Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Mempercepat Kambing atau domba Agar Cepat Birahi dan Melahirkan

By On Wednesday, January 4th, 2017 Categories : Info Lainnya

Cara Mempercepat Kambing atau domba Agar Cepat Birahi dan Melahirkan – Beternak kambing atau domba memang merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan.

Sebagian pendudukindonesia banyak yang memelihara kambing atau domba karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Seorang pemelihara kambing atau domba akan merasa senang apabila domba atau kambing yang kita pelihara dapat berkembangbiak semakin banyak.

Baca Juga : Jenis rumput pakan ternak kambing

Itu artinya jika binatang ternak yang kita pelihara semakin banyak , maka semaikin banyak pula keuntungan yang akan kita dapat nantinya

Akan tetapi bagaimana cara kita agar domba atau kambing yang kita pelihara dapat cepat berkembangbiak ??? Salah satu caranya yaitu dengan mempercepat birahi kambing.

Adapun cara mempercepat birahi pada kambing adalah :

  1. Memberi makan dengan kecambah atau capar

Untuk mempercepat birahi pada kambing anda dapat memberikan makan kecambah atau yang biasa di sebut dengan capar. Kecambah yang digunakan bisa kecambah kacang hijau yang dapat anda dapatkan dipasar atau ditoko-toko sayuran didekat tempat anda.

Karena kacang hijau mengandung zat-zat yang dapat memacu birahi pada kambing. Caranya yaitu dengan memberikan setengah kilo kecambah kacang hijau secar rutin sampai beberapa hari.

Lama-kelamaan kambing atau domba akan menunjukan tanda-tanda birahi yang artinya siap untuk dikawinkan.

  1. Dengan berdoa dan mengelus perutnya

Dengan mengelus-elus perut kambing sabil membacakan doa ,maka dengan ijin tuhan kambing atau domba anda akan cepat dapat dikawinkan. Selain itu hasil yang anda juga bisa lebih barokah.

  1. Mempercepat siklus birahi
  • Mempercepat siklus birahi bisa dilakikan dengan cara memberikan prostaglan din F2 a 1,25-7,5 mg per ekor dan menyuntikan hormone progesterone secara i.m. 1-2 dengan interval 10-14 hari. Setelah pemberian hormone ini tidak langsung terjadi birahi akan tetapi terjadi secara berkala dalam waktu yang agak lama. Tingkat keberhasilan terjadinya perkawinan lebih besar karena sel telur sudah masak.
  • Anda dapat mempercepat masa birahinya dengan cara memeberikan hormone esterogen yang diserap di vagina kambing atau domba (betina). Akan tetapi car ini hanya disarankan untuk domba yang memiliki catatan birahi yang baik. Lalu setelah 24 jam, ternak tersebut akan menunjukan tanda tanda birahi. Esterogen digunakan harus berasal dari OB (oestradiol benzoate). Cara ini hanya memiliki 86,5 % keberhasilan. Karena meskipun domba telah birahi, akan tetapi belum tentu ovum si ternak ada yang sudah matang.

Setiap usaha yang saya sampaikan disini memang tidak sepeuhnya selalu berhasil. Ada juga yang gagal oleh karena itu jangan berputus asa dalam mencoba cara-cara diatas

Itulah informasi yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ini bisa menambah pengetahuan dan dapat berguna bagi anda semua. Bila terdapat banyak kekurangan dalam artikel saya mohon maaf. Terima kasih.

Baca Juga : Hal yang harus dilakukan agar produksi susu kambing berkualitas

Loading...
Cara Mempercepat Kambing atau domba Agar Cepat Birahi dan Melahirkan | ilmuhewan | 4.5