Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Memilih Voer Untuk Burung Anis Merah

By On Wednesday, August 9th, 2017 Categories : Pakan Hewan

Cara Memilih Voer Untuk Burung Anis Merah – Zoothera Citrina atau anis merah sudah dikenal di kalangan pecinta burung sejati.

Warnanya yang menawan dengan campuran merah kecoklatan ternyata menjadi burung nomor satu yang banyak dicari. Apalagi kicauannya yang merdu, lantang dan variatif tentu membuat para pecinta burung semakin jatuh cinta.

Uniknya, anis merah mempunyai kebiasaan dengan menggeleng – gelengkan kepala hingga tubuh yang seolah – olah mabuk berat.

Namun, untuk memiliki suara anis merah yang bervariatif kamu juga harus memperhatikan berbagai pakan. Terlebih – lebih pada burung anis merah jantan yang ternyata lebih banyak berkicau dibandingkan si betina.

Baca Juga :

Cara Ternak dan Merawat Burung Anis Kembang

Pengertian dan Definisi Organisme Autotrof

Pengertian dan Definisi Organisme Volvox Glubator

Daftar Harga Burung Anis Merah Terbaru

Cara gampang membedakan burung Anis merah jantan dan betina

Makanya kamu harus tahu bagaimana cara memilih voer untuk burung anis merah yang tepat. Mari ikuti langkah – langkahnya berikut ini.

Memiliki Kandungan Protein yang Tinggi

Tidak jadi masalah kamu memilih kemasan yang berbeda – beda dari pakan voer untuk anis merah. Tapi tetap perhatikan lah kandungan protein dan nutrisi yang sedang agar kesehatannya selalu terjaga.

Pakan voer ini pun dapat diberikan setiap hari sebagai pakan pendamping dari buah – buahan. Jadi selalu cek kemasan di belakangnya apakah voer tersebut mengandung protein serta nutrisi yang sedang.

Jangan lupa untuk mengganti voer yang lebih baru jika pakan yang lama sudah berjamur dan tidak layak dikonsumsi. Untuk itu usahakan mengganti voer setiap dua hari sekali.

Warna Pakan

Warna bukanlah satu kendala untuk memberikan voer kepada anis merah. Asalkan perwarna yang digunakan adalah perwarna makanan, maka pakan tersebut sudah layak konsumsi.

Tapi untuk lebih amannya lagi, pilihlah voer dengan warna netral seperti warna katul atau warna dedak yang tidak berwarna kuning, hijau, merah menyala dan sebagainya. Pilihlah voer yang tidak memiliki warna yang mencolok karena zat pewarna yang diberikan pada pakan tersebut kurang aman untuk dikonsumsi untuk anis merah.

Perhatikan Kotoran Burung

Sesekali perhatikan lah kotoran anis merah untuk mengetahui apakah pakan yang dikonsumsi telah baik dicerna. Bila kotoran yang dihasilkan ternyata sebagian besar berwarna gelap atau mencolok (seperti yang sudah dijelaskan diatas), berlendir dan berbau maka bisa dipastikan bahwa banyak makanan yang tidak dicerna secara baik oleh burung tersebut.

Karena proses pencernaan yang tidak sempurna ini lah yang mengakibatkan anis merah makan terus menerus agar protein yang dimakan tercukupi.

Tapi justru tindakan ini akan menyebabkan anis merah sering lesu dan suara kicauannya pun tidak sebagus biasanya. Jadi jenis voer tersebut tidak lah cocok untuk burung kesayangan kamu.

Jika kamu tetap memberikan pakan ini maka akan mengakibatkan anis merah terkena penyakit mencret.

Belilah Beberapa Jenis Voer

Kamu juga bisa menggunakan cara lain untuk mengetahui apakah pakan voer sudah cocok untuk dikonsumsi burung kesayangan kamu. Memang voer sendiri memiliki harga yang berfariatif.

Ada yang mahal dan ada juga yang lebih murah dijangkau. Kamu juga harus merogoh kocek lebih dalam untuk melakukan cara ini.

Namun, ini sangat lah wajar demi membentuk burung anis merah yang sehat dan sering gacor di rumah maupun di arena lomba. Jadi belilah lebih dari satu macam jenis voer dan hidangkan di wadah yang berbeda.

Kamu pun bisa mengetahui mana dari kedua jenis pakan tersebut yang paling cepat habis atau hanya sedikit yang dimakannya maupun diacak – acak saja. Nah, dari situ lah kamu bisa melanjutkan memberikan jenis pakan voer tersebut.

Loading...
Cara Memilih Voer Untuk Burung Anis Merah | ilmuhewan | 4.5