Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Mencegah Burung Kicau Stress

By On Thursday, July 27th, 2017 Categories : Burung

Cara Mencegah Burung Kicau Stress – Mencegah serta mengobati burung kicau yang stress memang menjadi suatu hal yang wajib bagi kalian para pencinta burung kicau.

Burung kicau yang mengalami stress menjadi salah satu kendala dalam dunia hobi burung kicau.

Burung kicau yang stress ini dapat membuat burung itu sendiri menjadi tidak bersemangat, murung, dan hanya diam saja di kandangnya dengan badan yang menggembung.

Jika mereka tidak bersemangat seperti itu, bagaimana burung-burung tersebut akan berkicau? Burung yang stress tersebut secara otomatis tentu mengalami drop dan tidak mau berkicau.

Baca Juga :

Fakta Unik Tentang Burung Gagak

Cara Membuat Ramuan Alami Untuk Memandikan Burung Kicau

Manfaat Mentimun Untuk Burung Kenari

5 Jenis Burung yang Diminati di Pulau Jawa

Cara Membedakan Burung Srigunting Betina dan Jantan

Penyebab terjadinya stress pada burung kicau bermacam-macam, bisa karena terjatuh dari sangkarnya, melakukan perjalanan jauh, kesalahan dalam pemberian pakan atau minum, kaget oleh karena suara tertentu, takut dengan hewan lain, belum bisa beradaptasi, ditinggal mati oleh pasangan, dan sebagainya.

Ciri-ciri dari burung yang stress sendiri bermacam-macam juga, ada yang biasanya jinak menjadi liar dengan frekuensi yang secara tiba-tiba, ada yang berdiam diri atau murung, ada juga yang hingga depresi dan menyakiti dirinya sendiri.

Jika kondisi burung yang mengalami stress ini dibiarkan begitu saja, maka akan berakibat cukup fatal bagi si burung tersebut.

Dalam kondisi yang stress, daya tahan tubuh burung tersebut akan melemah yang nantinya akan mengakibatkan mudahnya terserang penyakit, apalagi ditabah dengan burung yang tidak memiliki nafsu untuk makan.

Hal tersebut dapat memperparah sakit si burung dan bisa saja mati secara tiba-tiba.

Maka dari itu, perlu kalian perhatikan hal-hal untuk mencegah agar burung kicau tidak mengalami stress, berikut ada beberapa tindakan yang bisa kalian lakukan!

  1. Menjaga kebersihan kandang burung kicau dan membersihkan aksesoris kandang secara rutin. Jangan sampai kalian membiarkan sangkar burung kalian kotor selama beberapa hari. Idealnya, sangkar dan aksesoris yang ada di dalam kandang (wadah pakan, wadah minum, tenggeran) dibersihkan setiap hari secara rutin. Jikalau perlu, sangkar dan aksesorisnya disucihamakan setiap pekan dengan pemberian desinfektan khusus burung seperti FreshAves. Tujuan dari pemberian desinfektan ini adalah untuk menangkal bibit penyakit yang akan melemahkan sistem pertahanan tubuh, dan membuat burung stres sebelum akhirnya mengalami sakit.
  2. Jika kalian ingin mengganti sangkar, akan lebih baik jika menggunakan sangkar yang sudah “beres” dan tidak berbau cat, plitur, minyak atau yang lainnya. Jangan lupa semprot kandang yang baru dengan air bersih terlebih dahulu sebelum digunakan dan dimasukkan burung kicau kalian.
  3. Pastikan gantungan untuk kandang cukup kuat. Hati-hati pada saat menggantung, terkadang kalian terlalu terburu-buru saat menggantung kandang yang berisi burung kicau. Gantungan kandang yang kuat dapat mencegah burung jatuh saat digantung.
  4. Pastikan juga makanan/pakan dan minuman yang diberikan untuk burung sudah bersih dan segar kualitasnya. Pastikan pakan olahan/voer yang diberikan masih fresh, bersih dan tidak dalam keadaan lembab. Gunakan air matang untuk menjaga keamanannya.
  5. Jauhkan kandang burung dari jangkauan binatang lain, seperti anjing maupun kucing.
  6. Jika ingin menempuh perjalanan jauh, pastikan kalian memberikan sebuah suplemen yang mengandung probiotik atau yang meningkatkan hemoglobin darah. Kemudian, kerodong burung saat dalam perjalanan. Usahakan juga meminimalisir guncangan-guncangan yang akan diterima burung. Bila mungkin, kalian dapat istirahat sejenak di dalam perjalanan.
  7. Pastikan juga kondisi burung dalam keadaan selalu fit. Kecukupan asupan vitamin dalam tubuhnya dapat dilakukan dengan pemberian pakan dan extra fooding (EF), yang didalamnya terdapat vitamin dan mineral.
Loading...
Cara Mencegah Burung Kicau Stress | ilmuhewan | 4.5