga ke wilayah di Indonesia lainnya seperti Jawa Timur dan Kalimantan.

Sapi yang terkena penyakit jembrana akan mengalami gejala-gejala sebagai berikut:

  1. Suhu tubuh sapi meningkat hingga 42 derajat celcius
  2. Sapi mengalami diare yang disertai dengan darah
  3. Adanya bercak-bercak darah pada sapi
  4. Kematian secara mendadak
  5. Sapi terlihat seperti mengalami depresi, tidak bisa tenang seperti biasanya
  6. Adanya pembengkakan pada kelenjar limfeprescapularis, prefemoralis, parotis.
  7. Keluar cairan dari hidung sapi

Penyakit Jembrana pada Sapi Bali sebenarnya dapat dicegah. Bagaimanakah cara untuk mencegahnya? Berikut ini adalah tipsnya.

  1. Melakukan karantina selama beberapa hari antara sapi yang baru datang dari lingkungan yang berbeda dengan sapi yang sudah ada di peternakan anda. Jika Sapi yang baru datang sudah dinyatakan sehat maka barulah anda gabungkan antara tempat sapi lama dengan sapi yang baru datang.
  2. Jika ada sapi yang sakit, segeralah isolasi agar tidak menular ke sapi lainnya. Segerlah melakukan tindakan pengobatan kepada sapi yang sakit.
  3. Melakukan Vaksinasi jembrana sesuai dengan dosis yang disarankan oleh dokter kepada sapi untuk menghindari dari terkenanya penyakit Jembrana.
  4. Memberikan makanan yang cukup pada sapi dan vitamin yang cukup pada sapi agar sapi sehat dan kebal terhadap segala penyakit termasuk penyakit Jembrana.
  5. Menjaga kebersihan kandang sapi dengan menyemprotkan cairan khusus serangga agar lalat yang menyebabkan penyakit Jembrana tidak bersarang di kandang sapi.

Namun, jika Sapi terlanjur terkena penyakit Jembrana, bagaimana bentuk Penyembuhannya? Jawabannya adalah dengan memberikan vaksin inaktif yang berfungsi untuk mengurangi gejala dari penyakit Jembrana pada Sapi Bali tersebut.

Setelah itu, Sapi bali akan sembuh setelah melewati masa klinis atau 5 minggu setelah infeksi. Selain itu anda juga dapat mencoba resep tradisional yang biasa dilakukan oleh peternak sapi di Kalimantan Timur

yaitu mencampurkan kunyit, asam jawa dengan gula jawa, lalu berikan komposisi bahan-bahan tradisional tersebut dan berikan kepada sapi hingga sapi menunjukan tanda-tanda kesembuhan. Jika sapi tidak kunjung sembuh segera konsultasikan kepada dokter hewan terdekat agar sapi tidak semakin parah.

Itulah informasi dan beberapa tips untuk mencegah dan mengobati penyakit Jembrana pada Sapi Bali, semoga bermanfaat ya.

Baca Juga : Jenis rumput pakan ternak sapi

Loading...
Loading...
Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Jembrana Pada Sapi Bali | ilmuhewan | 4.5