Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Menangani dan Mengobati Diare (Mencret) Pada Burung Cucak Ijo

By On Sunday, August 20th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Cara Mengobati Diare Pada Burung Cucak Ijo – Burung peliharaan yang sehat juga akan membuat sang pemilik senang. Itu terbukti karena jika sudah sehat maka burung pun bisa diikutsertakan dalam berbagai lomba burung.

Perawatan yang dibutuhkan pun harus lah ekstra.

Dari bahan pakan yang berkualitas, tempat atau kandang yang nyaman hingga lingkungan sekitar yang tidak sering terlewati orang banyak tidak akan membuat burung terkena penyakit stress.

Ini sangat lah penting untuk kamu perhatikan.

Itu pula yang harus diperhatikan untuk burung sejenis cucak ijo atau bernama lain cica-daun.

Baca Juga : Bagaimana Cara Membedakan Burung Cucak Ijo Betina dan Jantan?

Namun, bagaimana jika burung peliharaan yang beberapa hari lagi akan ikut lomba tiba – tiba jatuh sakit apalagi terkena penyakit diare?

Langkah ini yang perlu kamu lakukan untuk menangani dan mengobatinya. Yuk, simak!

Lakukan Isolasi Selama Terserang Penyakit

Perlu untuk mengisolasi atau memisahkan antara burung cucak ijo yang terkena penyakit diare dengan burung yang sehat.

Sebelum mereka menularkan penyakit ke burung lain maka kamu harus memisahkan mereka jauh – jauh.

Jadi jika burung sudah memiliki gejala – gejala seperti lesu, jarang berkicau, bulu kelihatan kusam, nafsu makan berkurang hingga sayap terkulai lemas berarti cucak hijau yang kamu miliki sekarang positif terkena penyakit diare atau mencret.

Kotoran ini biasanya berubah warna menjadi putih dan dubur sering basah.

Memang penyakit ini sering diderita oleh burung, namun jangan sepelekan penyakit ini.

Sediakan Air yang Cukup

Biasanya burung cucak ijo yang positif terkena penyakit diare lebih banyak diam dan minum air yang banyak di dalam kandang.

Perubahan ini karena tingkat metabolisme tubuh burung tiba – tiba meningkat pada saat sakit. Jadi usahakan untuk selalu jaga kebersihan kandang dan tempat minum.

Gantilah tempat minum setiap pagi agar selalu bersih dan burung pun merasa sedikit lebih baik.

Jika keadaan dalam kandang kotor di saat cucak ijo mengalami sakit diare, maka kemungkinan besar penyakit itu akan lama baru sembuh karena keadaan kandang yang tidak nyaman dan akan menimbulkan penyakit – penyakit baru.

Tapi, kamu bisa memberikan ramuan obat tradisional yang mampu membunuh bakteri pada kandang cucak ijo.

Penyakit diare ini datang karena keadaan kandang yang kurang bersih, sehingga kotoran menumpuk dan menjadi sarang bakteri yang mengakibatkan diare.

Jadi sediakan sprayer dan satu batang rokok. Kemudian keluarkan tembakau atau cengkeh dari dalam sebatang roko tersebut lalu masukkan ke dalam 1 liter air.

Diamkan ramuan itu selama 1 hari. Setelah itu air rendaman rokok dimasukkan ke dalam sprayer. Langkah berikutnya semprotlah area dalam kandang agar terhindar dari bakteri.

Tapi pastikan kandang tersebut sebelumnya telah dibersihkan. Lantas kandang pun dibersihkan lagi menggunakan air biasa sampai aroma tembakau tadi hilang.

Pemberian Obat

Untuk mengurangi dan mengobati penyakit diare pada burung cucak ijo, kamu juga bisa memberikan langsung obat supleman atau obat yang bermerk metabolisme.

Bacalah aturan pemakaian sebelum memberikan obat tersebut pada burung yang bersangkutan.

Pengobatan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan meneteskan langsung obat tersebut sebanyak 2 – 4 tetes dalam sekali pemberian di waktu pagi dan sore hari.

Kemudian cara lainnya oleskan pada pakan EF (Extra Fooding) pada tubuh jangkrik yang nantinya akan diberikan langsung pada cucak ijo.

Lalu kamu juga bisa memilih cara lain dengan meneteskan vitamin yang dapat meningkatkan stamina.

Tapi ingat usahakan sebelum memberikan pengobatan bacalah prosedur pemakaian obat agar tidak salah dalam memberikan dosis obat yang ditentukan. Pasalnya jika keliru akan berefek pada kesehatan burung cucak ijo sendiri lho.

Oya, ketika melakukan pengobatan ini berikanlah pakan semacam kroto dan ulat hongkong setelah berjemur. Kegiatan berjemur ini harus selalu ada di rutinitas harian burung agar staminanya dan kesehatannya kembali pulih.

Baca Juga : Teknik dan Cara Memilih Indukan yang Baik untuk Burung Cucak Ijo

Loading...
Loading...
Cara Menangani dan Mengobati Diare (Mencret) Pada Burung Cucak Ijo | ilmuhewan | 4.5