Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Memilih Pakan Kelinci yang Sehat

By On Sunday, February 14th, 2016 Categories : Pakan Hewan

Cara Memilih Pakan Kelinci yang Sehat – Kelinci adalah salah satu jenis hewan pemakan tumbuhan yang banyak digemari orang. Tak sedikit orang yang memilih hewan lucu ini sebagai jewan piaraanya.

Selain lucu, hewan ini juga termasuk tidak rumit dalam hal perawatannya. Dalam hal memelihara kelinci, pemilihan pakan ang tepat juga harus diperhatikan. Walaupun kelinci adalah hewan herbivora, asupan nutrisinya haruslah yang sesuai dengan kebutuhannya.

Bila di alam bebas kelinci memakan segala hal yang ia suka. Namun bila kelinci dipelihara atau diternak, maka si peternaklah yang harus memilih makanan yang sesuai untuk kelinci.

Untitled

Memilih makanan yang kaya akan nutrisi bisa di dapat secara instan. Namun akan lebih baik jika makanan kelici diperoleh dari dedaunan yang masih segar. Selain itu pada dasarnay kelinci lebih menyukai makanan yang berasaldari dedaunan.

Baca Juga : Jenis dan Macam Kelinci yang Bisa Dibudidayakan

Pada dasarnya makanan yang alami sangatlah baik untuk semua makhluk hidup. Termasuk juga kelinci. Namun terkadang di musim tertentu, seperti musim kemarau akan lebih sulit untuk mendapatkan dedaunan yang segar untuk kelinci. Jangan samapai salah dalam memberikan dedaunan untuk pakan kelinci.

Karena tidak semua dedaunan cocok untuk pakan kelinci. Ada juga beberapa dedaunan yang jika digunakan sebagai pakan kelinci malah menimbulkan masalah pada kelinci. Sepert masalah kurap atau masalah kulit lainnya. Berikut beberapa jenis pakan yang cocok untuk kelinci:

  • Daun Legetang

Daun Legetang atau legetan banyak dijumpai di sekitar area kebun. Daun ini memiliki aroma yang wangi.

  • Rerumputan

Rerumputan bisa di dapat di sekitar area persawahan yang di tanami tumbuhan palawija. Segala jenis rerumputan yang ada di are ini sangat cocok untuk dijadikan akan kelinci.

  • Daun Ubi Jalar

Daun ini sangat cocok dijadikan pakan kelinci karena memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Namun saat membirikan pakan ni pada kelinci, tunggulah hingga daun ubi jalar layu.

  • Daun kangkung

Daun kangkung juga sangat cocok untuk kelinci. Tumbuhan ini memiliki kadar air yang lebih tinggi dibandingkan dengan daun ubi jalar.

Cara penyajiannya pun sama halnya dengan daun ubi jalar. Harus menunggu hingga layu. Jika tidak, maka kelinci akan mengalami diare dan air kencingnya akan berbau pesing.

  • Daun ketela pohon

Kandungan nutrisi pada daun ketela pohin sangatlah baik untuk kelici. Namun sayangnya kelinci tidak terlalu menyukainya. Jadi berikan daun ini sebagai selingan makanan pada kelinci.

  • Daun pisang

Daun pisang memiliki kandungan yang kaya akan serat. Bisanya daun ini lebih digunakan sebagai obat dari pada pakan kelinci. Bila kelinci mngalami diare, daun pisanglah sebagai obat penangkal yang cocok.

  • Biji-bijian

Biji-bijian diercaya mengandung protein dan karbohidrat yang tinggi. Biji-bijian dapat dijadikan sebagai penambah stamina pada kelinci. Biji-bijian yang cocok untuk kelinci ialah biji kacang hijau.kacang tanah, gandum dan kedelai. Sebelum menyajikan gilinglah biji-bijian ini agar mudah di cernah oleh kelinci.

  • Konsetrat

Pakan konsetrat dijadikan sebagai pakan alternatiif untuk kelinci. Pakan jenis ini bisa didapat dari bungkil kelapa, ampas tahu, ampas tapioka dan juga gaplek. Pemberian pakan ini harus dikombinasikan dengan pemberian biji-bijian dan juga sayuran.

  • Pelet

Pelet adalah campuran dari berbagai macam pakan untuk kelinci. Campur segal bentuk macam akan kelinci ke dalam mesin penepung untuk menggiling komponen pakan yang masih kasar. Setelah halus aduk hingga merata dan dapa diberikan untuk kelinci.

Baca Juga : Panduan dan Cara Pembenihan Ikan Nila

Loading...
Loading...
Cara Memilih Pakan Kelinci yang Sehat | ilmuhewan | 4.5