Cara Membuat Makanan Ikan Lele Sendiri

By On Monday, July 11th, 2016 Categories : Pakan Hewan

Cara Membuat Makanan Ikan Lele Sendiri – Ikan lele termasuk salah satu ikan yang mudah (tidak rewel) dalam memilih makanan.

Selain karena pengelolaan tambak lele yang mudah, lele juga mudah dipadukan dengan peternakan hewan lain. Berikut beberapa cara dalam membuat makanan ikan lele sendiri tanpa perlu membeli.

  1. Jika anda mempunyai lahan kecil, anda bisa menanaminya dengan kangkung darat. Tanaman kangkung darat mudah tumbuh di lahan kering sekalipun. Membeli bibitnya pun tidak terlalu mahal. Jika sudah panen, 70% dapat dijual sendiri sementara sisanya 30% dapat menjadi makanan lele. Tanaman kangkung akan menjadi sumber vitamin yang baik untuk lele. Anda bisa menggantinya dengan tanaman sawi atau sejenisnya yang mudah tumbuh dengan cepat.
  2. Jika anda mempunyai lahan yang lumayan luas. Anda bisa meniru para petambak lele di daerah Jawa Barat. Para petambak lele disana membangun tambak seluas-luasnya, kemudian mendirikan kandang ayam di atas tambak lele. Sehingga jumlah antara tambak dan kandang ayam sebanding. Hal tersebut memungkinkan anda meraih untung dari dua bisnis. Yakni bisnis tambak lele dan bisnis ternak ayam. Makanan lele berasal dari jenis organik yaitu kotoran ayam lumrah kita ketahui bersama. Namun, ada beberapa hal tambahan. Setiap seminggu sekali atau sebulan aka nada ayam yang mati. Kematian ayam banyak disebabkan suhu udara, atau kandang yang kurang luas. Ayam-ayam yang mati kemudian dibakar dan bisa menjadi makanan bagi lele. Ayam menjadi sumber protein terbaik bagi usaha tambak lele.
  3. Bagaimana jika dua pilihan di atas masih jauh dari rencana, karena lahan yang terlalu sempit. Beberapa pecinta lele hanya memelihara lele dalam ukuran kolam rumahan. Sehingga tidak memungkinkan dibangun lahan kangkung atau kandang ayam. Tenang saja, anda bisa mengelola lele ukuran kolam dengan memberinya rutin sampah makanan sisa dapur. Perlu diperhatikan sisa makanan sampah dapur tidak sembarang sampah. Anda bisa memilahnya, utamakan sampah-sampah organic seperti sisa nasi, sisa roti, sisa sayur. Kurangi makanan berlemak dan berkuah yang bisa memperkeruh kolam sehingga malah menjadi tong sampah berair.
  4. Selain makanan alami yang sudah dijelaskan di atas. Anda bisa menambahkan pakan buatan khusus mempercepat pertumbuhan lele. Pakan buatan atau biasa disebut pelet dapat dibuat sendiri dengan mencampurkan tepung ikan dan kedelai serta tambahan vitamin. Dibuat adonan dan dibentuk seperti pil. Pelet dapat diberikan sehari sekali atau tiga kali sehari tergantung kebutuhan.

Ada beberapa hal yang patut diperhatikan dalam pengelolaan kolam lele. Perhatikan agar makanan yang diberikan tidak menjadikan kolam sebagai tong sampah.

Kolam yang keruh dan berbau bisa memicu penyakit. Seperti halnya kita tahu, lele yang diberikan makanan kotor akan menjadikan daging lele tidak sehat.

Sementara jika anda memberikan variasi makanan  secara rutin, pertumbuhan lele akan baik dan dagingnya akan mengandung gizi yang bermanfaat.

Baca Juga : Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Ikan Lele

Cara Membuat Makanan Ikan Lele Sendiri | ilmuhewan | 4.5