Cara Membuat pakan konsentrat sendiri sebagai pakan alternative kambing ketika musim kemarau

By On Thursday, December 15th, 2016 Categories : Pakan Hewan

Musim hujan merupakan saat yang mudah untuk memelihara kambing dikarenakan masih banyak rumput dan daun yang tumbuh subur di berbagai tempat untuk makanan kambing.

Hal ini berbeda jika musim kemarau tiba, kita kesulitan mencari daun dan rumput untuk makanan kambing kita .

Hal ini sering membuat kita pusing apalagi jika kambing yang kita pelihara cukup banyak. Oleh karena itu kita harus membuat makanan alternative untuk kambing kita selama musim kemarau.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Produksi Susu Kambing Peranakan Etawa

Sebenarnya pakan alternative untuk kambing di musim kemarau ini cukup mudah dibuat dan cukup mudah didapatkan seperti membuat pakan dari dedak atau bekatul.

Mengapa harus memakai dedak atau bekatul ?

bekatul merupakan pakan yang paling tepat untuk pakan konsentrat alternative dimusim kemarau karena mudah untuk ditemukan dan harga lebih terjangkau.

Selain itu bekatul juga memilki kandungan protein dan nutrisi yang cukup tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan kambing dan menjaga kambing agar tidak kurus.

Kali ini saya akan membagikan cara membuat konsentrat alternative untuk kambing dari bahan bekatul

Untuk komposisinya yaitu :

  1. Bekatul atau dedak sebanyak 70%
  2. Jagung giling sebanyak 8,1 %
  3. Onggok atau ampas singkong sebanyak 20%
  4. Kalsium sebanyak 0,5%
  5. Garam dapur sebnyak 1,4%

Cara Membuat konsentrat dedak :

Cara mmbuatnya sangat mudah, kita tinggal mencampur semua bahan tadi menjadi satu dan aduk terus sampai rata.

Dan jika ingin memberikan nutrisi tambahan pada konsentrat kita bisa menambahkan beberapa bungkil kedelai dan beberapa bungkil kelapa. Namun jika ingin menambahkannya kita harus merubah komposisinya lagi menjadi seperti berikut ini :

  1. Bekatul atau dedak sebanyak 75%
  2. Jagung giling sebanyak 6%
  3. Bungkil kelapa sebanyak 10%
  4. Bungkil kedelai sebanyak 3%
  5. Kalsium sebanyak 2%
  6. Garam dapur sebnyak 4%

Pemberian pakan konsentrat ini hanya sebagai pendukung saat rumput atau makanan hijau lainnya sulit untuk didapat. Untuk itu takaran makanan yang tepatlah yang akan memaksimalkan hasilnya nanti.

Takaran pemberian konsentrat untuk kambing yang berusia 5 tahun yaitu sebanyak 2 ons/ hari. Sedangkan takaran pemberian konsentrat untuk kambing yang berusa 5 tahun keatas adalah sebanyak 3 ons/ hari.

Pemberian konsentrat ini dilakukan saat pagi hari sebelum kambing diberikan makanan hijau. Dengan begitu diharapkan agar bobot kambing dapat bertambah sebanyak 100 gram/Hari

Meskipun pembuatan pakan ini cukup mudah akan tetapi bahan baku dedak ini terkadang habis karena banyak orang yang menggunakannya untuk campuran pakan ternak dan lain-lain.Untuk bias membuat konsentrat sendiri anda harus siap mencari bahan-bahannya di daerah lain.

Demikianlah informasi yang saya berikan , semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Selamat mencoba!!!

Baca Juga : Cara meningkatkan stamina ternak kambing

Loading...
Loading...
Cara Membuat pakan konsentrat sendiri sebagai pakan alternative kambing ketika musim kemarau | ilmuhewan | 4.5