Cara Menangani dan Mengobati Penyakit Tetelo Pada Burung

By On Wednesday, August 16th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Cara Menangani dan Mengobati Penyakit Tetelo Pada Burung – Penyakit tetelo atau disebut juga newcastle disease (ND) merupakan penyakit yang ada pada unggas berukuran besar yang bisa mengakibatkan kematian.

Hinga sekarang pun masih belum ada obat pasti yang dapat menyembuhkan penyakit mematikan ini.

Namun, untuk mencegah agar angka kematian pada unggas berkurang maka kamu bisa memberikan vaksinasi ND.

Tapi untuk melakukan vaksinasi ini juga tidak bisa semudah yang kamu pikirkan lho. Oleh karenanya kamu harus melakukan pengobatan dengan cara lain agar lebih mudah.

Penyebaran penyakit tetelo ini dapat ditularkan melalui udara. Jadi usahakan untuk selalu memberikan pengobatan untuk mencegah burung atau unggas tidak tertular.

Baca Juga :

Cara Mengatasi Penyakit Burung Akibat Kekurangan Asupan

Cara Pengendalian Penyakit Burung yang Disebabkan oleh Bakteri, Virus dan Jamur

Penyakit Yang Sering Menyerang Burung Branjangan

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Yang Menyerang Burung Puyuh

Cara mengatasi dan mengobati burung lovebird terkena penyakit mata (Snot)

Penyakit mematikan ini dapat menyerang pernapasan, lumpuh, ambruk dan kejang – kejang. Walaupun sebelumnya burung peliharaan kamu terlihat sehat – sehat saja.

Jadi jangan sampai penyakit ini membuat semua unggas yang sedang kamu pelihara maupun dibudidayakan harus habis sedikit demi sedikit.

Berikut cara menangani dan mengobati penyakit tetelo pada burung atau pun unggas.

Burung Terlanjur Terserang Tetelo

Jika peliharaan kamu memang sudah terlanjur terserang penyakit ini maka sebaiknya berikan lah obat anti saraf dan obat yang dapat mengobati sementara tetelo.

Ditambah lagi penyakit ini ternyata dapat terjadi berkelanjutan. Jadi usahakan untuk menyediakan obat anti saraf agar dapat mencegah tetelo lanjutan.

Pemberian Obat

Ada tata cara bagaimana memberikan obat pada burung yang terkena penyakit tetelo tiba – tiba. Peganglah burung peliharaan tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar.

Lalu berikan lah obat tersebut langsung ke pinggir mulut untuk mencegah burung keselek. Kemudian kamu tempatkan peliharaan kamu di kandang sendirian untuk mencegah penularan pada burung lainnya.

Jika burung sudah kelihatan sehat tambahkan irisan bawang putih agar lebih sehat dan dapat mencegah penyakit lanjutan.

Namun, dilansir dari situs omkicau, kamu bisa membuat pengobatan dengan cara lain.

Resep yang telah terbukti dapat mengobati dan mencegah tetelo ini sudah diterapkan pada unggas seperti merpati, derkuku, perkutut dan masih banyak lagi.

Bahan – bahan utama yang wajib kamu persiapkan antara lain:

  • Daun pepaya
  • Temuireng
  • Kulit bawang putih
  • Kulit bawang merah
  • Daun teh
  • Daun salam
  • Daun singkong

Cara pembuatan :

Bersihkan semua bahan utama kemudian iris tipis – tipis. Sebelumnya isi panci dengan air dan rebus hingga mendidih lalu kamu pun bisa memasukan semua ramuan di dalamnya.

Kemudian matikan kompor lalu diamkan sampai air terasa hangat – hangat kuku. Supaya lebih bersih dari irisan bahan – bahan tersebut maka saring menggunakan alat saringan.

Tapi jangan buru – buru membuang ampas sisa bahan. Banyak manfaat dari bahan sisa ini, yaitu mencegah beberapa penyakit semacam bakteri penyakit akibat virus, tetelo hingga flu burung.

Ampas ini ternyata bisa digunakan untuk campuran pakan basah untuk itik atau ayam. Bahkan juga bisa dicampur dengan voer burung lho.

Selain cara di atas ada juga pengobatan lain yang mudah untuk diterapkan di rumah. Bahannya pun tidak sulit untuk dicari. Bahkan ada yang sengaja menanamnya di halaman belakang atau depan rumah.

Adalah daun pepaya yang mempunyai beberapa khasiat terutama untuk burung yang terserang penyakit.

Jika pengobatan seperti cara diatas menggunakan campuran beberapa bahan, maka beda dengan pengobatan satu ini. Cukup menggunakan daun pepaya tua yang sudah dibersihkan.

Lalu remas – remas sambil dicampur dengan air hangat. Hasil remasan tersebut diberikan pada burung yang mengalami tetelo sebanyak 3 kali sehari. Ingat, jangan berlebihan, cukup hanya dengan 2 sendok makan saja.

Loading...
Loading...
Cara Menangani dan Mengobati Penyakit Tetelo Pada Burung | ilmuhewan | 4.5