Cara Membuat Ramuan Alami Untuk Memandikan Burung Kicau

By On Monday, July 24th, 2017 Categories : Burung

Cara Membuat Ramuan Alami Untuk Memandikan Burung Kicau – Bermacam-macam cara dapat kita lakukan untuk merawat burung kicau dimulai dari memberikan pakan, menjemur, membersihkan sangkar hingga memandikan burung kicau kesayangan.

Para pencinta burung kicau tentunya memiliki cara memandikan burung kicau yang berbeda-beda.

Ada yang memandikan burung kicau dengan cara disemprot menggunakan sprayer da nada juga yang memandikan dengan cara ditempatkan di keramba mandi hingga mandi di dalam cepuk yang berisi air.

Semua cara untuk memandikan burung kicau tersebut memiliki efek positif untuk kesehatan burung terutama untuk menjaga kondisi tubuh dan membersihkan tubuh si burung kicau dari berbagai macam penyakit.

Baca Juga :

Jenis Pakan Pelengkap Untuk Burung Kicauan

Manfaat dan Khasiat Hewan Bekicot Untuk Burung Kicau

Cara Membuat Jamu Untuk Burung Kicauan

Tips dan Trik Agar Suara Burung Kenari Semakin Keras

Ramuan tradisional untuk mengobati penyakit ikan lele

Akan tetapi, satu hal yang patut kalian ketahui bahwa burung kicau tidak boleh dimandikan dengan air hangat.

Alasannya air hangat mampu menghilangkan lapisan minyak pada bulu burung dan hal tersebut dapat mengakibatkan bulu-bulu burung cepat kering dan kusam.

Hal tersebut dapat memicu rasa gatal dan mampu membuat burung berperilaku aneh yaitu burung mencabuti bulunya sendiri.

Selain itu memandikan burung dengan cara disemprot ada baiknya dilakukan dengan penuh perhatian terutama untuk burung paruh bengkok seperti Lovebird, Nuri dan Parkit.

Usahakan jangan sampai menyemprot langsung dari arah depa, karena hal tersebut dapat menyebabkan air langsung masuk ke dalam rongga hidung si burung.

Sebagai solusi kalian bisa memandikan burung kicau dengan air biasa , air dingin atau air hujan sekaligus sebagai terapi mandi air hujan.

Didalam proses penyemprotan, ada baiknya kalian menggunakan tipe semprotan yang halus. Selain air biasa, kalian juga dapat membuat ramuan alami yang tentunya sangat baik untuk mandinya si burung kicau.

Nah, berikut beberapa cara membuat ramuan alami untuk memandikan burung kicau dibawah ini :

  1. Air Rebusan Daun Sirih

Penggunaan air rebusan daun sirih sebagai ramuan alami untuk memandikan burung kicau sudah sering dilakukan oleh sebagian besar para pencinta burung kicau.

Manfaat dari air rebusan daun sirih ini sendiri mampu membunuh dan menghilangkan kutu yang menyerang burung kicau. Kalian dapat memasukan sebanyak 30 lembar daun sirih yang sudah dipotong-potong ke dalam panci.

Lalu masukkan air  sebanyak kurang lebih 5 liter dan kemudian panaskan hingga air di dalam panci tersisa setengah.

Terakhir, saring dan diamkan sebentar hingga air rebusan daun sirih tersebut menjadi dingin dan kalian dapat langsung menyemprotkan air tersebut ke tubuh burung.

  1. Air Rebusan Daun Sirih dan Kemiri

Air rebusan daun sirih yang ditambahkan dengan kemiri dapat dipercaya untuk mengatasi burung mabung. Perpaduan dua jenis bahan alami ini mampu membuat burung yang sedang mabung dapat pulih kembali.

Tidak hanya itu saja, kemiri mengandung vitamin E yang dipercaya sangat baik untuk merawat bulu burung yang baru saja tumbuh.

Kalian dapat menyiapkan daun sirih sebanyak 10-15 lembar dan kemiri sebanyak 3-5 biji. Kemudian, daun sirih direbus hingga mendidih. Pada saat menunggu air daun sirih mendidih, kaliandapat menumbuk kemiri hingga halus.

Setelah air rebusan daun sirihnya sudah mendidih, kalian dapat mencampurkan kemiri yang sudah ditumbuk halus ke dalam air rebusan daun sirih tersebut dan aduk hingga rata.

Tunggu sebentar hingga 5-10 menit kemudian matikan api dan diamkan sampai air rebusan menjadi dingin. Jika sudah dingin, saring ampasnya dan masukkan air ke dalam wadah mandi burung atau dimasukkan ke sprayer.

  1. Air Bekas Cucian Beras

Air bekas cucian beras mampu membantu menghilangkan kutu yang menempel pada bulu-bulu burung.

Akan tetapi penggunaan air bekas cucian beras tidak bisa langsung menghilangkan kutu secara instan karena sifat dari air beras sendiri yang hanya melepaskan kutu dari lapisan bulu ataupun kulit.

Apabila tidak segera dibantu dengan merapikan bulu, maka kutu-kutu yang ada dapat kembali menempel pada kulit maupun bulu burung.

Loading...
Loading...
Cara Membuat Ramuan Alami Untuk Memandikan Burung Kicau | ilmuhewan | 4.5