Cara Memperindah dan Mempercantik Warna Ikan Cupang

By On Sunday, July 9th, 2017 Categories : Perikanan

Cara Memperindah dan Mempercantik Warna Ikan Cupang – Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang cukup banyak digemari masyarakat di Indonesia.

Karena keindahan warna dan keunikan bentuknya, maka tidak heran jika banyak yang sangat meminati ikan cupang untuk dijadikan hewan peliharaan.

Ternyata, faktor warna dalam ikan cupang hias merupakan salah satu hal yang cukup penting. Pasalnya, kita sebagai para penikmat dan penghobi ikan cupang tentunya akan merasa lebih senang jika kita melihat ikan cupang yang kita miliki berwarna lebih cerah dan cantik.

Baca Juga : Cara Melatih Mental Bertanding Ikan Cupang

Perlu kita ketahui juga, warna ikan cupang bisa pudar seiring berjalannya waktu dan jika perawatan yang kita terapkan salah atau bahkan makanannya yang tidak cocok.

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi ketajaman warna ikan cupang. Dimulai dari faktor perawatan, makanan, faktor air, rasa stress dan lain sebaliknya.

Nah, bagi kalian yang ingin warna ikan cupang kalian terlihat lebih indah, jangan khawatir. Disini, bakal ada tips-tips cara memperindah dan mempercantik warna ikan cupang, agar warna nya lebih tajam, cerah dan tentunya lebih indah.

Perhatikan Makanan Ikan Cupang

Makanan ikan cupang sendiri tentunya menjadi salah satu faktor yang cukup penting dalam mempengaruhi kesehatan, dan keindahan warna dari ikan. Beberapa makanan yang cukup baik dan dapat dipercaya bisa memperindah warna ikan cupang diantaranya :

  • Kutu Air

Dengan kutu air ini, warna ikan cupang dapat lebih cerah dan badannya ramping (tidak buncit). Sangat baik untuk kontes cupang. Biasanya, para penghobi menggunakan kutu air kecil untuk burayak (Moina sp.) dan kutu air raksasa untuk cupang ukuran dewasa (Daphnia sp.).

  • Udang

Pemberian pakan udang kepada ikan cupang dapat dipercaya sebagai pencerah warna, serta membuat warna pada ikan cupang lebih tajam. Udang yang digunakan bisa udang kering yang dijual, atau lebih baik bisa menggunakan udang hidup kecil.

  • Spirulina

Spirulina sendiri merupakan sejenis Cyanobacteria, tetapi kadang dimasukkan kedalam jenis alga. Tanaman spirulina ini tumbuh ditempat yang cukup ekstrim dan mempunyai kandungan gizi yang baik, seimbang dan lengkap.

Selain digunakan dalam produksi kesehatan manusia, spirulina juga bisa dipakai untuk tambahan pakan pada ikan cupang.

Perhatikan Perawatan Ikan Cupang

Perawatan disini dalam arti yaitu menjaga kebersihan air dengan rutin mengganti airnya maksimal 3-5 hari, dan bisa juga diberi daun jati atau daun ketapang.

Akan tetapi jika kalian ingin mencerahkan warna ikan cupang, sebaiknya gunakan daun ketapang. Cara yang dapat kalian terapkan diantaranya :

  • Pertama-tama, siapkan sebuah wadah/tank yang kemudian diisi air bersih. Lalu, tambahkan sedikit air ketapang untuk menetralisir pH didalamnya. Sebagai saran, kalian dapat menggunakan wadah yang cukup besar, jangan sampai terlalu kecil.
  • Setelah itu, siapkan daun jati kering dan bersihkan daun tersebut.
  • Masukkan daun jati kering kedalam wadah yang berisi air (sama seperti kalian memberikan daun ketapang), kemudian berikan sedikit garam (lebih disarankan garam ikan dikarenakan akan membuat hasil menjadi lebih maksimal)
  • Lalu kalian dapat memasukkan ikan untuk dikarantina. Jangan lupa, tempatkan di tempat yang gelap dan jauhkan dari ikan yang lainnya. Lakukan hal ini selama kurang lebih 2 sampai 3 hari, dan jangan lupa untuk pemberian makanannya.
  • Setelah dilakukan karantina tersebut, dengan segera pindahkan ikan ke air yang bersih dan jemur sekitar kurang lebih 10 sampai 15 menit dibawah terik matahari pagi, kemudian kalian dapat melihat hasilnya.

Nah, begitulah cara-cara untuk memperindah dan mempercantik warna daripada ikan cupang yang kalian pelihara. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Perbedaan Ikan Cupang Jantang dan Betina

Loading...
Loading...
Cara Memperindah dan Mempercantik Warna Ikan Cupang | ilmuhewan | 4.5