Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Menangani dan Mengobati Suara Burung Yang Serak

By On Friday, August 11th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Cara Menangani dan Mengobati Suara Burung Yang Serak – Pada burung kicau atau kacer memiliki suara lantang dan merdu adalah poin nomor wahid yang banyak diincar oleh pecinta burung.

Apalagi jika burung tersebut akan diikutsertakan di arena lomba. Poin ini sudah pasti menjadi hal yang wajib dimiliki oleh setiap burung.

Namun, jika burung peliharaan kamu terserang penyakit serak pada suaranya maka hal ini bisa menjadi sebuah bencana besar. Untuk itu kamu harus mengetahui bagaimana cara menangani dan mengobati suara burung yang serak.

Timbulnya penyakit suara serak ini adalah karena adanya lendir atau peradangan di sekitar tenggorokan yang menghalangi keluarnya suara, jadi mengakibatkan suara burung tersebut serak.

Baca Juga : Cara Pengendalian Penyakit Burung yang Disebabkan oleh Bakteri, Virus dan Jamur

Kamu bahkan tidak bisa asal memberinya makan, walaupun jenis makanan itua merupakan pakan yang biasa. Namun, tentu saja harus diperhatikan sebelumnya. Bisa saja pakan yang diberikan sudah basi.

Kenali Penyebab Penyakit

Sebelum memutuskan untuk mengobati burung peliharaan kamu, sebaiknya kenali dulu penyebab datangnya penyakit serak tersebut.

Kamu harus jeli dalam menganalisa kemungkinan – kemungkinan penyebab penyakit itu agar tidak salah memberikan obat.

Penyebab penyakit serak pada burung bisa terjadi karena kesalahan memberikan pakan (kroto yang sudah basi), gangguan atau infeksi saluran pernapasan, penjodohan yang terlalu lama dalam satu sangkar, sirkulasi dan kualitas udara yang buruk, terlalu sering ditrek hingga terlalu lama dijemur.

Ada 3 cara berbeda yang dapat kamu aplikasikan pada burung peliharaan kamu, diantaranya:

Air Rebusan Sirih

Daun sirih memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya bagi kesehatan manusia.

Dari mengobati penyakit asma, mengobati batuk, menyembuhkan radang tenggorokkan, jadi obat luka bakar hingga dapat mengatasi masalah keputihan untuk para wanita.

Semuanya terdapat pada daun sirih. Itu pula yang dapat kamu lakukan pada burung kicau dengan cara merebus daun sirih.

Langkah pertama yang kamu lakukan adalah kumpulkan daun sirih sebanyak 3 lembar. Remas – remas dalam 1 liter air, kemudian rebus di dalam panci ukuran sedang beberapa menit hingga air berwarna coklat.

Lalu saring dan diamkan hingga dingin. Lantas gunakanlah air rebusan tersebut untuk diminumkan pada burung atau bisa juga dimandikan langsung pada burung peliharaan kamu.

Air Larutan Penyegar

Selain cara pertama diatas kamu juga bisa kok menggunakan larutan penyegar yang dijual di toko – toko. Harganya pun terbilang cukup murah lho.

Namun, untuk memberikan pada burung peliharaan sebaiknya pilihlah larutan penyegar yang tidak ada rasanya untuk dijadikan sebagai air minum.

Obat ini bermanfaat dapat menyegarkan tenggorokan yang sedang bermasalah seperti radang dan penyakit tenggorokan lainnya. Tapi jika burung sudah baikkan maka hentikan lah pemakaian ini segera.

Air Perasan Daun Lenteng Putih

Cara lain juga bisa kamu gunakan dengan menyediakan daun lenteng putih yang bernama latin Urtica Granddidentata. Tanaman ini bisa kamu temukan di pekarangan rumah atau bahkan di perkebunan.

Ambil 6 lembar daun lenteng putih remas – remas hingga mengeluarkan air. Kemudian teteskan air tersebut ke bagian matanya sebanyak 3 hingga 4 kali tetes.

Jangan panik ketika burung bereaksi lemas dan mangap – mangap selama 10 menit. Cobalah untuk memegangnya dengan posisi kepala burung di bawah agar lendir bisa lebih mudah mengalir keluar.

Jangan lupa urut – urut secara lembut bagian tenggorokannya. Ketika lendir sudah keluar maka semprot lah menggunakan air bersih.

Nah, jadi tinggal pilih mana cara yang lebih mudah untuk kamu mengaplikasikannya pada burung peliharaan. Tapi, selalu usahakan untuk memberikannya secara berlebihan.

Berikanlah obat alami ini sesuai dengan kadar yang sudah dijelaskan. Ingat, sesuatu yang berlebihan bukannlah hal yang baik lho.

Baca Juga : Cara Mengatasi Penyakit Burung Akibat Kekurangan Asupan

Loading...
Cara Menangani dan Mengobati Suara Burung Yang Serak | ilmuhewan | 4.5