Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Membuat Pakan Alternatif Lele dari Kotoran Sapi dan Kambing

By On Tuesday, December 6th, 2016 Categories : Pakan Hewan

Pakan lele yang terbuat dari kotoran sapi dan kambing ini dapat di jadikan sebagai pakan alternatif yang harganya murah, efektif dan juga efisien.

Apalagi semakin meningkatnya harga pakan pelet yang tersedia di toko – toko terkadang membuat peternak ikan mengalami kebingungan dalam mengatasi kenaikan harga pelet yang tak menentu ini.

Para peternak lele sebaiknya harus mengetahui cara membuat pakan lele alternatif dari bahan organik seperti menggunakan kotoran kambing atau kotoran sapi agar usaha ternak lele bisa terus berjalan.

pakan-lele-dari-kotoran

Baca Juga : Cara Meningkatkan Bobot Ikan Lele

Banyak manfaat dan keuntungan yang bisa diperoleh dari pemberian pakan organik untuk peternakan lele, yaitu :

  1. Menghemat biaya untuk pakan
  2. Untuk berat lele perekornya bisa menjadi lebih berat
  3. Kolam lele akan terlihat bersih dan bebas berbau
  4. Air kolam tidak perlu diganti
  5. Lele yang diberi pakan organik rasanya lebih gurih, bernilai gizi tinggi, low kolesterol dan baik untuk kesehatan
  6. Air bekas dari ternak lele yang diberi makan pakan organik dapat digunakan lagi sebagai pupuk

Cara Membuat Pakan Alternatif Lele dari Kotoran Sapi dan Kambing

  1. Kumpulkan kotoran kambing/sapi yang masih segar dan baru sebanyak 100 – 150 kg lalu masukkan ke dalam sebuah kolam khusus yang terpisah dari lele lalu angin – anginkan selama lebih kurang seminggu lamanya hingga kering
  2. Sediakan :
  • 1 liter probiotik EM4 perikanan
  • 10 – 2 liter air matang
  • 2 liter tetes tebu atau molase
  • Karung dan paranet ukuran sekitar 1 x 2 m sesuaikan dengan ukuran kolam sebagai tempat atau wadah untuk pemberian pakan organik ke kolam.
  • Tabung atau jerigen.
  1. Sebelum semua bahan dicampurkan, terlebih dahulu aktifkan probiotik. Cara mengaktifkan probiotik yaitu dengan mencampurkan probiotik, molase dan air matang lalu campuran tersebut diaerasi maximum selama 2 jam menggunakan aerator.
  2. Lalu masukan kotoran ternak yang telah dikeringkan ke dalam jerigen yang sebelumnya telah disiapkan. Siram campuran probiotik yang telah diaktifkan tadi ke dalam jerigen yang berisi kotoran ternak, dan aduk hingga merata.
  3. Setelah itu tutup wadah dengan rapat dan biarkan bahan – bahan tersebut berfermentasi selama 7 sampai 14 hari lamanya. Setelah proses fermentasi selesai, pakan yang telah terfermentasi tersebut akan dimasukan ke dalam karung.

Proses fermentasi adalah tahapan yang sangat penting dalam pembuatan pakan alternatif ini, karena proses fermentasi yang terjadi akan dapat meningkatkan nilai gizi seperti protein pada pakan sehingga pakan yang dihasilkan bagus dan baik untuk pertumbuhan lele.

Pemberian pakan alternatif dari kotoran sapi atau kambing ini ditujukan untuk lele yang berumur < 1 tahun dan untuk ukuran penebaran awalnya maximal 4 – 6 cm. Cara pemberiannya yaitu cukup dengan memasukkan pakan hasil fermentasi kotoran ternak sapi atau kambing tersebut ke dalam karung atau wadah lalu masukkan ke dalam kolam lele.

Sedangkan cara lain yang bisa digunakan, yaitu dengan meletakkan pakan alami hasil fermentasi kotoran ternak sapi atau kambing tersebut ke paranet yang sebelumnya telah di pasang atau diikatkan ke sebuah tali yang berada di atas kolam ikan lele.

Jika menebar benih lele dengan ukuran 2 – 3 cm atau 3 – 4 cm, kemudian kira – kira 3 – 4 hari setelah menebar benih, jangan lupa untuk lakukan penambahan pakan lele organik dari fermentasi kotoran ternak tersebut sebanyak 2 – 3 gayung, tergantung dari berapa luas kolam dan jumlah benir yang akan di sebar.

Baca Juga : Begini Cara Memilih Induk Lele Yang Berkualitas dan Unggul

Loading...
Cara Membuat Pakan Alternatif Lele dari Kotoran Sapi dan Kambing | ilmuhewan | 4.5