Cara Memilik Indukan Ayam Bangkok Jantan dan Betina Yang Berkualitas Baik

By On Wednesday, February 1st, 2017 Categories : Info Lainnya

Cara Memilik Indukan ayam Bangkok Jantan dan Betina – Ketika anda memilih berternak ayam , maka anda membutuhkan indukan ayam bangkok jantan dan betina yang memiliki kualitas baik guna menghasilkan keturunan yang berkualitas pula, misalnya jago bertarung, tidak memiliki riwayat sakit, memiliki ciri yang apik.

Karena itu, anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut sebelum anda memilih indukan ayam bangkok :

  • Bentuk kepala

Sebaiknya anda memilih ayam betina yang memiliki bentuk kepala yang menyerupai ular dan anda harus melihatnya dari arah depan.

Baca Juga : Ciri-ciri ayam Bangkok Aduan Yang Baik

Sedangkan kepala ayam jantan pilihlah kepala yang berbentuk menyerupai buah pinang.

Nantinya ketika mereka dikawinkan akan menghasilkan anakan ayam yang memiliki pergerakan luwes, hal ini menjadikan ayam akan mampu menghindari pukulan lawan dengan baik bahkan ayam akan sukar dipukul oleh lawan.

  • Mata

Pilihlah ayam bangkok betina yang matanya menjorok ke dalam, karena biasanya jenis ayam seperti ini menandakan bahwa ayam ini memiliki sifat keibuan, sehingga mereka pasti akan mengurus anaknya dengan baik hingga tumbuh besar.

Proses pengeraman yang di lakukan oleh ayam bermata cekung ini juga tingkat keberhasilannya lebih tinggi.

Pastikan juga ayam bangkok betina ini memiliki mata yang bersih, hal ini menandakan bahwa induk ayam betina ini sehat tidak berpenyakit.

  • Bentuk badan

Pilihlah induk betina yang memiliki bentuk bulat panjang seperti botol. Cara untuk mengetahuinya anda perlu memegang bagian dada dan perut ayam dari bawah dan mengangkatnya.

Ketika anda merasakan nyaman saat mengangkatnya, maka betina tersebut tergolong betina yang baik untuk indukan.

Sedangkan ayam jantan untuk indukan memiliki bentuk seperti botol air mineral. Selain itu bentuk badannya pilihlah bentuk yang atletis, kokoh, kuat dan berdiri tegap.

  • Kaki

Kaki adalah salah satu hal yang sangat diperhatikan oleh para pemilik ayam petarung karena pukulan yang mematikan akan dihasilkan.

Untuk itu perlu anda memperhatikan bentuk kaki ayam indukan ini. Pastikan bahwa kakinya bersisik kering dengan jari – jari yang panjang.

Pada indukan jantan pastikan juga bahwa kakinya juga bersisik kering, namun mulus dan bersih.

  • Tulang sapit

Tulang sapit atau tulang yang berada di bawah pangkal ekor ayam ini haruslah diperhatikan pada ayam betina, karena nantinya akan menghasilkan anakan ayam yang berkelas.

Pastikan tulang sapitnya lebar berukuran 3 – 4 jari dan memiliki tulang suit udang pada ayam jantannya.

  • Bulu

Bulu adalah salah satu indikator kesehatan dari unggas dan salah satunya adalah ayam bangkok. Maka pilihlah bulu ayam betina yang mengkilat dan bersih itu berarti memiliki ketahanan fisik yang baik. Bulu yang dimiliki harus rapi juga serta mengkilat pada ayam jantan indukan.

  • Taji

Terserah anda mau memilih ayam bangkok betina yang sudah memiliki jalu atau tidak, namun lebih baiknya jika anda memilih yang sudah memiliki jalu.

  • Silsilah

Pilihlah ayam yang berkualitas baik, pastikan benar – benar dari silsilah ayam yang berkualias, jangan sekali – kali memilih betina yang merupakan hasil kawin dari betina biasa dengan jantan seksualitas karena kemungkinan berkualitas sangatlah tipis.

Sedangkan untuk ayam jantannya pilihlah ayam jantan yang memiliki gaya bertarung bagus dan sering kali menjadi juara.

Bertulang leher yang rapat dan kuat sedangkan tulang kepalanya tebal dan juga keras serta alis menonjol lebih ke depan.

Baca Juga : Ciri, Karakteristik dan Morfologi Ayam Kalkun

Loading...
Cara Memilik Indukan Ayam Bangkok Jantan dan Betina Yang Berkualitas Baik | ilmuhewan | 4.5