Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Dactylogyrus Pada Ikan  

By On Monday, January 30th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Dactylogyrus Pada Ikan – Budidaya ikan merupakan bisnis yang sangat menjajikan asalkan anda dapat mengelolanya dengan baik dan mengetahui teknik-teknik agar ikan terus bertumbuh dengan sehat.

Namun penyakit yang menyerang ikan tidak dapat dihindari. Pada umumnya penyakit yang bisa menyerang ikan adalah penyakit yang disebabkan bakteri, penyakit yang disebabkan oleh jamur, penyakit yang disebabkan oleh Protozoa penyakit yang disebabkan oleh kutu, dan lain sebagainya.

Namun, pernahkah anda mendengar penyakit Dactylogyrus yang dapat menyerang ikan? Penyakit Dactylogyrus adalah penyakit yang menyerang ikan yang disebabkan oleh cacing Dactylogyrus sp. pada insang ikan.

Baca Juga : Cara Mudah dalam Proses Pembenihan Ikan Arwana

Cacing Dactylogyrus berukuran sangat kecil dan tidak dapat dilihat dengan kasat mata oleh karena itu hanya dapat dilihat dengan mikroskop.

Pada umumnya penyakit Dactylogyrus menyerang ikan tawar pada fase benih 3 cm -10 cm , walaupun ditemukan juga pada fase dewasa.

Jika ikan terserang penyakit ini maka gejala yang ditunjukan oleh ikan adalah insang ikan akan rusak, tampak bintik putih,tutup insang akan sedikit terbuka karena pembekakan insang, nafsu makan ikan akan berkurang, pertumbuhan ikan terhambat karena darah dihisap oleh parasit, produksi sel darah putih pada ikan berkurang, ikan lebih sering mengambang di permukaan kolam, kulit ikan berlendir, kulit ikan terlihat luka dan ikan akan terlihat pucat.

Penyakit Dactylogyrus ini sebenarnya dapat dicegah agar tidak terkena pada ikan yaitu dengan cara-cara berikut ini :

  1. Persiapan kolam yang matang untuk budidaya ikan yaitu dimulai dari pengeringan, pembalikan dasar kolam dan pengapuran. Pengapuran dilakukan agar parasit tidak berkembang biar di kolam ikan. Kebersihan kolam pun sangat menentukan, kolam ikan yang bersih tidak akan menjadi habitat dari parasit yang dapat mengganggu kesehatan ikan.
  2. Jika kolam ikan merupakan kolam permanen, maka dapat melakukan desenfektan dengan menggunakan Methylene Blue yang dosisnya 1 gram/m3. Kondisi ikan harus selalu dikontrol agar tidak gampang terserang penyakit.
  3. Pastikan nutrisi pada pakan ikan sudah cukup agar ikan berkembang dengan optimal dan sehat. Ikan yang sehat akan sulit terserang parasit.

Jika ikan sudah terlanjur terkena penyakit Dactylogyrus maka masih dapat diobati yaitu dengan cara-cara berikut ini:

  1. Menggunakan Methylene Blue yaitu dengan melakukan perendaman Metylene Blue dengan dosis 3 ppm dalam waktu 24 jam atau lebih. Jangan lupa untuk mengganti rendaman Metylene Blue dalam kolam ikan jika sudah berubah menjadi biru terang.
  2. Menggunakan Larutan Ammonium yaitu dengan melakukan perendaman larutan ammonium sebanyak 1:2000 dalam waktu 5-15 menit. Untuk bisa menghasilkan larutan ammonium sebanyak 1:2000 maka dapat dilakukan dengan cara membuatan perbandingan larutan ammonium dengan air sebanyak 1:9 lalu campurkan larutan tersebut diambil hanya 5% nya saja dan campurkan dengan air sebanyak 1 liter. Dengan campuran seperti yang telah disebutkan barusan, maka barulah didapatkan larutan Ammonium sebanyak 1:2000.
  3. Menggunakan Formalin atau MGO yaitu dengan melaukan perendaman Formalin dengan dosis sebanyak 15-50 ppm selama 24 jam dan dapat dilakukan seminggu 3 kali agar ikan terbebas dari parasit.
  4. Menggunakan Garam Dapur yaitu merendamkan garam dapur dengan dosis 100-500 ppm dan bisa dilakukan dalam jangka waktu yang panjang atau bisa juga dalam jangka waktu 30 menit. Cara merendamnya pun harus dilakukan perendaman pada tempat yang terpisah dahulu dengan air baru di siram ke dalam kolam ikan.

Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca Juga : Cara Mudah Pemijahan Ikan Kakap Putih

Loading...
Loading...
Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Dactylogyrus Pada Ikan   | ilmuhewan | 4.5