Cara Membuat Tepung Keong Mas Untuk pakan ternak

By On Friday, July 14th, 2017 Categories : Pakan Hewan

Cara Membuat Tepung Keong Mas Untuk pakan ternak – Semua orang pasti kenal dan tahu keong mas, salah satu hewan pengganggu sawah yang meresahkan para petani, apalagi ketika mereka bertelur dapat menghasilkan ratusan butir telur dalam sekali bertelur.

Kondisi ini menjadikan si keong mas ini mudah dan cepat berkembang biak, sehingga sangat mudah bagi memusnahkan tanaman para petani dengan singkat.

Memang benar, dulunya si keong mas ini hanya menjadi hama para petani, namun kenyataanya sekarang si keong mas ini menjadi primadona masyarakat baik di konsumsi oleh manusia atau hanya untuk campuran pakan ternak.

Baca Juga : Syarat Pakan Ternak Yang Baik

Keong mas ini memiliki protein yang kandungannya cukup tinggi, selain itu mereka juga mengandung banyak vitamin.

Keong mas biasa dimanfaatkan oleh para peternak sebagai salah satu menu makanan para ternak dalam bentuk tepung.

Apalagi dengan memberikan para ternak tepung keong mas dapat meningkatkan laju pertumbuhan produksi telur hingga 80 % dari total produksi telur. Biasanya tepun keong mas di berikan kepada ikan lele, ayam, itik.

Berikut ini cara membuat tepung keong mas untuk pakan ternak anda :

  1. Siapkan bahan utamanya, yaitu keong mas, untuk mendapatkannya anda bisa memperolehnya di sawah – sawah dan tempatkan mereka pada wadah khusus agar mereka tidak kabur.
  2. Bawa keong mas tersebut ke tempat penampungan, seperti bak misalnya, baru kemudian rendam mereka selama 2 hari, tahap ini bertujuan untuk mengurangi kotoran – kotoran yang ada pada tubuh mereka dan juga menghilangkan lendirnya.
  3. Setelah itu campurkan garam pada bak tadi, dan aduk – aduk hingga lendir banyak yang keluar, biasanya membutuhkan waktu kitar 15 menit. Jika dirasa lendir masih banyak. Anda dapat menambahkan garam lagi dan melakukan proses pengadukan hingga si lendir keluar banyak.
  4. Ketika lendir sudah banyak yang keluar, anda dapat mencuci para keong hingga bersih dari lendir.
  5. Rebuslah keong yang sudah bersih selama 20 menit.
  6. Tiriskan rebusan keong tersebut dengan cara di angin – anginkan.
  7. Setelah dingin, anda dapat memisahkan antara cangkang dan daging keong menggunakan alat pengungkit, tapi pastikan juga tidak ada cangkang yang tertinggal seperti menempel di daging keong.
  8. Cuci lagi daging keong mas hingga benar – benar bersih dan tiriskan.
  9. Potong atau iris tipis daging keong mas tadi untuk dilakukan pengeringan. Biasanya mereka akan dikeringkan di bawah sinar matahari langsung namun ada juga yang mengeringkannya menggunakan oven yang suhunya sekitar 75 – 80 derajat celcius selama 24 jam. Pastikan juga bahwa daging tersebut masih memiliki kadar air sekitar 14 % atau irisan daging sudah dapat dipatahkan menggunakan tangan.
  10. Tumbuklah atau giling irisan daging yang sudah kering hingga halus, jangan lupa mengayaknya guna memisahkan antara tepung yang memang sudah halus dengan tepung keong mas yang belum halus.
  11. Tepung keong siap di jadikan sebagai pakan ternak.

Berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat pada tepung keong mas adalah :

  1. Protein kasar berjumlah 51,8 %
  2. Lemak kasar berjumlah 13,61 %
  3. Serat kasar berjumlah 6,09 %
  4. Kadar abu berjumlah 24 %
  5. Energi metabolis 2094,98 kal / kg

Namun perlu diketahui bahwa kandungan yang ada pada tepung keong mas memiliki komposisi yang berbeda – beda dengan jumlah yang berbeda pula ketika dilakukan tes di laboratorium, hal ini dikarenakan juga oleh tempat keong mas berasal.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi dan Macam Pakan Ternak

Loading...
Loading...
Cara Membuat Tepung Keong Mas Untuk pakan ternak | ilmuhewan | 4.5