Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Mengatasi Dan Mengobati Patah Kaki Pada Burung

By On Wednesday, March 21st, 2018 Categories : Burung, Penyakit Hewan

Cara Mengatasi Dan Mengobati Patah Kaki Pada Burung – Cara mengatasi dan mengobati patah kaki pada burung dapat disebabkan oleh beberapa hal.

Salah satu sebabnya adalah karena terjepit sesuatu benda, atau dapat juga disebabkan oleh hal lainnya seperti sangkar burungnya yang terjatuh dari tempatnya sehingga menyebabkan kaki pada burung terkena benturan yang cukup keras. Apabila terjadi hal tersebut, anda tak perlu khawatir untuk mendapatkan cara menanganinya.

Salah satu burung jenis burung yang sering mengalami kejadian kecelakaan seperti tersebut adalah jenis – jenis burung kecil contohnya  seperti ciblek, pleci, kenari, blacktroath dan banyak lainnya. Sedangkan untuk jenis burung besarnya merupakan jenis burung nuri, betet, kakatua.

Cara Mendeteksi Kaki Patah Atau Terkilir

Untuk dapat mendeteksi apakah kaki burung patah atau terkilir, cobalah raba pada kaki burung yang terluka secara perlahan.

  • Jika kaki patah, akan dapat dirasakan adanya semacam benjolan di lokasi patahan tersebut. Benjolan disebabkan karena danya bagian tulang yang mendesak keluar sampai dibawah permukaan kulit.
  • Jika kaki patah karena keseleo atau terkilir, tidak akan terlihat adanya benjolan. Penyebab keselo atau terkilir dikarenakan adanya posisi otot yang salah atau sedikit bergeser dari posisi normalnya. Burung mempunyai otot yang sangat kecil sehingga tidak mungkin dapat dirasakan saat diraba.

Apabila lokasi patahan atau bagian yang terkilir sudah dapat dideteksi atau dirasakan, maka metode penanganan perawatan ataupun pengobatan yang tepat dapat lebih mudah dilakukan.

Ada beberapa metode yang dapat dilakukan sebagai cara mengatasi dan mengobati patah kaki pada burung antara lain:

  • Dengan menggunakan semacam penopang kaki yang berfungsi untuk menahan kaki agar gerakannya tetap dapat dikontrol, sehingga sampai pada akhirnya otot dan tulang dapat memperbaiki sistim dan jaringannya sendiri.
  • Dengan memasang sejenis pen atau kawat yang disambungkan diantara tulang yang patah. Metode ini hanya dapat dilakukan oleh dokter hewan atau oleh orang yang sudah terlatih dan memiliki pengetahuan mengenai hal ini.

Sebagai catatan yang perlu diperhatikan untuk perawatan yang dilakukan tersebut adalah:

  • Usahakan sewaktu kita merapatkan tulang di anjurkan harus rapi lantaran kalau tidak rapih akan mengakibatkan kebengkokan pada tulang tersebut.

Metode lainnya untuk mengatasi dan mengobati kaki burung yang terkilir dapat dilakukan dengan cara:

  • Pengobatan dengan membalut bagian kaki yang terkilir dengan batang serai.

Cara ini dianggap cukup efektif karena dapat menyembuhkan luka dengan lebih cepat apabila dibandingakan dengan menggunakan cara lainnya. Hal ini disebabkan karena batang serai mengandung banyak khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Batang serai dipercaya mempunyai sifat antimikroba yang berfungsi untuk dapat membuat luka terhindar dari bakteri sekitar agar tidak berkembang biak secara agresif.

Bakteri yang berkembang terlalu agresif dapat menyebabkan luka menjadi terinfeksi, sehingga akan lama penyembuhannya.

Penyembuhannya dapat menggunakan serai dan minyak tawon, yang propes pengobatannya dapat dilakukan seperti cara dibawah ini:

  • Pertama – tama kita  kupas serai agar getahnya dapat  menempel pada kaki burung yang terkilir, atau dapat juga dengan cara mengoleskannya dengan minyak tawon.
  • Gunakan kain kasa yang ditempelkan dengan isolasi kertas yang berwarna putih pada bagian kaki yang terkilir agar mudah untuk dapat dipasang dan dilepas selama perawatan
  • Selama proses penyembuhan ini berlangsung, usahakan untuk dapat memberikan burung anda makanan yang banyak mengandung kalsium tinggi seperti susu, telur, atau kulit sotong

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi dan mengobati patah kaki pada burung yang dapat diberikan. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan, serta dapat membantu anda dalam mengatasi masalah pada burung yang mengalami patah tulang ataupun luka pada kaki.

Baca Juga : Cara Memotong Ring Di Kaki Burung Peliharaan

Loading...
Cara Mengatasi Dan Mengobati Patah Kaki Pada Burung | ilmuhewan | 4.5