Cara Membuat Pakan Alternatif Puyuh Petelur

By On Saturday, December 10th, 2016 Categories : Pakan Hewan

Cara Membuat Pakan Alternatif Puyuh Petelur – Cara membuat pakan puyuh alternatif dengan menggunakan bahan organik memang tergolong murah karena selain harga bahannya yang lebih murah juga dapat dibuat sendiri.

Bahan bahan yang dipakai untuk menyusun pakan puyuh diutamakan murah, selalu tersedia dan mudah didapatkan dengan tetap mempertimbangkan kandungan gizi bahan pakan yang ada.

Meskipun komposisi pakan alternatif puyuh petelur ini dibuat bertujuan untuk menekan biaya produksi dalam peternakan burung puyuh, akan tetapi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh ternak puyuh juga perlu diperhatikan.

pakan-puyuh

Baca Juga : Cara Ternak Burung Puyuh Untuk Pemula

Karena pada dasarnya burung puyuh petelur ini membutuhkan energi sebesar sebanyak 2.700 kkal dan membutuhkan protein sebesar 22% oleh karena itu kebutuhan energi dan protein dari burung puyuh harus lah dapat terpenuhi dari makanan yang diberikan.

Sebab, kalau hanya memperhatikan harga pakan yang murah malah akan menyebabkan produksi telur menjadi turun atau tidak baik.

Pembudidayaan burung puyuh bisa dikatakan memiliki potensi yang tinggi sebagai salah satu bisnis yang sedang marak saat ini.

Hanya saja harga pakan buatan pabrik untuk burung puyuh petelur terkadang bisa meningkat drastis sehingga peternak puyuh petelur pun sering mengalami kewalahan dalam menanggulangi hal ini.

Pakan ternak olahan pabrikan memang tidak bisa selalu diandalkan, oleh sebab itu banyak kalangan peternak puyuh ini berfikir mencarikan alternatif lain yang bisa dijadikan sebagai bahan pakan untuk ternaknya.

Selain itu pakan alternatif ini akan berkomposisi lebih aman untuk dijadikan pakan puyuh petelur karena secara langsung dibuat sendiri.

Membuat pakan puyuh sendiri memang menjadi jalan alternatif untuk efisiensi biaya dan efisiensi produksi. Efiseinsi biaya yaitu biaya yang dikeluarkan menjadi lebih murah sedangkan efisiensi produksi dalam memilih bahan penyusun yang seimbang untuk produksi telur yang maksimal.

Berikut ini adalah cara membuat pakan alternatif puyuh petelur yang dapat dijadikan panduan dan contoh bahan yang bisa digunakan :

No Sumber Energi Sumber Protein
1. Jagung giling Bungkil kedelai
2. Dedak halus atau bekatul Tepung ikan
3. Bungkil kelapa Tepung tulang

*Beberapa bahan bisa digunakan untuk menyusun formula pakan yang baik.

  • Pertama – tama sebagai sumber energi yang akan diambil yaitu jagung giling dan bekatul, sedangkan bahan sebagai sumber protein yang dipilih yaitu bungkil kedelai dan tepung ikan, dengan rincian sebagai berikut :

Contoh komposisi pakan

  1. Jagung giling 40 %
  2. Bekatul atau dedak halus 20%
  3. Bungkil kedelai 25%
  4. Tepung ikan 10%
  5. Premik, obat dan antibiotik 5%
  • Cari lokasi yang bersih seperti lantai plester yang berguna untuk menghamparkan bahan bahan yang akan dicampur. Jika ada bahan mikro seperti vitamin, antibiotik dan obat maka campurkan terlebih dulu dengan bahan yang paling kecil.
  • Jika sudah menetapkan komposisi bahan yang akan dijadikan pakan, selanjutnya campurkan semua bahan tersebut dengan mixer ataupun boleh dengan cara manual menggunakan sekop.
  • Hamparkan bahan dari yang paling besar jumlahnya, yaitu jagung giling. Kemudian ratakan hingga tinggi mencapai 5 – 10 cm. Setelah itu lanjutkan dengan jumlah bahan terbesar kedua dan ulangi langkah seterusnya hingga membentuk gunungan.
  • Campurkan dengan merata secara hati – hati
  • Pakan sudah siap diberikan kepada puyuh

Demikian cara membuat pakan alternatif puyuh petelur yang bisa di cobakan dirumah. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Baca Juga : Cara Membedakan Burung Puyuh Jantan dan Betina

Cara Membuat Pakan Alternatif Puyuh Petelur | ilmuhewan | 4.5