Cara Membuat Pakan Alternatif Lele dari Eceng Gondok

By On Friday, December 9th, 2016 Categories : Pakan Hewan

Cara Membuat Pakan Alternatif Lele dari Eceng Gondok – Eceng gondok yang dikenal sebagai tanaman gulma yang ada di perairan, kolam dan waduk, kini telah berhasil diolah menjadi salah satu sumber bahan baku pengganti dedak.

Sehingga peternak ikan tidak mengalami kesulitan lagi dalam mendapatkan pakan ikan, cukup dengan mengolah dan memafaatkan dedak dari tanaman eceng gondok.

Kandungan protein yang ada pada enceng gondok sebanyak 13% dapat membuat pertumbuhan ikan menjadi lebih cepat ditambah lagi dengan harganya yang lebih murah dan berkualitas.

eceng-gondok

Baca Juga : Cara Membuat Pakan Alternatif Lele dari Kotoran Sapi dan Kambing

Pakan alternatif lele dengan bahan baku dari eceng gondok merupakan sebuah inovasi. Seperti yang diketahui selama ini eceng gondok selalu dianggap hama dan juga sebagai limbah oleh sebagian pembudidaya ikan akibat pertumbuhan eceng gondong di kolam yang bisa dikatakan cepat dan juga mengganggu.

Keunggulan lainnya jika menggunakan pakan alternatif dari eceng gondok ini dalam membudidayakan ikan lele adalah membantu meningkatkan nafsu makan ikan.

Pakan lele yaitu makanan untuk ikan lele yang menjadi sumber energi dan pertumbuhan serta perkembangbiakan ikan lele. Untuk pakan lele yang berasal dari alam seperti hewan – hewan kecil yang ada di sekitar habitat lele, seperti cacing, anak katak, plankton, jasad renik, atau pun hewan – hewan kecil lainnya.

Eceng gondok yang akan dijadikan sebagai pakan ternak alternatif terlebih dahulu melewati tahapan fermentasi menggunakan EM4 (bioaktivator) yang bisa didapat secara mudah di toko – toko pertanian terdekat.

Selain menggunakan metode fermentasi, metode silase yang satu ini juga bisa dilakukan dan lebih mudah. Metode silase termasuk cara yang digunakan untuk mengawetkan eceng gondok yang masih dalam keadaan segar.

Dengan mengawetkan eceng gondok sehingga nantinya bisa diberikan untuk ternak pada waktu berikutnya. Berikut ini cara membuat pakan alternatif lele dari eceng gondok :

Pakan alternatif lele dari eceng gondok metode fermentasi :

  1. Sediakan lebih kurang sebanyak 20 kg eceng gondok yang dalam keadaan kering, jika eceng gondok baru di ambil dari kolam usahakan untuk meniriskannya selama satu malam agar eceng gondok yang akan dijadikan pakan ternak tidak terlalu basah.
  2. Setelah semua bahan tersedia sesuai dengan kebutuhan, potong – potong semua eceng gondok dengan ukuran 2 – 3 cm lalu jemur di bawah sinar matahari hingga kadar airnya berkurang 50% atau sudah dalam keadaan setengah kering.
  3. Apabila sudah selesai dijemur, tambahkan sebanyak 300 ml tetes tebu / molase / air gula jawa dan probiotik EM4 sebanyak 500 ml atau boleh sejenis EM4 lainnya lalu aduk sampai semua tercampur rata.
  4. Beri sedikit air hingga kadar airnya menjadi 60 – 65 %.
  5. Apabila langkah 4 telah dilakukan, masukkan adonan ke dalam wadah plastik atau drum lalu peram dalam keadaan anaerob atau kedap udara selama lebih kurang 2 minggu hingga mulai muncul bau seperti bau harum karamel.
  6. Biarkan hingga sedikit kering, setelah itu pakan alternatif lele dari eceng gondok ini siap diberikan untuk ternak lele.

Pakan alternatif lele dari eceng gondok metode silase :

  1. Usahakan eceng gondok yang akan dijadikan pakan alternatif berada dalam keadaan tidak basah, paling tidak sudah ditirskan selama sehari semalam sebelum kemudian dilakukan pencacahan menjadi ukuran yang kecil – kecil kira – kira sebesar 2 – 3 cm.
  2. Setelah di potong kecil – kecil, campurkan eceng gondok dengan campuran lain yang biasanya sering digunakan untuk pakan ternak seperti dedak atau jagung giling. Lalu tambahkan sebanyak 1 – 2 % tetes tebu atau molase.
  3. Peram campuran tersebut dalam wadah yang tertutup atau kedap udara seperti drum selama lebih kurang 2 minggu lamanya. Jika tidak ada drum, bisa diganti dengan menggunakan terpal plastik.
  4. Sebelum pakan siap digunakan, angin – anginkan terlebih dahulu agar suhu pakan sesuai dengan lingkungan sekitarnya.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Produksi Susu Kambing Peranakan Etawa

Cara Membuat Pakan Alternatif Lele dari Eceng Gondok | ilmuhewan | 4.5