Cara Membuat Kandang Landak Mini

By On Thursday, June 1st, 2017 Categories : Kandang

Cara Membuat Kandang Landak Mini – Ketika anda memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan landak mini, maka anda sangat membutuhkan kandang yang dijadikan mereka sebagai tempat tinggal.

Anda tidak perlu kebingungan untuk menentukan kandang untuk landak mini itu seperti apa, tidak harus si kandang tersebut seperti habitat asli si landak.

Memang benar, anda bisa saja membeli kandang untuk landak mini anda di toko hewan peliharaan atau di tempat kebutuhan hewan. Anda juga bisa menggunakan kandang mini untuk kucing atau hamster sebagai kandang landak mini anda.

Namun, anda juga bisa membuat kandang sendiri untuk landak mini anda jika memang anda berniat mengirit atau mengurangi pengeluaran bulanan anda. Berikut ini cara pembuatan kandang untuk landak mini anda :

Siapkan wadah untuk kandang

Anda tidak perlu bingung mau menggunakan wadah yang seperti apa untuk landak mini anda agar mereka nyaman tinggal di kadang buatan anda tersebut.

Anda bisa menggunakan akuarium acrilic  atau kaca, kotak kayu bahkan kontainer plastik yang memiliki ukuran sekitar 40 x 60 cm atau 50 x 50 cm, yang terpenting kandang tersebut tidak membatasi gerak para landak mini anda.

Sebaiknya anda juga menyesuaikan antara ukuran si landak dan ukuran si kandang. Untuk tinggi dari kandang, sebaiknya pilih yang memiliki tinggi sekitar 30 cm agar si landak tidak dapat memanjat dan lepas.

Pastikan kandang yang anda pilih memiliki sirkulasi udara yang baik dan pencahayaan yang baik pula dengan suhu normal sekitar 21 – 27 derajat celcius, jadi pilihlah juga tempat yang cukup baik untuk peletakan kandang.

Siapkan perlengkapan kandang

  • Serutan kayu

Siapkan serutan – serutan kayu yang digunakan sebagai alas kandang. Selain itu serutan kayu ini memiliki fungsi sebagai penghangat badan si landak mini, sebagai penyerap kotoran ketika sedang buang air kecil atau PEE dan buang air besar atau PUP. Serutan kayu ini juga memiliki fungsi sebagai media landak untuk mengunyah ketika annoiting .

pilihlah serutan kayu yang baik untuk landak mini anda agar mereka dapat nyaman tinggal di kandangnya, jadi anda harus lebih teliti.

Pastikan juga bahwa serutan kayu tersebut gerinda dari kontaminasi bahan – bahan kimia atau bahan yang lain yang dapat mempengaruhi si landak mini.

  • Tempat makan dan minum

Pilihlah tempat makan yang berat, yang mana landa mini anda tidak dapat membolak balikkan sehingga makanan dapat tumpah dan mengotori kandang.

Anda bisa memilih asbak kaca atau wadah yang terbuat dari kaca atau Sia juga yang terbuat dari keramik. And juga bisa menggunakan wadah plastik namun bagian bawahnya di semen.

Pilihlah tempat makan yang tidak terlalu tinggi maupun rendah agar si landa mini mudah menjangkaunya, biasanya tinggi yang digunakan sekitar 4 – 8 cm.

Pilihlah tempat minum yang sesuai dengan kebutuhan si landa mini, misal berukuran 80 ml, 100 ml hingga 250 ml. Anda bisa menggunakan tempat minum untuk hamster.

  • Hidding Box

Anda dapat menggunakan hidding Box yang terbuat dari tripleks atau pipa paralon berbentuk U bahkan kotak sepatu anda.

Menggunakan hidding Box ini landak mini dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya, apalagi hidding Box ini gelap, sehingga dapat mereka jadikan sebagai tempat tidur dan juga bisa digunakan sebagai tempat melahirkan dan menyusui para anaknya.

Guna menjaga kebersihan kandang landak mini, sebaiknya anda  membersihkan kandang dan hidding Box setiap 7 hari sekali atau saat kandang sudah mulai kotor.

Baca Juga : Cara Budidaya dan Ternak landak Mini

Cara Membuat Kandang Landak Mini | ilmuhewan | 4.5