Cara Membuat Pakan Alternatif Ikan Nila

By On Monday, December 12th, 2016 Categories : Pakan Hewan

Cara Membuat Pakan Alternatif Ikan Nila – Ikan nila termasuk salah satu jenis ikan yang memakan segalanya. Istilah ini biasa disebut dengan omnivora. Dalam budidayanya, ikan nila akan tumbuh baik hanya dengan memakan apapun yang ada di dalam kolam.

Anak ikan nila akan memakan sejenis plankton dan juga jasad-jasad mikro yang ada di dasar kolam, tidak hanya itu agar ikan dapat berkembang dengan baik maka harus diberikan makanan tambahan yang tinggi protein.

Pada umumnya dalam pembudidayaan ikan nila, ikan akan diberikan makanan berupa pelet yang dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari.

ternak-ikan-nila

Baca Juga : Cara Budidaya Dan Pemijahan Ikan Nila

Pelet memang tergolong sebagai pakan utama, namun agar ikan nila yang dibudidayakan dapat berkembang sesuai dengan yang diharapkan, maka harus diberi pakan tambahan sebagai pakan alternatif ikan nila.

Pakan Alternatif Ikan Nila

Pakan alternatif yang diberikan pada ikan nila bertujuan untuk mengurangi biaya pembelian pakan berupa pelet yang terbilang cukup mahal.

Sehingga dengan adanya pakan alternatif, peternak ikan akan lebih dapat menghemat atau menekan biaya pembelian pakan dan kemudian biaya tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan budidaya lainnya.

Terdapat beberapa cara untuk membuat pakan alternatif ikan nila, cukup dengan menggunakan bahan – bahan berikut ini :

No Bahan Utama Berat ( gr )
Dedak yang halus 26 gr
Tepung jagung 8 gr
Tepung ikan 30 gr
Tepung benewa 2 gr
Tepung terigu 22 gr
Bungkil kacang kedelai 10 gr
Vitamin 1,5 gr
Mineral 0,5 gr
Air Secukupnya

 

Cara Membuat Pakan Ikan Nila

  1. Setelah semua bahan tersedia, lalu masukan bahan kedalam sebuah wadah atau tempat yang kosong kemudian aduk rata hingga semua bahan tercampur.
  2. Kemudian secara bertahap tambahkan air secukupnya, sedikit demi sedikit sambil terus di aduk dan mulai mengental.
  3. Setelah mulai mengental, lakukan pencetakan pelet menggunakan penggilingan daging dengan ukuran lebih kurang 3 – 5 mm seperti ukuran pelet pada umumnya.
  4. Apabila semua adonan sudah habis, lakukan pemotongan dengan panjang 1 – 2 cm dan setelah itu letakkan pada wadah lebar yang tahan panas dan keringkan melalui oven ataupun menggunakan sinar matahari.
  5. Setelah pelet kering, selanjutnya bisa langsung diberikan pada ikan nila secukupnya.

Perlu di ingat :

  • Dalam proses pembuatan pakan ikan nila ini, sebaiknya lakukan dengan cara yang tepat termasuk dalam pemilihan bahan. Hasil pakan yang nantinya akan dihasilkan ditentukan dari bagaimana proses saat pembuatan pakan ikan itu sendiri.
  • Dosis pemberian pakan alternatif ini, sebaiknya dilakukan sehari dua kali dan usahakan jangan sampai melebihi dosis yang telah ditentukan. Karena jika melebihi maka akan terbentuk suatu penumpukan yang berasal dari sisa makanan pakan yang telah dibuat.

Demikian cara untuk membuat pakan alternatif ikan nila yang bisa dijadikan referensi dalam usaha pembudidayaan ikan nila, dan yang menjadi bagian terpenting adalah bahwa pakan alternatif hanyalah bersifat sebagai alternatif saja dan jangan dijadikan sebagai pakan utama.

Karena pelet yang berperan sebagai pakan utama ikan tidak dapat digantikan dengan pakan alternatif yang telah disebutkan diatas.

Lakukan pemberian pakan alternatif pada ikan pada saat mengalami kekurangan modal untuk membeli pelet utama, selain itu pemberian pakan alternatif juga berfungsi untuk menghindari kebosanan ikan dan sebagai penambah variasi pakan ikan.

Azzola

Azzola adalah tumbuhan yang hidup mengapung sejenis paku air berasal dari suku Azzollaceae. Untuk penggunaan azzola sebagai pakan ikan belum terlalu banyak diketahui oleh peternak ikan.

Akan tetapi jika dilihat dari kandungan nutrisi yang terdapat pada azzola, ternyata azzola ini memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi pertumbuhan ikan nila seperti protein hingga 33%, lemak dan juga karbohidrat.

Ampas Kelapa                            

Satu lagi yang bisa dimanfaatkan untuk pakan alternatif ikan nila adalah limbah atau ampas kelapa. Ampas kelapa mengandung protein dan zat gizi lainnya sehingga baik untuk pertumbuhan ikan  nila.

Limbah Sayuran

Selain limbah dari kelapa atau ampas kelapa, limbah sayuran juga dapat digunakan sebagai pakan alternatif untuk ikan nila.

Dengan memanfaatkan limbah sayuran sebagai pakan alternatif untuk ikan nila sehingga akan mengurangi biaya dalam penyediaan makanan yang berupa pelet ikan.

Limbah sayuran yang bisa digunakan sebagai alternatif pakan untuk ikan nila adalah sisa potongan – potongan sayuran hijau seperti kangkung, bayam, ataupun daun singkong.

Hal yang perlu diperhatikan jangan memberikan sisa sayuran yang sebelumnya telah dilapisi oleh tepung.

Limbah Roti

Kebanyakan roti yang sudah basi akan dibiarkan dibuang begitu saja. Padahal sebenarnya limbah roti tersebut bisa dimanfaatkan sebagai pengganti atau pakan alternatif bagi ikan nila.

Baca Juga : Inilah 9 Tips yang Bisa Dilakukan Atasi Burung yang Cabut Bulunya Sendiri

Loading...
Loading...
Cara Membuat Pakan Alternatif Ikan Nila | ilmuhewan | 4.5