Cara Memilih Bakalan Burung Tledekan

By On Saturday, June 10th, 2017 Categories : Perkawinan

Cara Memilih Bakalan Burung Tledekan – Memilih burung memang lebih mudah jika dibandingkan dengan memilih jodoh. Walaupun hubungan sudah memakan waktu sampai bertahun – tahun, tapi jika bukan jodoh maka kamu tidak bisa memaksanya, bukan?

Namun, memilih jodoh tentunya masing – masing memiliki kriteria tersendiri. Seperti halnya dalam memilih bakalan burung Tledekan satu ini.

Kamu harus mengetahui apa saja cara yang harus kamu lakukan demi berjodoh dengan burung ini.

Mudah Jinak

Hampir semua jenis burung jika kamu mengulurkan tangan ingin menyentuhnya atau bahkan mendekatkan badan, dengan cepat burung – burung itu menjauh.

Baca Juga : Tips dan Trik Dalam Perawatan Burung Tledekan

Tapi jangan khawatir, Tledekan adalah salah satu burung yang mudah beradaptasi pada sekitarnya. Terutama pada manusia. Dia akan mudah jinak dan kamu tidak akan kesulitan untuk lebih dekat dengannya.

Mental

Jenis burung Tledekan adalah salah satu jawaban kamu yang sedang mencari burung jenis tipe petarung. Burung ini dilahirkan memang mempunyai mental yang sangat baik sebagai petarung lho. Penampilannya juga lebih tenang, tidak menjauh atau bahkan lari ketika didekati.

Tledekan juga termasuk burung yang aktif karena sering mengeluarkan suara khas kicauannya. Bahkan burung ini akan segera berdiri tegak ketika melihat jenis burung Tledekan lainnya.

Penampilan

Menariknya seseorang bisa dilihat dari gaya pakaiannya, gaya bicaranya dan hal lainnya. Seperti itu juga dalam memilih Tledekan. Pastikan warna – warna bulunya yang cerah, berkilau dan tersusun rapi. Ingat, jika burung mempunyai bulu – bulu yang kusam serta kusut, itu pertanda burung tersebut dalam kondisi tidak sehat. Bisa saja Tledekan tidak mendapatkan nutrisi dan perawatan yang memadai.

Ciri – ciri Tledekan sehat berparuh tebal dengan paruh belimbing, bertubuh panjang, berkepala besar dan ceper, berleher lebar, bermata besar, jernih dan tidak berair (sumber omkicau).

Sering Berkicau

Kicauan yang sering kamu dengar dari Tledekan menandakan bahwa burung itu mempunyai kesehatan yang optimal lho. Oleh karenanya pemberian pakan dan EF juga berperan penting dalam hal ini.

Nafas Panjang

Ini adalah salah satu kekuatan yang dimiliki oleh Tledekan. Dengan ciri – ciri yang sudah dijelaskan sudah pasti memiliki nafas yang panjang. So, selalu perhatikan saat pertama kali membelinya ya.

Suara

Sudah tentu suara yang kencang adalah hal utama untuk menjadi sang juara di arena lomba. Apalagi burung Tledekan kamu mempunyai suara yang rapat, kencang dan  bervibrasi, maka sudah bisa dikatakan bahwa jagoan kamu istimewa. Usahakan sebelum membelinya dengarkan calon burung Tledekanmu mempunyai semua kriteria ini.

Master

Kamu tidak akan kesulitan untuk memasterkan Tledekan jika semua kriteria yang sudah dijelaskan ada pada calon peliharaan kamu. Burung itu akan dengan mudahnya dimaster dengan suara burung lain.

Master sendiri merupakan kegiatan dimana burung dilatih agar dapat menirukan suara burung lain dengan menggunakan burung master atau audio mp3.

Tambahan Pakan

Siapa bilang memberikan menu tambahan tidak bisa membuat mentalnya bertambah kuat? Dengan memberikan serangga jenis jangkrik, ulat dan kroto sudah bisa membuat mentalnya kuat agar bisa tampil maksimal di arena nanti.

Rival

Mempertemukan kawan sejenis Tledekan juga akan menambah mental yang kuat lho. Pertemuan ini tentu akan membuat peliharaanmu merasa tersaingi. Tapi jangan salah, justru dengan mempertemukan  kawan sejenis akan menambah mentalnya semakin kuat. Namun ingat, kegiatan ini jangan dilakukan terlalu sering. Cukup latih peliharaan kamu seminggu sekali.

Pertemukan Dengan Lawan Jenis

Burung Tledekan jantan sangat mudah naik birahinya. Kamu hanya perlu mempertemukannya dengan lawan jenis maka birahinya akan semakin naik lho.

Ingat, sesuatu yang berlebihan memang bukan lah hal yang bagus. Oleh karenanya usahakan untuk mempertemukannya dengan betina setiap 1 – 2 minggu sekali.

Cara Memilih Bakalan Burung Tledekan | ilmuhewan | 4.5