Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Kuning Pada Ayam

By On Tuesday, October 24th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Kuning Pada Ayam – Adanya berbagai macam penyakit pada saat pemeliharaan ayam pastinya tidak ingin diharapkan keberadaannya.

Penyakit tersebut pada dasarnya dapat disembuhkan dengan mencari terlebih dahulu bagaimana asal mulanya penyakit tersebut dapat muncul.

Kemudian, kalian dapat melakukan tindakan pengobatan, baik dengan obat kimiawi maupun berupa obat tradisional. Kalian juga dapat menggunakan obat dengan mengkombinasikan keduanya.

Obat tradisional ini merupakan salah satu warisan turun temurun yang berasal dari nenek moyang kita agar dapat menyembuhkan ayam.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengobati Ayam Yang Terserang Penyakit Pilek

Saat ini, obat tradisional sudah mulai mengalami kemajuan yang signifikan dikarenakan obat tradisional yang memiliki kandungan alami dan tentunya tidak mengandung efek samping.

Ternyata, banyak para ilmuwan yang sedang berlomba-lomba dalam meneliti kegunaan daripada obat tradisional tersebut dikarenakan masih banyaknya yang belum diketahui zat yang terkandung di dalamnya.

Penyakit kuning ayam ini cukup sering diidentikkan dengan suatu penyakit gangguan fungsi hati yang dapat menyerang manusia oleh masyarakat pada umumnya.

Akan tetapi, penyakit kuning ini belum dapat dipastikan hanya menyerang fungsi hati sebelum diketahui benar-benar apa penyebabnya serta asal mulanya, apa saja bagian-bagian yang terserang penyakit, serta langkah pengobatan yang mampu dilakukan sehingga pada saat proses pengobatannya, tidak salah memahami dengan memberikan obat yang sesuai dengan fungsi serta kegunaannya.

Kalian dapat melihat suatu tanda daripada penyakit kuning ayam yang sudah semakin parah yaitu pada bagian kulit ayam terlihat menjadi kekuningan.

Penyakit kuning yang menyerang ayam ini dapat disebabkan karena hal-hal berikut ini :

  • Luka dalam sehabis tarung.
  • Infeksi hati
  • Cacingan parah
  • Radang usus
  • Goham di tenggorokan
  • Salmonella, dll.

Ayam yang terserang penyakit kuning ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal tertentu seperti infeksi pada hati, radang pada usus, cacingan yang sudah terjadi cukup lama, terdapat luka setelah diadu dan yang lain sebagainya

. Apabila ayam tersebut sudah terkena penyakit kuning, maka ada baiknya segera diberikan suatu penanganan yang intensif supaya penyakit tersebut tidak menjalar lebih jauh ke seluruh tubuh ayam.

Adapun cara mengatasi penyakit kuning pada ayam dapat dilakukan dengan cara :

  1. Dengan Menggunakan Obat-Obatan Kimia

Pengobatan ini menggunakan obat kimia berupa supertetra yang diikuti dengan  penambahan vitamin sekaligus dicampur telur  serta madu.

  1. Dengan Menggunakan Obat-Obatan Tradisional

Obat tradisional tersebut menggunakan daun tapak liman, daun binahong, tumbukan kunyit, serta temu putih yang diambil airnya. Setelah itu, ampas daripada tumbukan ini dicampurkan dengan makanan yang lunak.

Pola pemberian obat yang dapat di lakukan adalah setiap sore hari serta dilakukan secara rutin selama kurang lebih 1 minggu.

  1. Dengan Menggunakan Obat Kombinasi

Suatu pemberian daging bekicot yang sudah dicacah-cacah dagingnya, yang kemudian diberikan dengan cara dilolohkan pada ayam. Kalian dapat menambahkannya dengan tonikum bayer atau hufabion dengan dosis pemberian sebanyak 2 kali sehari.

Pola pemberiannya bisa dilakukan pada pagi dan sore hari. selain itu, lebih bagus lagi jika ada penambahan gula jawa didalamnya

Pada kesempatan ini, akan diberikan bagaimana cara mengobati penyakit kuning pada ayam dengan obat alami atau tradisional, dengan menggunakan obat alami ini sangatlah kecil kemungkinan ayam mengalami efek samping dikarenakan bahan yang digunakan tidak mengandung bahan kimia.

Berikut merupakan cara-caranya :

  1. Menyiapkan beberapa bahan tradisional seperti kunyit, daun binahong, daun tapak liman, dan temu putih.
  2. Apabila semua bahan sudah terkumpul, langkah selanjutnya kalian ambil secukupnya dari beberapa bahan tersebut lalu tumbuklah semua bahan-bahan tersebut hingga halus
  3. Kemudian bahan dari hasil tumbukan tersebut diperas menghasilkan air perasan dan kemudian diberikan pada ayam yang terkena penyakit kuning di waktu sore hari secara rutin dalam kurun waktu kurang lebih 1 minggu.
  4. Selain air perasan, ternyata ampasnya juga dapat diberikan dengan cara dicampurkan kepada pakan yang diberikan.

Baca Juga : Hama, Penyakit dan Cara Mengatasinya Pada Ikan Manfish

Loading...
Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Kuning Pada Ayam | ilmuhewan | 4.5