Cara Membuat Jamu Untuk Burung Kicauan

By On Saturday, July 8th, 2017 Categories : Pakan Hewan

Cara Membuat Jamu Untuk Burung Kicauan – Indonesia memang kaya akan berbagai rempah – rempah yang melimpah.

Rerempahan ini juga selain bisa menjadi bumbu pelengkap masakan, ternyata juga berkhasiat menyehatkan badan. Banyak bumbu dapur yang tidak kamu ketahui bisa mengobati beberapa macam penyakit. Asal pembuatan yang sesuai dan takaran pas maka rerempahan ini bisa menjadi obat herbal serbaguna lho.

Rerempahan ini juga bisa dijadikan sebagai jamu dan dapat dikonsumsi sehari – hari. Contohnya saja jahe yang dapat menyembuhkan penyakit maag ketika dikombinasikan dengan beras.

Baca Juga : Jenis-Jenis Pakan Burung Cucok Ijo yang Baik

Jahe juga mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang bisa memberikan rasa sensasi hangat dan menjernihkan suara kicau burung (sumber burungnya).

Zingiber officinale atau populer disebut jahe merupakan tanaman rimpang yang sangat terkenal sebagai rempah – rempah dan bahan obat (sumber Wikipedia).

Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas – ruas tengah. Zingeron atau senyawa keton adalah rasa sensasi pedas yang biasanya ada pada jahe.

Manfaat Jahe

Bagi kamu yang sudah berpengalaman dalam merawat burung kicauan, pemberian jamu untuk peliharaan sudah merupakan rutinitas.

Jamu yang diberikan pun berasal dari air rebusan jahe yang mampu menghangatkan tubuh burung kicau. Kandungan zat gingerol yang terdapat pada jahe (antioksidan dan anti inlamasi) mampu menyembuhkan penyakit tenggorokan jika terdapat lendir pada burung peliharaan.

Bila di tenggorokan burung terdapat lendir maka akan mempersulit burung itu untuk berkicau. Jamu – jamuan dari jahe ini adalah salah satu solusi yang tepat agar burung kicau milik kamu kembali gacor dengan gahar.

Kandungan Vitamin

Memberikan jamu jahe secara rutin akan membuat burung kicau milikmu menjadi lebih fit dan rajin berkicau. Hal ini disebabkan kandungan vitamin yang terdapat pada jahe ada vitamin A, B komplex, C serta protein dan kalsium CA, fosfor, natrium, kalium, zat besi dan magnesium.

Jika burung kekurangan gizi, kemungkinan besar peliharaan kamu akan menjadi lesu dan malas berkicau. Jadi usahakan burung selalu diberikan vitamin yang seimbang agar selalu tampak sehat dan bugar.

Memberikan larutan jahe yang direbus akan sangat nikmat bila dinikmati pada musim penghujan. Tapi untuk membentuk kondisi burung yang fit dan gacor alangkah baiknya bila kamu berikan larutan jahe yang telah direbus sebanyak 1 minggu 2 kali meskipun tidak musim hujan. Berikan lah ramuan jamu ini sebelum burung tidur pada sore hari.

Cara Membuat Ramuan Jahe

Ada dua cara dalam membuat ramuan jahe tersebut. Diantaranya :

  • Direbus, merebus langsung jahe yang telah dikupas juga biasa dilakukan oleh para pecinta burung kicau. Jangan lupa campurkan madu murni sebanyak dua sendok teh. Lalu tambahkan perasan dua buah jeruk nipis dan aduk hingga rata. Setelah beberapa menit direbus maka angkat dan saring lah menggunakan saringan halus. Dinginkan dan berikan dua hingga tiga kali seminggu pada burung.
  • Dibakar, sebelum membakar jahe sebaiknya bersihkan dulu dan kupas kulitnya. Setelah jahe dibakar lalu geprek hingga mengeluarkan sarinya. Jangan lupa rebus dalam air mendidih beberapa menit. Tambahkan pula gula merah dan aduk rata. Setelah menunggu beberapa menit matikan lah api kompor dan angkat. Saring air rebusan menggunakan saringan halus. Dinginkan lalu berikan lah sebanyak dua hingga tiga kali seminggu pada burung.

Namun, tidak hanya jahe yang bisa dijadikan jamu untuk burung kicauan. Kencur dan masih banyak tanaman herbal yang bermanfaat agar burung peliharaan kamu bisa berkicau merdu dan gacor.

Baca Juga : Jenis Jenis Cacing Yang Bisa Digunakan Untuk Pakan Burung

Loading...
Loading...
Cara Membuat Jamu Untuk Burung Kicauan | ilmuhewan | 4.5