Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Membuat Kandang Ternak Kenari

By On Monday, February 6th, 2017 Categories : Kandang

Cara Membuat Kandang Ternak Kenari – Dalam pembuatan kandang ternak untuk burung kenari harus disesuaikan dengan ukuran atau postur tubuh kenari yang sedikit lebih kecil serta juga harus mengetahui apa  bahan yang tepat untuk pembuatan kandang burung kenari dan juga harus sebisa mungkin disesuaikan dengan kotoran kenari yang sifatnya sedikit lembek agak keras atau melekat.

Apabila telah memperhatikan hal ini maka burung kenari akan merasa nyaman dan pemilik burung kenari pun merasakan kemudahan dalam melakukan perawatan terhadap burung kenari ini.

Secara umum, kandang untuk burung kenari dibuat dengan model yang bersusun, maksudnya disini terbagi antara kandang bagian atas dan untuk kandang bagian bawah, dan bagian tersebut menempel satu sama lain.

Baca Juga : Cara Menjodohkan Burung Kenari

Model sangkar atau kandang seperti juga sering digunakan untuk ternak burung jenis lainnya seperti burung parkit, finch ataupun lovebird.

Meskipun demikian juga banyak peternak burung kenari yang tetap menggunakan sangkar burung jenis yang biasa tidak bersusun seperti yang ada pada gambar.

Idealnya kandang burung kenari berdasarkan kondisi ada 2 jenis, yaitu sebagai berikut:

  1. Kandang Tertutup

Kandang jenis tertutup ini berfungsi sebagai kandang yang dapat melindungi kenari dari kondisi lingkungan, perlindungan dari cuaca, angin, suhu yang dingin waktu malam hari, dan lain – lain.

Kandang tertutup seperti ini juga sangat tepat buat indukan kenari yang berada dalam proses bertelur, agar bisa mengerami telurnya tetap dalam keadaan yang hangat dan nyaman.

Kestabilan suhu akan tetap terjaga dengan jenis kandang seperti ini, sehingga nantinya burung kenari yang sedang mengerami telurnya akan merasa nyaman dan terlindungi.

  1. Kandang Terbuka atau Kandang Soliter

Kandang terbuka adalah kandang yang keadaannya terbuka tanpa adanya sebuah penutup. Sebenarnya kandang terbuka ini memiliki fungsi yang bisa dibilang cukup banyak, karena dengan keadaan kandang yang terbuka akan dapat melatih mental burung kenari apabila kandang seperti ini nantinya diletakkan di lingkungan yang kondisinya ramai atau disekitanya terdapat banyak orang yang lewat.

Selain itu kandang ini juga sangat mudah untuk memandikan dan melakukan penjemuran pada burung kenari.

Caranya cukup ditaruh di luar maka burung kenari tersebut akan mendapatkan sinar matahari. Kandang jenis terbuka seperti ini  banyak dijual di pasaran, karena kandang soliter atau kandang yang terbuka ini merupakan kandang standar burung.

Jika menginginkan burung kenari mampu hidup dengan sehat dan juga sesuai maka hal yang harus diperhatikan adalah kesesuaian kandangnya.

Dalam proses pembuatan kandang kenari mengacu pada ukuran 50 x 50 x 50 cm, sebenarnya untuk berapa jenis ukurannya bisa disesuaikan sesuai daya kreatifitas pembuat kandang dalam upaya untuk menyesuaikan dan memperkirakan bentuk kandang sebagaimana mestinya ataupun mana yang lebih baik. Sebagai contoh, bisa seperti berikut ini :

  • Alat:

– Sediakan penggaris dan gergaji sebagai alat pemotong

– Parang (opsional) dan amplas untuk menghaluskan kayu

– Pahatan kayu dan meteran

– Tang, palu dan kawat

  • Bahan:

–  Kayu bambu atau kayu rotan sebagai jeruji

– Gunakan triplek dengan ketebalan 1 hingga 2 cm

– Siapkan paku besar dan kecil dan lem kayu

– Sediakan juga cat kayu dan juga plamir sebagai penghalus kayu

Adapun cara membuat kandang kenari adalah sebagai berikut:

  1. Triplek dipotong menjadi 3 bagian, yang nantinya akan dibagi menjadi bagian atap, bawah, dan bagian belakang. Potong masing – masing triplek tersebut sesuai ukuran 90 x 45 cm.
  2. Sebagai pendamping bagian sisi kanan, kiri, dan tengah, maka triplek juga dipotong menjadi 3 bagian yang ukuran potongannya harus sama, yakni sesuai ukuran 45 x 45 cm.
  3. Triplek – triplek yang telah dipotong tersebut kemudian pasang dan sambungkan dengan lem atau paku hingga akhirnya membentuk sebuah kotak yang berukuran 90 x 45 cm, setelah itu ikat bagian tengah kotak tersebut menjadi 2 bagian yang berukuran 45 x 45 cm.
  4. Selanjutnya pasangkan jeruji kayu ataupun rotan yang tersedia pada bagian depan kandang burung kenari dan erikan sedikit lubang sebagai pintu.
  5. Langkah terakhir yaitu lakukan plamir dan beri warna cat pada kandang yang telah selesai dibuat agar lebih indah, kemudian lakukan penjemuran hingga kering.

Baca Juga : 7 Tips Memilih Kenari Ombyokan yang Bisa Jadi Panduan Pecinta Kenari

Loading...
Cara Membuat Kandang Ternak Kenari | ilmuhewan | 4.5