Cara Memilih Bibit/Anakan Ayam Petelur Unggulan dan Berkualitas

By On Wednesday, December 7th, 2016 Categories : Produksi

Cara Memilih Bibit/Anakan Ayam Petelur Unggulan dan Berkualitas – Telur ayam menjadi salah satu sumber protein yang sangat bagus untuk dikonsumsi sehari-hari.

Selain itu usaha atau bisnis telur ayam juga sangat menjanjikan dan tingkat permintaan telur perharinya pun sangat tinggi.

Dalam penyajiannya untuk makanan, telur ayam tergolong lauk yang sangat praktis disajikan. Cukup dengan digoreng atau pun direbus saja, telur ayam sudah bisa dinikmati sebagai lauk.

anakan-bibit-ayam

Baca Juga : Cara Ternak dan Memelihara Ayam Guinea

Dengan tingginya tingkat permintaan kebutuhan telur setiap harinya tentu saja akan menjadi sebuah tantangan bagi penggerak usaha peternakan ayam petelur agar tetap bisa memproduksi telur ayam yang berkualitas baik.

Dalam upaya membudidayakan ayam petelur dengan kualitas yang unggul, tentu saja banyak hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya yaitu persiapan sebuah tempat yang nantinya akan dijadikan kandang bagi ayam – ayam nantinya.

Sebuah kandang ayam petelur juga akan dilengkapi dengan berbagai hal pendukung yang digunakan dalam memudahkan segala aktifitas pemilik saat mengurusi dan melakukan pemeliharaan ternak termasuk untuk memanen telur – telur ayam tersebut nantinya.

Selain memperhatikan kandang ayam, masih banyak hal yang juga harus diperhatikan jika ingin menjalankan bisnis ayam petelur, yaitu dari segi pemilihan bibit ayam petelur.

Jangan pernah memilih bibit ayam sembarangan karena jika memilih bibit sembarangan maka bibit tersebut belum tentu bibit yang berkualitas baik.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips dalam memilih bibit atau anakan ayam petelur unggulan dan berkualitas.

  1. Langkah pertama yang paling penting dalam memilih bibit atau anakan ayam petelur unggulan dan berkualitas adalah pilihlah bibit ayam petelur yang sudah cukup lama ada pada pedagang. Karena bibit ayam yang sudah lama ada pada pedagang adalah bibit ayam yang sudah pasti sehat. Jika memilih bibit ayam petelur yang baru datang dari suplaier maka belum tentu bibit tersebut dalam keadaan sehat. Biasanya bibit ayam yang baru datang sering terkena stres karena telah mengalami perjalanan jauh. Sehingga bibit tersebut akan menjadi mudah mati jika tidak ditangani dengan baik. Oleh karena itu bibit yang sudah lama ada pada pedagang adalah bibit yang sehat dan tidak sedang dalam keadaan stres.
  2. Cara kedua dalam memilih bibit ayam petelur yang unggul dan berkualitas yaitu dengan memilih bibit yang aktif. Bibit ayam yang dinyatakan aktif menandakan bahwa bibit tersebut dalam keadaan sehat. Akan sangat berbeda jika semua hal itu dibandingkan dengan ayam yang sakit. Ayam yang sakit adalah ayam yang tidak aktif. Dengan memilih bibit yang sehat dan berkualitas maka akan mendapatkan banyak keuntungan. Hal ini disebabkan bibit yang sehat akan bisa memproduksi telur ayam yang lebih banyak.
  3. Tips yang ketiga dalam memilih bibit atau anakan ayam petelur adalah dengan memastikan apakah bibit tersebut melahap makanannya dengan rakus. Ayam yang memakan makanannya dengan rakus adalah ciri – ciri atau tanda bahwa ayam tersebut sehat. Sebaliknya, jika ayam tersebut tidak mau atau malas makan maka ayam tersebut berada dalam keadaan stres ataupun sakit. Jangan sampai memilih ayam yang malas makan atau tidak lahap saat memakan makanan yang diberikan, karena ayam yang malas makan cenderung lebih cepat mati.

Demikian ulasan mengenai cara memilih bibit atau anakan ayam petelur yang unggul dan berkualitas. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca. Terimakasih

Baca Juga : Cara Meningkatkan Produksi Ayam Petelur

Loading...
Cara Memilih Bibit/Anakan Ayam Petelur Unggulan dan Berkualitas | ilmuhewan | 4.5