Cara Memilih Bibit Indukan Kenari Yang Baik Untuk Kontes

By On Saturday, April 22nd, 2017 Categories : Info Lainnya

Cara Memilih Bibit Indukan Kenari  – Burung Kenari pertama kali ditemukan oleh pelaut Perancis di kepulauan Canary pada abad ke 15.

Burung ini memiliki keindahan bulu dan suaranya yang merdu tidak heran jika burung ini sering diikutsertakan dalam kontes burung.

Namun tidak sedikit juga yang memelihara burung kenari ini hanya untuk dipajang dirumah, sekedar untuk menikmati suaranya yang merdu.

Baca Juga : Cara Membuat Kandang Ternak Kenari

Harga burung Kenari untuk kontes cenderung lebih mahal ketimbang burung Kenari biasa, yaitu sekitar 1 juta hingga 5 juta lebih.

Sebagai pecinta burung Kenari, tentu saja anda menginkan kualitas burung Kenari yang anda pelihara bagus dan memiliki kicauan yang merdu, apalagi bagi anda yang ingin mengikutkan burung Kenari anda ke dalam kontes.

Namun, sering sekali kita kebingungan untuk memilih mana burung Kenari yang memiliki kualitas yang bagus untuk kontes mana yang tidak, oleh karena itu berikut ini ada beberapa tips untuk memilih bibit indukan Kenari yang baik untuk kontes yang mungkin dapat menjadi bahan referensi anda yaitu  :

  1. Lebih baik jika memilih indukan jantan jika anda ingin di mengikuti burung kenari untuk kontes.Burung Kenari jantan kicauannya lebih indah dibandingkan burung Kenari betina. Oleh karena itu harga burung Kenari kontes yang berjenis kelamin Jantan lebih mahal ketimbang Burung Kenari kontes berjenis kelamin Betina.
  2. Burung Kenari yang postur tubuhnya lebih besar cenderung malas untuk berkicau oleh karen itu pilihlah burung Kenari yang lincah, tidak terlalu gemuk, sehat, memiliki leher yang lebih panjang, bentuk kaki dan ekornya indah serta professional dan tidak ada cacat pada bagian tubuhnya.
  3. Burung Kenari yang bagus adalah yang memiliki bentuk dan ukuran bagian kepalnya yang lebih kotak karena lebih agresif dan memiliki mental petarung yang lebih bagus.
  4. Pilihlah burung kenari yang memiliki bentuk paruh agak leber karena dalam hal berkicau akan memberikan suara kicauan yang lebih bagus
  5. Pilihlah burung Kenari yang memiliki kicauan yang nyaring, tahan lama tidak terputus-putus saat berkicau dan terdengar halus, tidak kasar. Selain itu, kicauan yang bagus adalah yang sedikit mengeluarkan gelembung udara pada bagian lehernya.
  6.  Burung Kenari yang memiliki mental bagus cenderung berkicau dengan bagus. Untuk itu perlu pelatihan khusus agar Kenari memiliki mental bagus di lapangan yang bagus. Ada beberapa tips untuk melatih mental burung Kenari yaitu sebagai berikut ini :
  • Letakkan burung kenari pada keramaian atau yang sering dilewati oleh orang-orang.
  • Secara teratur membawa burung Kenari jalan-jalan atau berkumpul dengan komunitas sesama pecinta burung Kenari.
  • Membuat kandang umbaran agar kenari memiliki stamina yang fit dan bagus
  1. Pilihlah burung kenari yang gayanya tenang terlihat dari fisiknya yang menurunkan kedua sayapnya.
  2. Perhatikan saat burung Kenari berkicau, apakah bunyinya ngotot atau tanpa beban?biasanya burung kenari yang ngotot akan terlihat saat burung kenari melihat burung kenari lainnya. Pilihlah burung kenari yang tidak ngotot saat berkicau.
  3. Pilihlah burung Kenari yang memiliki mental tempur karena mental baja sangat diperlukan oleh burung Kenari untuk kualitas kontes. Oleh karena itu jangan pilih burung Kenari yang mudah stress.

Itulah beberapa tips-tips untuk memilih indukan burung Kenari yang cocok untuk kontes, semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Baca Juga : Cara Menjodohkan Burung Kenari

Loading...
Loading...
Cara Memilih Bibit Indukan Kenari Yang Baik Untuk Kontes | ilmuhewan | 4.5