Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Gumboro Pada Ayam

By On Tuesday, January 10th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Gumboro Pada Ayam  – Pernahkah anda mendengar penyakit Gumboro yang dapat menyerang hewan ternak Ayam?

Penyakit Gumboro atau yang disebut dengan Infectious Bursa Disease adalah penyakit yang menyerang bursa fabricii atau kelenjar bulat pada ayam yang terletak diatas kloaka.

Penyakit Gumboro ini pertama kali ditemukan di Amerika Serikat sekitar tahun 1950 an hingga saat ini masih menyerang hewan ternak ayam di seluruh wilayah di dunia termasuk di Indonesia.

Baca Juga : Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Toxoplasma pada Anjing Peliharaan

Penyakit ini disebabkan oleh virus Gumboro yang biasanya akan menyerang ayam yang berusia muda yaitu 9 hari hingga 60 hari Penyebaran virus ini bisa melalui makanan, minuman, kotoran ayam, alat peternakan, dan orang yang tercemar virus Gumboro sel B bursa fabricii yang bertanggung jawab dalam pembentukan antibody untuk kekebalan.

Gejala dari penyakit Gumboro ini apabila menyerang anak ayam yang berumur 1-12 hari tidak begitu kelihatan. Gejala-gejala pada umumnya jika ayam terserang penyakit Gumboro adalah sebagai berikut ini:

  1. Ayam keliatan lesu dan nafsu makannya berkurang dan ayam akan cenderung berada di pojok kandangnya mengasingkan diri dari ayam yang sehat lainnya.
  2. Bulu ayam akan kelihatan berantakan atau kusut dan mata lebih banyk terpejam.
  3. Kotoran ayam yang terjangkit penyakit Gumboro akan berwarna putih bening dengan struktur lengket dan cair. Selain itu sekitar dubur ayam akan terlihat lebih kotor dari biasanya dan terus menerus mematuk duburnya.
  4. Terjadi demam pada ayam dan pada suhu badan yang semakin tinggi akan menyebabkan ayam kejang-kejang.

Apabila virus Gumbrono ini bersifat tunggal atau tidak ada komplikasi dari infeksi virus atau bakteri lain maka dapat disembuhkan.

Tapi yang akan menjadi masalah adalah apabila terjadi komplikasi sekunder maka hal ini akan menyebabkan kematian. Ada beberapa pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari ayam terkena penyakit Gumboro yaitu sebagai berikut ini:

  1. Melakukan sanitasi lingkungan secara berkala dengan disinfektan
  2. Melakukan vaksinasi kepada ayam yang masih berumur 9 hari yang berfungsi untuk menghindari ayam terserang penyakit Gumboro.
  3. Menjaga kebersihan kandang ayam agar ayam tetap nyaman dan tidak gampang stress. Jika ayam stress maka system kekebalan tubuhnya akan menurun dan akan rentan terkena penyakit Gumboro.
  4. Memberikan asupan makanan dan minuman yang sehat dan bersih kepada ayam dan juga memberikan vitamin yang cukup untuk ayam.

Lalu, bagaimana jika ayam terlanjur terkena penyakit Gumboro? Berikut ini adalah solusi pengobatannya apabila ayam terjangkit penyakit Gumboro.

  1. Apabila ayam berusia dibawah 25 hari maka tindakan yang tepat adalah melakukan pemanasan atau brooding namun ventilasi harus lancer karena ayam sudah besar dan membutuhkan banyak oksigen.
  2. Penyakit Gumboro dapat diobati dengan antibiotic namun antibiotic disini hanya dapat mencegah penyakit sekundernya saja. Berikan antibiotic dengan dosis yang ringan seperti Neomicin, Ampicillin, Doxiciclin. Dan yang perlu diingat adalah jangan memberikan obat kemoterapi sejenis Sulfa dan lainnya karena ginjal ayam tidak akan mampu menerima dosisnya sehingga dapat menyebabkan kematian. Selain itu anda juga dapat memberikan Vitaminelektrolit, glukosa untuk upaya penyembuhan.

Sebelum beternak ayam, sebaiknya lakukan sanitasi kandang ayam dan jaga kebersihan kandang ayam sebaik mungkin terutama jika berada di wilayah yang rawan terhadap penularan penyakit Gumboro agar ayam tidak terjangkit penyakit Gumboro tersebut.

Baca Juga : Jenis tipe kandang untuk ayam ras petelur

Loading...
Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Gumboro Pada Ayam | ilmuhewan | 4.5