Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Dropsy (Sisik Nanas) pada Ikan Cupang

By On Sunday, July 9th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Dropsy (Sisik Nanas) pada Ikan Cupang – Pernahkah Anda mendengar nama penyakit Dropsy?

Ya, jika kalian memiliki ikan cupang sebagian hewan peliharaan, kalian pasti tidak asing dengan penyakit ini. Dropsy merupakan sebutan untuk gejala dari suatu penyakit, dan bukan merupakan suatu penyakit.

Akan tetapi, sebagian besar masyarakat pencinta ikan cupang mengenal Dropsy sebagai suatu penyakit. Dropsy sendiri ditandai dengan menggembungnya bagian perut ikan dan sisik-sisik ikan yang terangkat dikarenakana tertahannya cairan dalam tubuh ikan cupang.

Baca Juga : Cara Melatih Mental Bertanding Ikan Cupang

Maka dari itu, Dropsy juga disebut sebagai penyakit sisik nanas. Penyakit ini sendiri disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Bakteri yang menyerang biasanya berupa bakteri Aeromonas myobakteri atau sebuah parasite berupa Hexamita.

Adanya penyakit Dropsy/sisik nanas pada ikan cupang ini adalah salah satu hal yang cukup buruk bagi para penghobi.

Hal tersebut dikarenakan penyakit Dropsy sendiri belum ada obat khusus untuk menyembuhkannya, jadi rata-rata para penghobi akan berusaha semampunya, dan kemungkinan besar ikan cupang mereka akan mati secara perlahan.

Biasanya, mereka akan rutin mengganti air setiap harinya tetapi rata-rata keberhasilan sembuhnya masih tipis.

Jika ikan cupang yang kalian miliki terlihat tidak sehat dan menunjukan pergerakan/gelagat terkena penyakit Dropsy, segera pisahkan dari ikan cupang lainnya dikarenakan penyakit ini dapat dengan mudah menular ke ikan cupang lainnya.

Biasanya, gejala dari ikan tersebut yaitu akan terlihat murung berdiam dibawah dan perut ikan terlihat membesar (bukan karena hamil ataupun makanan).

Jika didiagnosa lebih awal, maka kemungkinan untuk ikan cupang dapat sembuh lebih besar. Sebaliknya, jika sudah terlalu akut maka akan sulit untuk menyembuhkan ikan cupang yang sudah terkena Dropsy.

Tetapi jangan khawatir dan putus harapan, bagi kalian para penghobi ikan cupang, tentunya ada beberapa cara mengatasi dan mengobati penyakit Dropsy pada ikan cupang, yang mungkin belum banyak diketahui oleh kalian.

Berikut ada beberapa cara dan tips untuk mengatasi dan mengobati penyakit Dropsy pada ikan cupang, yaitu :

  1. Sediakan obat khusus yang akan kalian gunakan untuk penyembuhan Dropsy ini. Kalian bisa membeli obat tetra chlor, lukastop, dan methyl blue. Untuk tetra chlor kalian dapat membelinya di took burung/ayam. Sementara, untuk merk lukastop dan methyl blue bisa kalian dapatkan di toko ikan sekitar rumah kalian.
  2. Caranya, masukkan ikan cupang tersebut kedalam sebuah wadah/akuarium yang berisi kurang lebih 1 liter air.
  3. Setelah itu, masukkan tetra chlor sebanyak 1 butir saja. Kemudian, diamkan saja selama 2-3 hari. Setelah didiamkan, maka air tersebut akan berubah warna menjadi coklat pekat.
  4. Kemudian, kalian dapat mengganti air tersebut (sebanyak 1 liter juga), diikuti dengan pemberian garam ikan secukupnya, ditambah dengan 3 tetes obat “luka stop” dan 3 tetes methyl blue ke dalam air tersebut.
  5. Biarkan selama kurang lebih 1-2 hari, dan kalian bisa lihat perkembangannya. Jika ikan cupang sudah terlihat mulai lincah dan tidak murung lagi, maka hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan.
  6. Lalu, ganti air tersebut menjadi air normal ditambah dengan sedikit garam. Kalian juga dapat menggunakan air ketapang (akan tetapi lebih mudah air ditambah garam, tergantung kebutuhan dan keinginan saja)
  7. Terakhir, kalian dapat memberikan makan ikan cupang kalian sedikit demi sedikit saja sampai ikan cupang kalian benar-benar sembuh dari penyakit Dropsy tersebut.

Baca Juga : Cara Memperindah dan Mempercantik Warna Ikan Cupang

Loading...
Loading...
Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Dropsy (Sisik Nanas) pada Ikan Cupang | ilmuhewan | 4.5