Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara mengatasi dan mengobati burung lovebird terkena penyakit mata (Snot)

By On Monday, September 5th, 2016 Categories : Burung

Penyakit mata yang dapat diderita oleh burung Lovebird atau yang sering kita kenal dengan istilah penyakit snot memang sangatlah menghantui para pembudidaya dan pecinta burung khususnya burung lovebird.

Jenis penyakit mata yang satu ini sewajibnya kita waspadai. Hal ini dikarenakan jika ia tidak ditangani dengan menggunakan metode yang tepat, maka akan bisa berdampak pada daya tahan tubuh jangka panjang si burung.

Jika penanganan penyakit snot mengalami keterlambatan, maka akan berpotensi terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bahkan sampai kepada kematian dari burung kesayangan kita.

sakit mata

Baca Juga : Perbedaan Burung lovebird jenis Pejantan Dan Betina

Pertama-tama kami akan menjelaskan terlebih dahulu tentang apa itu penyakit snot? Snot adalah jenis penyakit organ mata yang terinfeksi yang bermula dari saluran pernafasan sehingga ia menyebabkan keluarnya secercah cairan yang mendesak keluar tubuh seperti belek sehingga yang terdeteksi dan terlihat pertama kali oleh kita adalah pada bagian sekitar mata dari si burung lovebird.

Burung lovebird yang terserang wabah penyakit snot akan memperlihatkan kepada kita gejala di bagian daerah mata burung akan terlihat lebih berair dari mata normal. Biasanya ketika burung lovebird terkena snot, hanya salah satu mata saja yang bisa terserang.

Dan jikalau penyakit ini sudah parah maka kedua mata dari burung lovebird akan memperlihatkan kepada kita gejala yang sama.

Semisal terdapat benjolan pada mata serta bagian kepala burung akan terlihat selalu lebih basah. Bila ini terjadi, segeralah tangani penyakit yang menyerang burung lovebird ini dengan serius apabila anda menemukan gejala-gejala penyakit mata semisal diatas.

Burung yang mengalami sakit mata tentunya akan mengalami dampak pada perilaku keseharianya. Seperti contoh, ketika burung ingin mematuk matuk sekitaran area pakan.

Burung akan mengalami sedikit kesulitan dalam melihat makanan. Untuk itulah kita harus bisa melakukan perawatan khusus semisal seperti berikut :

  • Pisahkanlah burung lovebird yang sadang mengalami sakit mata.
    Penyakit snot yang menjangkit salah satu burung, dikawatirkan akan bisa menular pada burung lain yang sejenis. Upaya pemisahan ini dimaksudkan agar proses dari penyembuhan burung bisa berlangsung lebih cepat, serta tidak bisa menular ataupun tertular kembali dengan penyakit yang sama dari burung yang sakit.
  • Burung yang sedang sakit sebaiknya jangan disemprot ataupun dimandikan.
  • Kurangilah porsi penjemuran burung. Sekitar 10 menit saja sebenarnya sudah cukup. Itupun penjemuran burung sebaiknya dilakukan saat pagi hari kisaran jam 06.00 – 06.10. Menjemur burung sebenarnya cukup penting karena burung sangat membutuhkan asupan vitamin D.
  • Pembersihan kandang haruslah dilakukan agar virus dari penyakit yang masih menempel atau tersisa pada kandang maupun tempat tangkringan burung dapat segera hilang. Peletakan dari kandang atau sangkar haruslah tepat dan juga mempunyai sirkulasi udara yang baik.

Untuk pengobatan burung, anda dapat melakukannya dengan opsi 2 cara yaitu dengan cara herbal maupun dengan cara yang non herbal.

Bersihkanlah terlebih dahulu areal sekitaran mata burung lovebird dengan memakai kain yang sudah direndam sebelumnya di air hangat.

Kemudian siapkanlah air rebusan daun sirih kemudian teteskanlah di areal mata yang sedang terkena penyakit snot. Air rebusan daun sirih ini dipercaya mengandung antibiotik dan ia mampu membantu membunuh bakteri.

Untuk cara yang non herbal, kita bisa meneteskan cairan obat mata ataupun obat salep mata yang khusus untuk mengatasi penyakit snot. Silahkan cari referensi terlebih dahulu tentang obat apa yang paling cocok untuk jenis burung Anda.

Usahakan referensi itu berasal dari orang yang sudah cukup berpengalaman serta pernah sukses dalam upaya penyembuhan penyakit snot.

Itulah beberapa tips tentang Cara Mengobati Penyakit Mata Pada Lovebird yang bisa Anda coba praktikan untuk membantu penyembuhan burung kesayangan anda. Semoga dengan tips yang telah kami sampaikan diatas, burung lovebird Anda bisa kembali sehat dan cepat kembali moncer dilapangan.

Baca Juga : Cara Penanganan Burung Lovebird yang Mengalami Over Birahi

Loading...
Loading...
Cara mengatasi dan mengobati burung lovebird terkena penyakit mata (Snot) | ilmuhewan | 4.5