7 Tips Memilih Kenari Ombyokan yang Bisa Jadi Panduan Pecinta Kenari

By On Saturday, November 5th, 2016 Categories : Burung

Cara Memilih Kenari Ombyokan  – Belakangan ini, peminat burung kenari makin hari makin ramai. Tak heran, burung yang disebut burung sejuta umat ini, dijadikan sebagai koleksi burung di rumah.

Ditambah dengan perawatan burung kenari tidak sesulit merawat beberapa jenis burung kicau lainnya. Selain itu, burung ini pun juga memiliki suara khas dan warna bulu yang cantik.

Untuk membeli burung kenari pun, Anda akan menjumpainya di pasar-pasar burung. Namun terkadang kita dipusingkan oleh ramainya pengunjung pasar burung.

memilih

Baca Juga : Mengenal Jenis Jenis Burung Kolibri dan Makananya

Apalagi jika burung kenari yang dijual dengan cara ombyokan yaitu satu kandang berisi banyak burung kenari. Dan rata-rata kenari yang dijual masih kisaran usia dua hingga 3 bulan.

Apalagi harga yang ditawarkan untuk kenari ombyokan ini lebih murah dibandingkan dengan burung kenari yang sudah memiliki kandang sendiri-sendiri.

Tentu saja untuk memilih burung kenari ombyokan harus jeli dan teliti. Sebagai pecinta burung kicauan, Anda harus pandai dalam memilih burung kenari yang mencapai puluhan ekor kenari dalam satu sangkar.

Pasalnya, dalam membeli kenari ombyokan dengan harga murah tentu saja ada resikonya. Salah satunya yaitu kita bisa saja salah dalam memilih, dan malah mendapatkan kenari betina.

Nah, bagi pecinta burung kenari yang suka bebrburu burung kenari ombyokan dan masih bingung dalam memilih kenari mana yang akan dibeli, berikut tips membedakan kenari jantan dan betina, serta tips sederhana memilih kenari yang berkualitas dari membeli secara ombyokan.

 

Tips membedakan kenari jantan dan betina

Dalam membedakan kenari jantan betina sangatlah mudah. Apalagi jika kenari masih berusia muda, ketika bulu-bulu jarumnya baru mulai menumbuh. Anda bisa melakukannya dengan cara menekan sarangnya dengan jari.

Dengan cara tersebut, maka akan ketahuan mana betina dan mana yang janta. Untuk kenari betina, dia akan diam di tempat bahkan hanya sekedar melihat kita menekan sarang. Lain halnya dengan kenari jantan. Kenari jantan akan mengangkat pantat atau ekornya ke udara, dan menundukkan kepalanya.

Namun, semakin bertambah umur burung kenari, terkadang semakin sulit membedakan mana jantan dan mana betina. Pasalnya, burung kenari betina juga memiliki kemampuan berkicau yang sama dengan kenari jantan.

Perbedaannya hanya terletak pada variasi dan jarak kicauan yang kadang terputus di tengah untuk kenari betina.

Cara yang paling mudah untuk membedakan jantan atau betina di  saat umurnya semakin bertambah tua, penggemar burung kenari bisa melihatnya pada bagian kloaka (vent). Kloaka yang dimiliki kenari jantan terlihat menonjol dan memerah, yang berarti burung kenari siap kawin.

Lain lagi dengan betina yang memliki kloaka berbentuk bulat-bengkak dan memerah yang berarti betina dalam kondisi siap reproduksi.

Nah setelah kita mengetahui mana jantan dan betina, kita bisa dengan mudah memilih kenari dari kandang ombyokan dengan prosepek kenari yang bagus. Berikut X tips memilih kenari dari kandang ombyokan.

  1. Pilihlah kenari dengan warna campuran atau bond. Dikarenakan kenari yang memiliki warna campuran lebih rajin dan cepat berbunyi dibanding dengan kenari yang berwarna polos seperti full kuning atau putih.
  1. Dari banyak kenari di kandang ombyokan, pilihlah kenari yang paling lincah diantara yang lain.
  1. Cari yang memiliki paruh tebal. Paruh yang tebal biasanya memiliki suara yang lebih keras.
  1. Telitilah dengan kenari yang dipilih. Lihatlah apakah kenari tersebut cacat fisik, baik di kaki, sayap, mata, badan, serta kuku jarinya.
  1. Pilihlah kenari yang mentalnya bagus. Bisa dicek dengan dekati kenari tersebut. Bila kenari tersebut agresif, bisa jadi Anda langsung dipatuk dan langsung berbunyi.
  1. Usia kenari yang dijual ombyokan berkisar tiga sampai lima bulan. Anda bisa membedakan kenari tersebut lewat lingkar matanya. Jika lingkar mata sejajar dengan garis paruh, kemungkinan kenari tersebut jantan.
  1. Kenari yang memiliki leher yang besar dan agak menggelembung saat berkicauu, Anda patut membeli kenari tersebut. Dikarekana dari itulah kita bisa mengetahui bahwa kenari tersebut akan mampu berkicau dengan jarak yang panjang.

Itulah tujuh tips sederhana dalam pemilihan kenari ombyokan yang bisa dijadikan panduan oleh penggemar kenari. Selain harus teliti dan jeli, Anda juga harus ekstra sabar dalam memillih kenari ombyokan agar hasilnya sesuai yang diharapkan. Semoga bermanfaat, selamat menerapkan!

Baca Juga : Cara mengobati kaki burung yang terluka

Loading...
7 Tips Memilih Kenari Ombyokan yang Bisa Jadi Panduan Pecinta Kenari | ilmuhewan | 4.5